Thursday, June 15, 2017

[Tutorial] Resep Mixing Foundation Racikan Para MUA. Inilah Rahasianya

Ketahuilah, bahwa tidak ada satupun foundation yang sempurna. Kalaupun ada, itu jarang banget dan harganya pun selangit. Sejauh saya me-review foundation, belum ada satupun yang memenuhi harapan saya untuk sebuah alas makeup ideal: cover, awet, tidak cakey, tidak oxy, mudah diblend, menempel sempurna di kulit, serta memberikan hasil natural.

Bagaimana cara meraciknya?
Belum lagi saat harus mengaplikasikan foundation untuk tipe wajah yang berbeda-beda saat merias orang lain. Kulit klien tentu tidak bisa disamakan dengan kulit kita. Pun juga soal kebutuhan kulit yang berbeda-beda. 

Solusi untuk kebutuhan ini adalah membuat mixing foundation versi sendiri. Para MUA biasanya punya ramuan sendiri-sendiri untuk menciptakan formula foundation yang paling disukai untuk merias klien. Nggak hanya itu, buat yang bukan MUA saja kadang masih perlu mencampur foundation yang dirasa paling cocok untuk kulit wajah.

Bagaimana caranya meracik foundation? Kali ini saya ingin bagi buat kalian semua. Semoga berguna yah.

1. Formula dasar: liquid foundation + cream foundation

liquid + cream

Ini adalah formula dasar mixing foundation yang paliiiing sederhana. Yakni menggabungkan foundation berbentuk liquid dan cream bersamaan. Biasanya foundie cait punya karakter yang sheer dan kurang cover. Sementara foundie cream sifatnya kadang terlalu susah diblend. Oleh karena itu, kombinasi foundie liquid + cream adalah solusi terbaik.

Saya pernah coba untuk foundie Ultima liquid dan Ultima cream. Hasilnya lebih baik daripada memakainya sendiri-sendiri.

Baca juga:

[Review] Ultima II Wonderwear Liquid Foundation

[Review] Ultima II Wonderwear Pressed Powder

2. Untuk hasil lebih matte: liquid + cream foundi + bedak tabur translucent

+ bedak tabur

Merasa racikan foundation kamu kurang nampol dan kurang matte? Tambahkan bedak tabur translucent (untuk menghindari perubahan warna) agar tekstur foundation kamu semakin padat dan mudah menempel ke kulit. Racikan ini juga pas banget dipakaikan pada kulit perawatan, yang mana kondisi kulitnya cenderung licin, agak kemerahan, dan susah ditempeli foundation.

Di sini saya memakai Coty Airspun loose powder. Review menyusul yah.

3. Untuk hasil glowing dan foto-ready: liquid + cream foundation + shimmer gold


+ shimmer

Ingin kulitmu lebih terlihat glow dan seolah memancarkan cahaya? Gunakan tambahan shimmer atau glitter warna gold untuk kesan hangat. Kombinasi ini akan menghasilkan foundation yang glowy dan jika difoto jadi cantiiik banget. Cocok untuk makeup fotografi. Cobain deh. Semakin banyak jumlah glitter yang kamu pakai, semakin blink-blink juga kulit kamu.

Di sini saya memakai City Color Sparkle & Shine Loose Glitter.

4. Foundation kurang 'hangat'? Tambahkan warna pink dari concealer. Racikan ini juga bisa dipakai untuk merias kulit yang kusam dan ingin terlihat lebih cerah

untuk yang kurang hangat
Tahukah kamu, sebagai MUA, sebetulnya nggak perlu punya segala macam warna dan merek foundation (kalau bisa punya, lebih baik). Triknya adalah dengan mencampur beberapa warna foundation untuk mendapatkan racikan yang pas. Jika kebetulan kulit klien itu sedikit kusam, bisa ditambahkan pigmen warna ungu atau pink dari concealer corrector. Atau saking kepaksanya, kamu bisa pula memakai eyeshadow matte dengan warna sama.

Begitu pula jika foundie kamu terlalu terang atau gelap. Tinggal campur saja dengan pigmen terang atau gelap. Selesai. :D

5. Foundation kurang 'dingin'? Tambahkan cream warna tosca dari concealer. Racikan ini juga bisa dipakai untuk merias kulit kemerahan/iritasi

untuk kulit kemerahan
Trik berikutnya adalah untuk kulit yang cenderung kemerahan. Kulit kemerahan bisa disebabkan karena iritasi atau terlalu sensitif akibat paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, kamu bisa campurkan foundation kamu dengan pigmen kehijauan, misalnya di corrector concealer, atau menggunakan eyeshadow matte warna kehijauan. Ingat ya, harus yang matte. Sebab, kalau menggunakan yang ber-shimmer, nanti akan mengubah tekstur dari foundation itu sendiri.

Baca juga:

Nah, untuk membuat ramuan mixing foundation, tentunya kamu butuh alat yang namanya palet dan spatula khusus makeup. Dengannya, kamu bisa campur-campur foundation suka-suka untuk menemukan racikan favoritmu. Kamu bisa mendapatkan palet mixing ini di @paletapia  . Selain menyediakan aneka palet dan spatula foundation@paletapia juga bisa membuat palet custom dengan bentuk sesukamu.

Set palet dan spatula dengan gravir nama
Bonusnya, kamu juga bisa pesan cetak namamu sendiri di palet itu. Waa, kalau begini sih rasanya jadi makin rajin mencari racikan foundation terbaik ya? Secara ada sentuhan pribadinya di situ.

Ingin jadi MUA handal, harus punya tools yang handal dan berkualitas juga dong. Yuk cus ke @paletapia!

Paletapia mixing foundation

@andhikalady

0 comments:

Post a Comment

Ads