Saturday, April 8, 2017

[Traveling] 3 Alasan Mengapa Raja Ampat Harus Jadi Destinasi Impian


Informasi  tentang Raja Ampat, kini menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh wisatawan. 10 tahun belakangan ini, wisata di Raja Ampat sedang naik daun dan banyak dimintai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ketika kamu ketik wisata Raja Ampat di mesin pencari tak usah heran banyak yang takjub dengan potensi wisata di Indonesia bagian timur ini.

Meskipun budget yang dikeluarkan untuk sampai ke Raja Ampat tidaklah sedikit, nyatanya tetap saja banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk bisa berkunjung ke Raja Ampat. Lokasi yang jauh dari pusat kota Papua juga tak menjadi alasan untuk bisa sampai ke Raja Ampat.

Lalu, mengapa Raja Ampat begitu diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara? Berikut beberapa alasannya:

Biota bawah laut yang kaya

Salah satu alasan yang menjadikan Raja Ampat begitu diminati oleh wisatawan adalah karena biota bawah laut yang  kaya.  Di Raja Ampat kurang lebih terdapat 1.320 species ikan, 57 species udang mantis,  27 species ikan langka yang hanya terdapat di Raja Ampat, 13 species mamalia laut, dan 5  species penyu laut yang langka. Jika ditotal, jumlah biota bawah laut yang ada di Raja Ampat adalah 75 % dari seluruh biota bawah laut yang ada di dunia, amazing!

Terbayang kan, jika snorkeling atau diving di Raja Ampat, indah banget! Enggak berlebihan rasanya kalau Raja Ampat disebut sebagai pemilik biota bawah laut terkaya dan terindah.  Buruan deh cari tiket Garuda murah untuk berkunjung ke Raja Ampat! Minimal satu kali seumur hidup kamu wajib berkunjung ke sana!

Sumber : rizkirahmatia.wordpress.com

Kebudayaan Lokal yang Memikat


Selain biota bawah laut yang memesona, alasan lain mengapa kamu harus berkunjung ke Raja Ampat adalah karena kebudayaan lokalnya yang memikat. Hal ini bisa dilihat dari arti dari penamaan Raja Ampat itu sendiri yang berarti emapat Raja. Empat raja tersebut kini dijadikan nama dari empat pulau utama yang ada di Raja Ampat antara lain Waigeo, Salawati, Misool dan Batanta. Kebudayaan lokal di empat pulai ini masih terjaga dengan baik sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pulai Waigeo misalnya. Di pulai ini kamu dapat melihat sebuah pertunjukan suling bambu tradisional yang dikenal dikalangan masyarakat sana dengan nama suling tambur. Akan tetapi, jika ingin menyaksikan pertunjukkan ini kamu harus datang pada waktu yang tepat seperti upacara keagamaan, 17 Agustus-an, penyambutan pejabat, dan lain-lain.

Sementara itu di Pulau Misool, kamu dapat menemukan kerajinan batu kuno. Pulai ini terkenal sebagai pulau penghasil batu kuno. Itulah beberapa kebudayaan lokal yang masih terjaga dan memikat wisatawan yang datang. Masih banyak kebudayaan lokal lainnya yang juga tak kalah memikat.

Sumber : Warnawisata.asia

Banyak pulau yang masih ‘perawan’ dan belum ter-expose

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus berkunjung ke Raja Ampat adalah karena disana terdapat banyak pulau yang masih ‘perawan’ dan belum banyak ter-expose. Keindahan pulau yang masih ‘perawan’ ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari 610 pulau yang ada di Raja Ampat, mayoritas tidak berpenghuni sehingga kelestarian alamnya cukup terjaga.  Masih enggak bergeming untuk pergi ke Raja Ampat?

Sumber : anekatempatwisata.com

Nelayan dan guide lokal yang ramah

Jika kamu masih belum bergeming untuk pergi ke Raja Ampat,  alasan keempat ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu.  Di Raja Ampat nelayan dan guide lokalnya begitu ramah. Saat bertemu dengan wisatawan atau tamu, sebagai bentuk antusiasme mereka biasanya menawarkan sebuah permen. Selain itu, nelayan dan guide lokalnya juga ramah untuk diajak bercakap-cakap. Hal ini tentu akan sangat menarik karena kamu bisa bertanya tentang Raja Ampat langsung dari penduduk setempat.


Itulah 4 alasan mengapa kamu harus berkunjung ke Raja Ampat, minimal satu kali seumur hidup. Alasan kelima mengapa kamu harus berkunjung keRaja Ampat adalah karena traveling ke tempat-tempat indah seperti Raja Ampat itu akan mendapat pengalaman yang tak ternilai harganya dengan materi. So, segera rencanakan, kapan kamu ke Raja Ampat?

0 comments:

Post a Comment

Ads