Saturday, April 8, 2017

[Review] Make Over Silky Smooth Translucent Powder

Make Over.
Brand yang bersaudara dengan Wardah ini, punya banyak produk-produk yang saya suka. Baik produk yang saya pakai sendiri, maupun yang saya pakai untuk merias. Salah satunya adalah bedak tabur translucent ini. Bedak ini telah menjadi andalan saya untuk setup powder untuk setiap pemakaian foundation di wajah-wajah orang yang saya rias. Translucent menjadi pilihan saya ketika pengen nyari varian warna bedak yang cocok dengan semua warna kulit. Satu warna bisa masuk ke kulit tone pink maupun kuning. Serunya, bedak tipe translucent bisa nyambung dengan semua warna foundation.


Sebelumnya, mari kita menutaskan rasa penasaran tentang pengertian translucent dan kenapa bedak translucent bisa masuk ke semua warna kulit. Pertama-tama, saya nyari padanan istilah translucent dalam bahasa Indonesia, artinya adalah tembus pandang. Tetapi menurut Wikipedia, translucent itu berbeda dengan transparan. Suatu benda dikatakan transparan jika mengijinkan hampir seluruh cahaya melewatinya. Sedangkan translucent itu semi-semi. Cahaya boleh lewat, tetapi nggak semuanya. Sampai di sini saya lebih setuju jika translucent diartikan sebagai benda buram.

Tetapi agak aneh juga, kalau bedak kok disebut bedak buram. Apakah kamu mau beli, kalau di label bedak dituliskan "Bedak buram, memutihkan kulit dalam waktu lima menit saja, cling!"? Adanya paling kita jadi suuzon kalau-kalau bedaknya bikin buram hidup kita juga. :p

Bedak translucent adalah bedak yang dibuat dengan formula sedemikian rupa sehingga ketika dipakai, warnanya akan menyesuaikan warna kulit. Dia tidak mengubah warna asli kulit karena memakai prinsip ke-translucent-an, alias mengijinkan cahaya tetap bisa melewati lapisan bedak.


Deskripsi Produk:
Nama Produk: Make Over Loose Powder Translucent
35gr
Ada saput bedak di dalamnya.
Halal certified.

Kemasan:

Kemasannya dibuat sesuai standar dan signature Make Over. Berwarna hitam, dengan tulisan Make Over yang besar. Plastik yang mewadahinya cukup tebal sehingga bedak ini takkan hancur meskipun jatuh. Tapi jangan dijatuh-jatuhin juga dong ya?


Spons bedak:

Dengan menyesal saya harus bilang bahwa spons bedak ini sudah saya buang sebelum sempat foto-foto dengannya. Spons bedak ini sudah saya ganti karena, spons bawaan sangat tidak direkomendasikan. Bentuknya tipis sekali dan mudah hancur. Saya hanya bertahan satu minggu saja dengan spons bawaan. Setelah itu, saya ganti dengan yang lain, atau memakai kuas saat memakai. Sesungguhnya saya selalu pakai kuas, tetapi sponsnya tetap saya biarkan untuk menutupi lubang-lubang bedak agar tidak berceceran.


Tekstur:

Bedak ini lembut dan mudah menempel di kulit. Seperti namanya, Silky Smooth, bedak ini memang betulan lembut sekali. Butirannya dua kali lebih halus daripada bedak bayi. Akan tetapi, meskipun bawaannya lembut dan mudah menempel, hasil akhir pakai bedak lebih bergantung pada alat yang kamu pakai atau tekniknya. Yang jelas sih, dengan spons bawaan agak kurang oke ya. Pertimbangkan untuk memakai kuas kabuki yang juga lembut.
Bedak ini juga samar-samar memiliki butiran shimmer dengan konsentrasi yang kecil sekali.



Hasil Akhir:

Bedak ini punya judul translucent dan bertekstur lembut. Yang harus kita perhatikan adalah, bedak translucent rata-rata kurang bisa diandalkan dalam hal coverage. Demikian juga dengan bedak Make Over ini. Kalau kamu mendamba coverage, caranya ada 2 jenis:

1. Pakai foundation/BB Cream yang punya coverage baik, kemudian lakukan set powder dengan bedak translucent.
2. Pakai Two Way Cake.


Kesimpulan:

Bedak ini hasilnya ringan di kulit, minim coverage dan tidak mempengaruhi warna asli kulit. Fungsi utama bedak ini adalah untuk setup powder, bukan sebagai satu-satunya produk yang dipakai di wajah, apalagi bedak ini memang nggak punya bahan SPF. Kamu akan menyukai bedak ini jika pengen hasil akhir yang lembut, tidak mengubah warna asli kulit, dan telaten. Telaten dalam hal ini adalah mau menggunakan tools yang tepat.



0 comments:

Post a Comment

Ads