Saturday, April 8, 2017

[Review] Real Technique Starter Set Brush


Untuk membuat hasil akhir eyeshadow yang bagus, kita perlu kuas yang berkualitas. Soalnya berdasarkan pengalaman, penggunaan kuas itu pengaruh pake bangetz. Saya sering nyobain kuas bawaan eyeshadow, ternyata hasilnya kebanyakan zonk, alias cuman bisa membantu nyolek warna eyeshadow lalu dioles ke kelopak mata. Itu saja. Tapi untuk blending? No no no. Padahal yang namanya blending itu esensial banget di dunia per-eyeshadow-an. Apalagi kalau kamu pengen bikin smokey eyes ala ala.

Tanpa saya harus melebih-lebihkan, punya eyeshadow tapi nggak punya kuas itu sama saja hanya akan menyia-nyiakan kamu punya eyeshadow.

Ada bermacam merk kuas rias mata di luar sana. Dari yang murah made in cina, sampai yang mahal senilai dengan eyeshadow high end. Kalau buat saya, pertimbangan memilih kuas eyeshadow adalah:

1. Bulunya lembut dan mudah 'mengangkat' serbuk eyeshadow.
2. Tidak kasar atau nyelekit ketika kena kulit. Duh, Hayati nggak kuat disakitin kuas, sudah cukup tersakiti! -___-.
3. Mudah untuk memblending.
4. Kuasnya dibuat dari serat sintetis, bukan terbuat dari bulu hewan. Karena dikhawatirkan kalau terbuat dari bulu hewan, yang dipakai adalah hewan tak halal.

Salah satu kuas favorit saya adalah Real Technique. Ada macam-macam jenis kuas RT, ada yang untuk foundation, untuk bedak, blush on, stippling de el el. Kali ini saya akan review yang versi Starter Set.

Tentang Real Technique Starter Set


Real Technique Starter Set adalah set kuas mata yang terdiri dari:
- Base shadow brush
- Brow brush
- Fine liner brush
- Accent brush
- Deluxe crease brush

Apa fungsi masing-masing varian? Yuk cek..

  • Base shadow brush


Base shadow brush digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow. Ukurannya nanggung, nggak besar banget, dan nggak kecil banget. Cocok dipakai setiap saat dan merupakan brush mata yang paling sering saya pakai. Ujungnya lancip, yang mana membuat pengguna lebih mudah menjangkau dan meratakan eyeshadow ke bagian yang diinginkan. Brush ini juga saya pakai sebagai blending brush.


Kuasnya lembut dan tidak menyakiti kulit, tentunya. Bulu-bulunya rapat dan tidak gampang rusak meskipun telah saya cuci berkali-kali.

  • Brow Brush


Sesuai namanya, Brow brush ini digunakan untuk menggambar alis. Tapi nggak cuman alis saja kok. Bisa juga untuk dipakai di bawah mata, atau untuk membuat cut crease. Bentuknya berupa kuas tipis yang memiliki kemiringan di ujungnya agar mudah dipakai untuk menggambar garis. Tapi menurutku ujungnya kok masih terlalu lebar ya, kalau untuk membuat gambar alis? Apalagi kalau pengen bikin garis yang runcing.


Bentuk bulunya agak lebih padat dan keras ketimbang Base shadow brush. Ya cocok sih, karena kan kuas ini untuk menggambar alis, bukan untuk mengoles eyeshadow. Sekarang coba bayangkan kalau kuas buat alis, tapi letoy? Adanya alismu jadi berantakan.. :D

Ohya, karena brow brush ini buat saya masih kurang runcing dan lancip, saya jarang memakai ini untuk menggambar alis. Kalau untuk alis, andalan saya masih tetap pensil deh. Nggak tau kenapa. :D. Brush ini lebih sering saya pakai untuk membuat cut crease atau memberi warna di bagian bawah mata.

  • Accent Brush


Nah ini kuas eyeshadow tetapi memiliki karakter kecill dan detail. Cocok untuk mengaplikasikan eyeshadow yang membutuhkan ketelitian tinggi. Saya suka pakai ini untuk memberi warna di sudut mata.


Kuas Accent brush bersifat kecil-kecil dan padat. Ujungnya runcing membulat. Selain dipakai untuk eyeshadow, bisa juga dipakai untuk mengaplikasikan lipstik.

  • Fine Liner Brush
Fine liner brush digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner. Baik itu eyeliner cair ataupun gel (tapi nggak eyeliner pensil ya pliss). Actually, saya belum pernah memakai ini karena kalau mau pakai eyeliner tinggal pakai aplikator bawaan eyeliner. Why? Karena kuas eyeliner itu sekali pakai langsung cuci, kalo enggak, siap-siap aja eyeliner itu mengering di ujung kuas dan menyebabkan kualitas kuas menurun karena kering.




  • Deluxe Crease Brush

Brush yang terakhir ini merupakan yang paling geday di antara lima sekawan. Gunanya adalah untuk mengaplikasikan eyeshadow pada bagian crease mata. Karena besar itu, maka jangkauan eyeshadow juga makin lebar dan besar. Ini cucok banget kalau kamu pengen bikin smokey eyes.



Karakter bulu pada Deluxe crease brush mirip banget dengan Base shadow brush. Hanya saja lebih membulat di ujung dan jumlah bulunya lebih banyak.

Kesan menggunakan Real Technique Starter Set Brush:

1. Simpel, hanya terdiri dari lima brush basic yang sering dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow.
2. Traveling friendly. Kemasannya compact dan ringkas.
3. Bisa digunakan oleh beginner hingga professional MUA. Saya kerap memakainya untuk merias. :D
4. Bulu penyusunnya berkualitas dan mudah untuk dipakai.
5. Ada saluranYoutube khusus dari pemilik Real Technique tentang cara penggunaan kuas. Jadi, kamu nggak bakal bingung gimana cara pakainya.
6. Awet. Saya sudah berpuluh kali mencuci kuas ini, dan bentuknya masih sama seperti baru. Bahkan tulisan di batang brush masih tertulis dengan jelas lho.

Anyway, mempunyai kuas yang bagus itu adalah investasi. Kuas tidak seperti bedak, lipstik, eyeshadow dll yang punya tanggal kadaluarsa dan sewaktu-waktu bisa habis. Asal kita bisa merawat kuas dengan benar, niscaya makin hore deh, kegiatan makeup kamu. :)



0 comments:

Post a Comment

Ads