Follow Us @andhikalady

Sunday, April 9, 2017

Drama Artikel Blog Hilang (dan Mengapa Kamu Perlu Sering Backup)

Percayalah, muka saya sekarang tidak se-happy ini
Kemarin ini, saya barusan mengalami kejadian yang menyebalkan terkait dengan blog. Pada suatu pagi yang terlihat biasa saja, tahu-tahu saya dihubungi oleh seorang kawan bahwa isi postingan blog jenganten.com menghilang bagai tanpa jejak. Kira-kira bentuknya seperti ini:



Hal pertama yang saya pikirkan saat itu adalah: kok bisa terjadi? Kenapa begini? Apakah otoritas Google yang melakukannya? Ataukah akun saya kena hack? Dan sebagainya. Pokoknya campuran antara marah, kesal, bingung, dan bete. Ditambah lagi, ternyata bukan cuma blog Jenganten saja yang postingannya menghilang, tetapi juga semua blog lain yang terkoneksi dengan akun saya pun hilang. Ada blog pribadi Sayap-sayap Mimpi, blog komunitas dan blog personal yang mana saya ikutan jadi admin di sana, juga terkena imbasnya.

Namun alhamdulillah, saya masih bisa masuk ke dashboard blogger sehingga kendali blog dan domain tetap bisa saya pegang. Pertanyaan saya bertambah lagi, bagaimana bisa sebuah akun blog atau email bisa menghilang begitu saja postingannya? Semakin bingung 'kan?

Lalu saya memutar otak untuk mencoba mengembalikan postingan saya yang menghilang. Ada sebuah backup-an, tetapi tahunnya tertulis 2015. Artinya, postingan setelah 2015 tidak bisa kembali (ini pelajaran buat kamu yang blogger, untuk sering-sering backup. Kalau perlu setiap ada postingan baru). Semakin terpukul lah saya, saat tahu bahwa postingan 2016-2017 hilang. Padahal di sana da bermacam sponsored post, info review, dan macem-macem tulisan yang nilainya nggak bisa dikonversikan dengan uang.

Dalam kalut kebingungan, saya mencoba Googling "cara mengembalikan postingan blog yang hilang". Alhamdulillah, saya nemu caranya dengan memanfaatkan cache browser, tetapi syaratnya harus ingat judul postingannya dulu. Nah, makin bingung 'kan? Mana mungkin saya mengingat seluruh artikel yang saya tulis selama dua tahun belakangan? Disuruh nginget-inget tadi pagi sarapan aja udah lupa. -___-

Alhasil, saya bisa terbantu dengan folder-folder foto blog yang saya simpan di laptop. Setidaknya, dengan melihat foto-foto tersebut, saya bisa mengira-ngira judul postingan apa yang pernah ditulis. Dan alhamdulillah, dengan sedikit niat dan kesabaran (karena harus dicoba satu per satu), saya berhasil mengembalikan 51 tulisan yang menghilang dengan memanfaatkan cache (tutorialnya silakan cek di link di atas ini yah). Tapi sayangnya, kembalinya postingan pun nggak diikuti dengan kembalinya komentar, label, dan page-view setiap postingan. Saya kehilangan semua itu. Sedih ya? Iya, sedih banget.

Parahnya lagi, link untuk menuju postingan hasil restore berbeda dengan postingan lawas. Yang artinya, SEO Google belum serta merta meng-indeks secara otomatis. Belum lagi kalau dinilai Google sebagai spamming karena mem-posting puluhan artikel dalam sekejap (ya Allah semoga ini nggak terjadi yah).

Ini pelajaran buat saya sendiri, untuk sering-sering maintenance blog. Tidak hanya soal rutin posting saja, tetapi juga soal keamanan dan rutinitas backup. Ini penting lho, buat kamu yang blogger juga perlu melakukan ini.

Memang yang namanya blog itu bisa hilang sewaktu-waktu. Entah karena hack, server jebol, ataupun masalah-masalah lain yang tidak terdefinisi. Untuk itulah penting banget untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat tragedi. Tapi yang paling penting adalah branding sebagai blogger bukan hal yang bisa hilang begitu saja akibat hilangnya sebuah blog. Kalau circle kamu atau pembaca blogmu sudah terlanjur mengenalmu sebagai blogger, perkara membangun blog baru harusnya bukan masalah bukan?

Demikian curhatan Lady kali ini. Semoga kejadian ini nggak menimpa kamu yah. Dan teruslah berhati-hati. Rutin ganti password dan backup adalah koentji.

Backup, backup, backup!

@andhikalady


5 comments:

  1. yaampun ini kok sedih :((( aneh bs hilang2 sndiri tanpe alesan gt
    thx remindernya yaa kak.. ini buru2 back up dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget Jeng. Huaaa......
      Km yang jaga blognya ya. Apalagi udah lama juga kan ngeblognya.

      Delete
  2. Mau nangis bacanya, sambil bayangin kalau hal ini kejadian di aku.. moga kejadiannya gak berulang lagi ya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Sis, rasanya itu campur aduk deh. Mana PV daily juga turun. Iya, semoga gak berulang yah

      Delete