Saturday, April 8, 2017

[FOTD] [Film] Game of Thrones, Lyanna Stark

Tidak ada yang lebih menyedihkan dalam menjalani tahun ini selain mengetahui bahwa Jon Snow telah ditusuk dadanya dan (sepertinya) mati di akhir musim lima. Sungguh, Jeng. Sediiiihh banget! Jon Snow adalah tokoh yang paling difavoritkan di musim lima. Kita para pecinta Game of Thrones harus menunggu setahun lagi untuk benar-benar memastikan bahwa Jon Snow itu nggak mati ditusuk. Mbok yao daripada ditusuk dadanya, mending dadanya itu buat sandaran saya gitu loh. 

Kamu yang nggak ngikutin serial Game of Thrones, tentu nggak bakal mengerti kesedihan ini. Baiklah, saya akan ceritakan sedikit soal serial Game of Thrones. Kisah ini adalah tentang perebutan takhta dari banyak keluarga/houses di kerajaan Westeros. Setiap house merasa punya hak masing-masing untuk menduduki The Iron Throne. Mereka berebut takhta dengan caranya masing-masing. Ada yang pakai cara licik, ada yang pakai sihir, pakai uang, pakai naga, pakai tipu-tipu, bahkan perang. Tidak ada norma yang jelas di dunia Westeros, sehingga kita sebagai penonton pun akan kesusahan memutuskan bahwa tokoh A itu baik, tokoh B itu jahat, tokoh C baik, dst. Baik atau jahat, sebaiknya tak usah kamu pikirkan ketika menikmati serial ini. Karena bisa jadi di musim pertama, tokoh J jahat banget sampai mendorong anak kecil sampai cacat. Tau-tau di musim empat si tokoh J malah jadi sosok penyelamat dan jadi baik. 

Kalau ditanya tokoh utamanya siapa sih, di serial ini. Saya nggak bisa menjawab karena setiap tokoh punya porsi penting yang sama dan merata. Tinggal tergantung kamu mau memfavoritkan yang mana. Tapi hati-hati, seringkali tokoh yang sudah kita favoritkan tau-tau mati. Seperti nasib Jon Snow. Hiks.

Dari sekian banyak tokoh, salah satu yang saya favoritkan adalah Lyanna Stark. Dia justru nggak pernah muncul di serial TV. Namanya hanya beberapa kali diselipkan dalam percakapan tokoh-tokoh Game of Thrones. Tapi jangan salah, The Wolf Girl ini merupakan tokoh wanita penyebab utama peperangan yang mengakhiri tirani dinasti Targaryen. Namanya perang, pasti kalau nggak merebutkan harta, tahta, ya wanita. Jika harta yang diperebutkan adalah harta seluruh kekayaan Westeros, tahta adalah The Iron Throne, maka wanitanya adalah Lyanna Stark.

Sumber
Lyanna dikisahkan memiliki pribadi yang keras kepala, ambisius, pemberani, dan pembela kaum lemah. Di sisi lain, dia dikenang sebagai wanita yang cantik sekali dan menyukai bunga winter rose. Sejak kecil, Lyanna dijodohkan dengan Robert Baratheon yang kelak menjadi raja. Namun Lyanna sudah menunjukkan tanda ketidaksukaannya pada Robert. Katanya meskipun Robert jatuh cinta setengah mati kepada Lyanna, itu tak akan membuat Robert menjadi setia. 

Pada suatu hari saat turnamen Westeros diadakan, Lyanna bertemu dengan Rhaegar, si putra mahkota dari klan Targaryen. Lalu Rhaegar secara spontan menyukai Lyanna dan memberikan gelar The Queen of Beauty. Hal ini menyebabkan kecemburuan dari Robert Baratheon. Lalu meletuslah perang. Yang menang Robert Baratheon. Lalu Robert Baratheon menjadi raja. Tetapi Lyanna meninggal karena diculik Rhaegar. Rhaegar mati dalam laga melawan Robert. Seluruh klan Targaryen mati atas perintah Robert. Targaryen yang tersisa adalah Viserys dan Daenerys yang diselamatkan duluan ke seberang pulau. Ke depannya, Daenerys membangun pasukan untuk merebut tahta Iron Throne. Robert menikahi Cersei Lannister. Tetapi Cersei malah berselingkuh dan punya anak ilegal dari hubungan insec. Lannister juga secara licik ingin menduduki Iron Throne. Stark yang dalam sejarah punya reputasi baik sebagai penjaga negeri Utara, harus ikut-ikutan dalam perpolitikan perebutan tahta. Pucing pala belbi kalau nerusin ini cemua. Chaphekk. Tonton cendili ajah yah.

Rasanya kurang jika harus menulis tentang Game of Thrones dalam satu postingan. Lebih pas kalau direview bukunya di Besok Siang kali ya? Jeng Arum, kapan draftnya dipublish? #eh

Ini saya pura-puranya FOTD jadi Lyanna Stark dengan signature-nya. Winter rose crown.


Bagi yang tanya tokoh siapa yang saya tiru di sini, saya sekalian mengenalkan Lyanna Stark pada kalian semua. Wanita tanpa rupa, fiksional, bahkan wajahnya tak pernah dimunculkan di serial TV. Namun efek yang ditimbulkan oleh seorang wanita bernama Lyanna Stark mampu menguncang perpolitikan dunia Westeros selama beberapa dekade ke depan. Siapa tokoh Game of Thrones favoritmu?

Sumber:



1 comment:

  1. belom nntn season 6 ya kak? disitu lyanna muncul rupanya walau sebentar doang dan cantik bngt

    ReplyDelete

Ads