Saturday, April 8, 2017

[Partnership & Beauty Talk] Mengapa Memakai Sunblock itu Perlu


Di blog ini, rasanya saya sudah kerap banget ngomongin pentingnya memakai perlindungan dari sinar matahari aka sinar UV. Why? Dalam kadar tertentu, sinar matahari memiliki keuntungan. Salah satunya adalah vitamin D dan memberi vitalitas untuk kehidupan. Namun efek negatif yang ditimbulkan juga agak kurang menyenangkan. Sinar matahari jika dibiarkan terus-menerus memapar kulit dapat menimbulkan efek samping. Memang, pada dasarnya kulit kita itu mempunyai mekanisme sendiri untuk melindungi dirinya sendiri dari efek sinar. Namun paparan sinar UV yang terjadi terus menerus lama kelamaan dapat menimbulkan pola seragam yang dilakukan kulit yang mana pada akhirnya menimbulkan fotoaging dan pigmentasi. Namanya kulit disuruh 'kerja' sebagai pelindung tubuh dan dilakukan setiap saat, tentunya ada batasannya juga kan?

Nah, foto di bawah ini merupakan contoh efek fotoaging:

Efek aging akibat sinar matahari. Sumber
Menurut sumber foto tersebut, diceritakan bahwa profesi orang tersebut adalah supir truk yang setiap harinya duduk di kursi setir (kalau di luar negeri tempat supir ada di sebelah kiri). Kulit bagian kiri terpapar sinar matahari lebih banyak daripada kulit bagian kanan. Akibatnya setelah bertahun-tahun, dapat kita lihat bahwa kulit yang terpapar sinar matahari terus menerus mengalami pengenduran, menurunnya tingkat elastisitas, dan kerutan. Bisa dibayangkan ya, ngerinya? 

Bisa jadi lho, garis-garis halus dan pigmentasi yang kita alami itu bukan karena gen penuaan yang kita punyai (itu sih memang terjadi secara alami). Melainkan karena paparan sianr matahari yang terus menerus menimpa kulit kita tanpa perlindungan.

Dilansir dari CNN Health, bahwa sunscreen atau sunblock terbukti mampu mengurangi efek penuaan yang diakibatkan sinar matahari. Dan kalau kamu hobi nyari jurnal-jurnal kesehatan, sudah banyak banget penelitian yang mengangkat masalah sunblock yang dikaitkan dengan perlindungan kulit dari efek sinar matahari yang mengakibatkan penuaan.

Maka dari itu saya selalu demen banget sama produk-produk yang memiliki kandungan SPFnya. Kalau disuruh milih dua produk, produk satu punya khasiat antiaging, mengecilkan pori, membuat kuliat putih kayak bintang korea, sampai melancarkan jodoh sekalipun; kemudian dibandingkan dengan produk yang cuma menuliskan khasiat melembapkan plus SPF 30, saya bisa langsung pick produk yang punya kandungan SPFnya. Jodoh sudah ada yang ngatur kok, tapi perlindungan dan perawatan diri bisa kita usahakan. #plakk


Ngomong-ngomong soal sunblock, kemarin saya mendapatkan beauty freebies dari sociolla.com. Itu lho, online shop dan kumpulan beauty article yang lagi nge-hits di jaman sekarang. Saya dikirimi sebuah box bertuliskan "Pretty things inside". Tadinya saya mengira si box itu sedang hamil anak perempuan yang cantik rupawan, tapi ternyata isinya adalah dua buah produk dari Vitacreme. Jadi si Vitacreme adalah produk skincare asal Swiss yang khusus dibuat untuk merawat kulit, termasuk melindungi dari sinar UV Yuk simak short review dari Jenganten berikut ini:

Vitacreme Day Cream Creme De Jour. With SPF 30+++




Vitacreme Day Cream adalah krim harian yang dibuat untuk perlindungan mutifungsi. Dia bersifat sebagai pelembap, anti aging, antioksidan, waterproof dan tentunya perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Karena sifatnya yang waterproof, dia bisa juga dipakai ketika di air misalnya sedang renang atau ke pantai tanpa takut sunblock kamu akan luntur.

First impression yang saya rasakan adalah krim ini terasa ringan dan mudah meresap di kulit. Perlindungannya bisa langsung kerasa saat itu juga. Yang bikin saya makin suka adalah ketika dibawa ke luar ruangan, dia tidak membuat kulit saya semakin berminyak. Saya sering banget menemui sunblock yang menimbulkan efek berminyak ketika dipakai setelah beberapa lama.

Vitacreme B12 Vita Blanc




Vita Blanc adalah varian Vitacreme yang berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Teksturnya sedikit lebih encer daripada Vitacreme Day Cream. Karena tanpa kandungan SPF, saya gunakan krim ini untuk pemakaian malam hari. Tapi ternyata krim ini bisa dipakai sebagai alas sebelum bedak, untuk makeup yang tipis-tipis.

Pernah waktu itu kawan saya berkomentar "Wajahmu kok cerahan?". Itu penyebanya adalah saya barusan memakai Vita Blanc sebagai alas sebelum pemakaian bedak. First impression terhadap Vita Blanc adalah krim ini tidak lengket, sangat cepat meresap, dan memberi efek mencerahkan meskipun baru pertama kali dipakai.

Gambar di atas adalah swatch tekstur produk dari kedua varian Vitacreme.

Nah, solutif kan soal sunblock dan perlindungan untuk kulit? Berapa usiamu? 20an? 30an? Daripada menyesal nanti-nanti, kamu bisa membiasakan untuk memakai sunblock mulai sekarang. Bukan bermaksud menentang hal alami yang terjadi di tubuh manusia. Namun jika efeknya bisa kita kurangi, kenapa nggak? Ilmuwan-ilmuwan yang meneliti tentang SPF itu baik-baik kok. Mereka ingin ilmu mereka berguna untuk kemanusiaan. Ya pakailah...

Kamu bisa mendapatkan Vitacreme di sociolla.com. Dapatkan diskon 50k setiap pembelian minimal 200k dengan menyebutkan kode kupon:

"LADY50"

Selamat melindungi kulit!

1 comment:


  1. Artikel yang bagus gan, artikel yang menarik juga...
    Harga Sunblock | pure skin oriflame | Lipstik Matte
    Terima Kasih atas artikelnya.....

    ReplyDelete

Ads