Land of Jenganten

Follow Us @jenganten

Friday, February 21, 2020

Menulis Rencana Persalinan

February 21, 2020 0 Comments
Halo Netizen yang budiman,

Sejak hamil Linam pada awal tahun 2019 hingga sekarang dia berumur 4,5 bulan, saya dan keluarga banyak terbantu dengan rencana-rencana jangka pendek yang kami tulis. Setiap tahapan kehamilan saya membiasakan untuk mencatat apa saja yang diperlukan untuk dilakukan, termasuk saat merencanakan kehamilan.  Begitu pun saat persalinan, saya terbantu banget-nget-nget dengan menulis rencana persalinan. Meskipun ada beberapa yang tidak terlaksana, karena manusia bisa berencana, Tuhan lah yang menentukan.

Nb: ingin lebih cepat? Silakan langsung scroll ke bawah ada link download draft dokumen rencana persalinan.

Apa itu rencana persalinan?


First thing first, semenjak tahu hamil, saya banyak mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan. Termasuk salah satunya belajar dari Instagram dan website Bidan Kita. Di sana kita dibeberkan fakta-fakta dan pengetahuan tentang persalinan di mana kita sebagai Ibu harus memperkaya diri dengan banyak membaca dan latihan. Persalinan adalah hal yang tidak terulang lagi, unik, sakit, dan indah secara bersamaan. Knowledge is power. Pengetahuanmu akan banyak menolong saat persalinan.

Daan, rencana persalinan adalah hal-hal/planning yang kamu inginkan terjadi saat persalinan. Mulai dari list apa saja yang dibawa di koper, hingga bagaimana penanganan medis yang kamu harapkan. Daftar tersebut kita tulis dalam dokumen word/pdf yang nantinya dibaca bersama antara kamu, pasangan, dokter/perawat, keluarga, dan pihak-pihak terkait. Lebih lengkap lagi, di dalam dokumen rencana persalinan itu terdapat fotocopy surat-surat seperti KTP, KK, dan juga kartu asuransi. Percayalah, ini sangat membantu!

Kapan mulai menulis rencana persalinan?

Tulislah di saat hamil, bukan saat sudah kontraksi seperti ini:

Bukaan 3


... karena di saat ini kamu akan lebih fokus ke rasa sakit dan sensasi melahirkan yang datang bergelombang. Mana sempat mikirin hal lain, makan saja ogah. Melahirkan adalah proses yang menantang, mengerikan, dan indah di saat yang bersamaan. Untuk itulah pritilan lain seperti belanja baju bayi, menulis rencana persalinan, menyiapkan koper dan lain-lain dapat dilakukan jauh hari sebelumnya.

Saya sendiri menulis rencana persalinan saat memasuki trimester 3. Menurut saya itu adalah waktu yang tepat karena di TM ini kita sudah membekali banyak informasi tentang dokter berikut rumah sakit yang cocok untuk melakukan persalinan.

Apa saja yang tertulis di dokumen rencana persalinan?


Pertama yang paling penting, adalah identitas dan rekam medis pribadi Ibu. Catat ini di halaman pertama dokumen persalinan. Dengan ini, petugas medis akan lebih mudah mengidentifikasi kondisi Ibu secara lebih detail dan menentukan bagaimana treatment yang seharusnya. Setelah itu, data keluarga dan pendamping persalinan misal suami, orang tua, dan nomor telepon juga perlu dicatat. Di akhir artikel ini ada dokumen yang bisa diunduh untuk membuat rencana persalinan.

Planning berikutnya adalah lokasi persalinan. Meskipun di awal sudah menentukan akan lahiran di RS X misalnya, tetap diperlukan alternatif lokasi Y, Z dan seterusnya. Kita tidak tahu saat hari persalinan rumah sakit tujuan kita akan penuh atau tidak. Komunikasikan juga dengan pendamping persalinan tentang pilihan rumah sakit/klinik yang nyaman. Ingat, aktor utama dalam persalinan adalah Ibu dan si bayi. Bukan pendamping, bukan pula orang tua dan mertua. Ibu-lah yang paling berhak menentukan bagaimana proses persalinan yang diinginkan nantinya.

Tulis dengan detail apa saja yang diperlukan. Misal saat masuk IGD, bagaimana sebaiknya perlakukan pendamping dan keluarga. Termasuk hal kecil misal membawa makanan kecil untuk camilan saat menunggu bukaan juga perlu dicatat. Hal ini sangat membantu di saat kita sebagai Ibu sudah kalut dan fokus dengan sensasi kontraksi. Kalau ingin apa-apa, pendamping/suami diminta membaca kertas rencana persalinan saja sekaligus mengeksekusinya. Beres.


Apakah rencana persalinan selalu berjalan sesuai rencana?


Pada pengalaman saya, 80% apa yang saya tulis berjalan sesuai rencana. Sisanya tidak sesuai akibat beberapa kondisi medis. Misal di rencana persalinan saya menulis tidak ingin dilakukan episiotomi, tetapi akhirnya tetap dilakukan karena peritonium saya kurang lentur. Atau yang tadinya saya tidak ingin induksi, ujungnya tetap dilakukan karena bayi tidak lahir-lahir.




Meski tidak 100% sesuai rencana, dengan menyiapkan daftar rencana persalinan terbukti membuat momen penting ini less panic. Kepanikan yang tidak perlu semacam KTP ketinggalan atau lupa tidak menyiapakan donor hidup dapat diminimalisir. Pernah ada kawan saya yang mengabaikan rencana persalinan berujung bersalin tanpa membawa perlengkapan di dalam koper, bahkan handphone suaminya mati karena tidak membawa charger. Bagaimana menghubungi keluarga nantinya? Nah, nggak mau kan, kejadian seperti ini?


Baru lahir


Foto-foto ciamik dalam postingan ini adalah hasil jepretan fotografer persalinan @cahayasahaja
Tadinya kami nggak kepikiran untuk mendokumentasikan proses persalinan, tetapi di akhir tiba-tiba berubah pikiran dan sama sekali nggak nyesel. Apalagi di saat menonton kembali video atau foto saat kontraksi bisa bikin kembali terharu mengenang bagaimana proses kelahiran anakku. Worth of lifetime.

Download dokumen rencana persalinan


@andhikalady
@jenganten

Sunday, September 22, 2019

Cerita Program Hamil dengan Dokter Enny Sp.OG di Yogyakarta

September 22, 2019 0 Comments
Saat menulis artikel ini saya sedang di penghujung kehamilan 38 minggu dengan perut yang semakin membesar (termasuk isinya). Itulah mengapa selama beberapa bulan terakhir ini saya vakum menulis blog. Ternyata ngopeni kehamilan itu tidak mudah, sodara-sodara!

Meski begitu saya dan suami tetap bersyukur karena kehamilan ini memang telah kami harapkan sejak kurang lebih 6 bulan setelah menikah. Apalagi kami baru dikaruniai garis dua saat usia pernikahan hampir satu tahun. Nah, ada cerita di balik kehamilan saya yang direncanakan (iya, direncanakan).

Awalnya saya dan suami tidak terlalu ngoyo untuk segera memiliki anak. Sedikasih-Nya deh, kapan pun insyaAllah kami terima. Alhasil setelah menikah, kegiatan kami sebagai pengantin baru lebih banyak didominasi aktifitas pro-kreasi dan pro-money, atau kasarnya work hard play hard. Mumpung masih muda, mumpung belum ada tanggungan, dan masih banyak kesempatan untuk menabung.

Namun setelah 6 bulan menikah, kami lalu kepikiran bahwa inilah saatnya untuk memikirkan punya anak mengingat usia saya sudah jelang kepala 3. Sementara dari informasi yang saya baca, usia ideal ibu hamil adalah di bawah 35 tahun. Masa iya saya hanya punya sisa waktu reproduksi sehat 'tinggal' 5-6 tahun lagi? Kalau bisa dimulai sekarang, ya kapan lagi memangnya.

Lalu langkah demi langkah mulai kami upayakan. Salah satu keputusan besar yang saya ambil waktu itu adalah rela resign dari kantor demi lebih fokus program. Oh iya, sebelum resign kegiatan saya lumayan padat, Senin-Jumat bekerja kantoran, Sabtu-Minggu melayani jasa makeup. Praktis, saya jarang sekali punya hari libur yang layak untuk sekadar istirahat dan rebahan. Sempat terpikir, jangan-jangan karena kelelahan, rahim saya gagal melakukan pembuahan. :P. Akhirnya saya memilih untuk fokus berkembang di makeup lalu dengan berat hati mengajukan resign dari kantor Hipwee.

Keputusan resign dibarengi dengan kunjungan ke salah satu dokter obgyn di Jogja yang saya cari via Google. Proses pencarian ini cukup lama sampai akhirnya kami memutuskan untuk ke dr. Enny S Pamuji, Sp. OG. Kenapa lama, pasalnya saya menghendaki dokternya kalau bisa perempuan, tidak jauh dari rumah, dan banyak review positif. Dokter Enny ini merupakan salah satu dokter obgyn di Rumah Sakit JIH, tetapi juga membuka praktik di rumahnya di Janti. Lalu timbul pertanyaan lagi, baik JIH maupun tempat praktik dr. Enny sama-sama dekat dari rumah, lalu sebaiknya periksanya di mana?

Setelah saya kepo lebih lanjut, ternyata biaya kontrol di tempat praktik dr. Enny lebih murah daripada di Rumah Sakit. Secara logika benar juga, kalau di RS kan ada skema biaya jasa rumah sakitnya, sementara kalau di tempat praktik tidak ada. Lalu kami memutuskan untuk periksa di tempat praktik mandiri dr. Enny di Janti. Pertama-tama kami menghubungi kontak yang tertera di Google untuk melakukan pendaftaran untuk program hamil. Eh ternyata saya baru bisa dapat jadwal periksa paling cepat sekitar dua minggu lagi. Wow, ternyata selaris ini sampai antrenya harus berminggu-minggu. Tanpa pikir panjang (karena kami selo juga), segera saya mendaftarkan diri untuk periksa dua minggu kemudian saat tanggal perkiraan haid hari kedua.

Saya juga baru tahu kalau berencana promil di obgyn itu sebaiknya dilakukan kontrol saat haid hari kedua/ketiga, atau di perkiraan masa subur (13-15 hari setelah hari pertama haid terakhir). Pasalnya kondisi ovarium dan rahim sedang bagus-bagusnya untuk dianalisis dan dinilai subur tidaknya.

Hari H periksa pertama kali di dr. Enny

Pagi di hari itu saya mendapatkan SMS konfirmasi yang menyebutkan bahwa dr. Enny masih ada tindakan di rumah sakit dan tidak memungkinkan untuk buka praktik di rumah. Yaah, sedih deh nggak jadi periksa. Akhirnya jadwal periksa saya yang harusnya di hari kedua haid harus diundur 10 hari lagi di perkiraan masa subur. Sempat takut juga kalau dokternya sesibuk ini apa ada waktu buat program hamil secara kontinyu? Setelah dipertimbangkan masak-masak, ya sudah tetap dicoba saja ke dr. Enny dan sabar menunggu 10 hari lagi.

Tiba di hari H periksa, saya sudah nggak sabar ingin tahu apa yang terjadi di dalam tubuhku kenapa belum hamil juga padahal sudah kurang lebih 9 bulan menikah. Pertama kali datang, saya ditensi, berat badan, serta ditanyai oleh bagian administrasi beberapa hal basic terkait promil di antaranya:

1. Sudah berapa lama menikah
2. Hari pertama haid terakhir
3. Pekerjaan istri & suami
4. Suami merokok apa tidak
5. Tinggal bareng suami apa tidak
6. Pekerjaannya bersinggungan dengan bahan kimia atau tidak
dst

Lalu saya ikut mengantri seperti pasien lainnya. Banyak di antara mereka datang dengan perut yang besar untuk kontrol kehamilan. Setelah 1,5 jam menunggu, akhirnya nama saya dipanggil untuk mulai kontrol. Begitu masuk (bahkan saya belum duduk), tanpa ba bi bu dr. Enny yang masih pakai jas dokter JIH-nya langsung menanyai sudah nikah berapa lama, kapan haid terakhir, haidnya teratur tidak, dan langsung menyuruh saya berbaring untuk USG. Batin saya, 'wah nggak mau buang-buang waktu nih dokternya'. Ya gimana mau banyak basa-basi, pasiennya saja bejibun. Kasihan kalau harus menunggu lama.

Saat USG, dr. Enny menjelaskan kalau rahim saya bagus, tidak ada benjolan atau kista. Posisinya juga normal, cuma ukurannya yang lebih kecil dari rata-rata. Kemudian USG berlanjut ke trans-vaginal. Jadi tidak hanya via perut saja, alat USG trans-V juga diperlukan untuk melihat ovarium melalui pencitraan dari vagina. Awalnya sempat takut juga kalau bagian intim saya harus dimasuki alat, tetapi pada kenyataannya nggak kenapa-kenapa juga. Juga tidak sakit seperti yang banyak orang bilang. Oh iya, tak perlu takut alatnya jorok karena dipakai banyak orang. Standar USG trans-V itu pasti menggunakan kondom sekali pakai untuk satu kali pemeriksaan pasien. Jadi sudah jelas aman dan higienis yaa.

Ternyata saya diindikasi PCOS


Nah, baru ketahuan masalah reproduksi saya itu setelah USG trans-V. Dr. Enny menyebutkan kalau sel telur saya kecil-kecil dan tidak/belum matang. Padahal seharusnya saya sedang dalam masa subur. Inilah salah satu sebab yang disinyalir membuat telur gagal dibuahi. Ya gimana mau dibuahi, matang saja enggak. Jadinya sperma cuma lewat aja dan zonk ketemu saluran telur yang nggak ada isinya. Dr. Enny juga menyebutkan bahwa ini merupakan indikasi PCOS (Policystic Ovarian Syndrome), semacam sindrom reproduksi kelainan hormon yang dialami wanita. Beberapa ciri-cirinya adalah sel telur yang terlihat kecil-kecil, dan ketidakseimbangan hormon insulin yang menyebabkan tubuh wanita gagal ovulasi. Efeknya adalah haid tidak teratur, wajah berminyak, dan sederet keluhan yang sayangnya 75% persis sekali dengan yang saya alami. :(

Begitu mendengar penuturan dokter, saya merasa syok sekaligus sedih. Saya memang belum tahu banyak soal PCOS tapi sebelumnya pernah mendengar kisah penyintas PCOS yang harus menunggu bertahun-tahun agar sampai bisa hamil. Itu pun sudah banyak usaha promil yang mereka lakukan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa PCOS adalah musuh terbesar ketidaksuburan pada wanita.

Setelah pemeriksaan, dr. Enny memberikan kertas yang kemudian saya diminta menulis semua hasil konsultasi hari itu. Seingat saya, catatannya adalah:

1. Olahraga diperbanyak. Terutama lari-lari dua hari sekali sampai nafas ngos-ngosan. Disebutkan bahwa olahraga bisa memacu sel telur lebih besar dan matang.
2. Berhubungan suami istri 2-3 hari sekali.
3. Melakukan tes hormon AMH di lab. Jadi, AMH atau Anti Mullerian Hormon itu adalah angka yang menunjukkan cadangan sel telur pada ovarium wanita. Semakin tinggi kadarnya, maka semakin banyak cadangan sel telur dan punya indikasi ke arah PCOS. Namun semakin rendah kadar AMH-nya, semakin dekat dengan menopause. Jadi, angka hasil tes AMH harus benar-benar memenuhi syarat normal.
4. Diresepkan vitamin asam folat yang berguna untuk menyiapkan tubuh untuk menerima kehamilan. Siapa tahu kan, di dalam proses promil tahu-tahu hamil sungguhan sehingga tubuh sudah siap.
5. Makan-makanan bergizi, kembali ke alami.

Kemudian kami keluar dan di hasil pemeriksaan itu saya diberikan foto hasil USG, dan membayar administrasi plus vitamin kurang lebih IDR 250k.

PR saya belum selesai. Setelah konsultasi itu, saya langsung menajamkan pencarian Google., Facebook, Instagram dan berselancar di internet untuk mencari tahu tentang PCOS. Saya sampai gabung di grup PCOS Fighter baik di dalam maupun luar negeri. Saya mempelajari banyak hal tentang pola hidup para penyintas. Ada yang melakukan pengaturan pola makan, ada yang olahraganya mantap sekali, ada pula yang sudah melakukan bermacam cara promil tetapi masih belum hamil juga. Memang tidak sedikit yang berhasil hamil, tetapi khusus penyintas PCOS harus berusaha lebih ekstra untuk meningkatkan peluang hamil, bahkan ada yang sampai bayi tabung segala. Waduhh, otak saya langsung menghitung biaya yang dibutuhkan untuk program hamil jika memang benar-benar 'sesusah itu' untuk hamil. Baik untuk biaya obat, inseminasi, bayi tabung, periksa a,b,c (padahal mah cuma khawatir aja toh belum tentu juga saya harus melakukan itu semua. Wkwkwk). Untung suami menyemangati dan tidak memburu untuk segera cepat hamil dan mengajak untuk ikhtiar sebisanya dan sisanya serahkan ke Allah.

Tiba saatnya saya melakukan tes lab. Hasilnya adalah hormon AMH saya melebihi standar normal yang mana berhubungan dengan PCOS. Dunia serasa hancur setelah melihat diagnosis satu per satu memang mengarah ke sana. Apakah kami akan diuji dengan lamanya punya anak, apakah harus ikhtiar lebih panjang, apakah prioritas hidup kami harus diubah dulu, dan prasangka-prasangka yang lain. Mencoba untuk tegar tapi tetap saja kepikiran banyak hal.

Hasil lab saya serahkan kembali saat kontrol kedua ke dr. Enny. Tak disangka, dr. Enny malah encourage untuk tetap tenang dan mengatakan bahwa angka AMH punya saya itu masih di taraf normal. "Punya Ibu angkanya 6, itu masih normal. Kalau PCOS itu 10 ke atas. Sekarang lanjutin saja olahraga, makan makanan bergizi dan tetap happy", begitu katanya. Di sesi konsultasi ini, dokter juga menyebutkan kalau rahim saya mulai menebal. Ini adalah pertanda kalau menstruasi akan segera datang, atau malah hamil. Baiq, kita tunggu saja kalau telat dicoba untuk testpack. Begitu selesai konsul, langsung berasa senang gitu. Padahal positif hamil saja belum. :D. Dr. Enny juga menyebutkan untuk berkunjung kembali bulan depan saat masa subur untuk melihat progres sel telur.

Ternyata benar juga, nggak ada yang bisa menggantikan sesi konsultasi langsung dengan dokter. Kalau kebanyakan baca artikel Google yang ada malah banyak parnonya kayak saya. Hahaha.
Karena di konsul kedua saya hanya USG dan nggak pakai tambahan vitamin, saya hanya mengeluarkan biaya konsul sebesar IDR 137 ribu.


Ketika testpack berkata garis dua

Ternyata benar, saya terlambat menstruasi. Tapi karena dasarnya saya sudah terbiasa telat-telat dan sering ke-PHP jadinya nggak begitu berharap banyak. Oh iya, kayaknya sudah puluhan testpack garis satu yang sudah kami lewati selama hampir setahun pernikahan, saking antusiasnya. 

Dan benar saja, saat baru telat seminggu, testpack masih menunjukkan garis satu. Pikir saya, 'ah sebentar lagi mens juga datang, saatnya booking konsultasi lagi ke dr. Enny'. Di momen ini saya masih aktif bekerja kantoran, sehingga kegalauan promil masih bisa teralihkan. Namun saya sudah ancang-ancang resign dan sudah disetujui untuk keluar bulan depan. 

Menstruasi ditunggu, sehari, dua, tiga, masih belum datang juga. Sampai lewat dua minggu dari tanggal seharusnya. Ada apa ini, apakah saya kudu testpack lagi? Apakah saya harus kecewa lagi dan lagi? Demi usir rasa penasaran akhirnya ya sudah testpack saja. Toh murah kok harga testpack, nggak sampai 5 ribuan. Kalau kecewa lagi ya tinggal dibuang.

Hasil testpack tak disangka garisnya keluar dua!

Oke, saya berusaha re-calling memori yang terjadi 9 bulan lalu di tanggal 21 Januari 2019. Waktu itu saya mau salat Subuh bareng suami. Niatnya sih pengen bikin kejutan dan divideo ala-ala Raisa, tapi apa daya udah nggak sabar ngasih tahu suami saat itu juga. Gagal bikin kejutan, tapi tetap saja kami pelukan. ­čŬ

Hari itu juga saya membuat jadwal dengan dr. Enny. Niat di awal adalah untuk konsultasi sel telur, tapi malah sudah hamil duluan, alhamdulillah. Pada konsultasi itu, kantung saya masih belum kelihatan dan diminta kembali lagi selang seminggu. Saya juga diresepkan penguat kandungan, aspilets dan ditambah vitamin hamil. Seminggu kemudian saya datang konsultasi dan mendapatkan konfirmasi membahagiakan bahwa kantung kehamilan sudah terlihat, tidak di luar rahim, sekaligus perkiraan umur kehamilan yang kurang lebih baru 6 minggu.

Hasil USG pertama kali saat ketahuan hamil

Review dr. Enny

Satu kata: mantap! Beliau orangnya tidak neko-neko, praktis dan solutif. Nggak salah kalau pasiennya banyak sekali sampai rela antri berminggu-minggu untuk sekadar tatap muka. Meskipun beliau seorang dokter, saya dan suami sepakat menilai kalau dr. Enny juga seorang engineer. Bagaimana tidak, sesi konsultasi dibuat sepraktis dan secepat mungkin tapi sangat efisien. Mulai dari meminta pasien untuk menulis di kertas yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing, menjelaskan konsep promil dan kehamilan secara gamblang, serta menggunakan boneka untuk menyebutkan anggota tubuh.

Untuk program hamil juga nggak serta merta disama ratakan antara pasien satu dengan yang lainnya. Saya sempat diskusi dengan sesama pasien promil dr. Enny yang mana obat yang diresepkan berbeda dengan saya. Inilah pentingnya langsung konsultasi, sehingga bisa diketahui permasalahan setiap individu beserta solusi yang cocok.

Selama hamil pun begitu. Saya sampai umur kandungan 8 bulan masih setia dengan dr. Enny, meskipun secara biaya lebih mahal daripada rerata obgyn lain di Jogja tapi saya sudah merasa cocok. Apalagi saya merasa terbantu sekali sampai berhasil hamil.

Kalau membahas kekurangan, palingan di antrenya yang terlalu lama. Pernah saya baru konsultasi jam 11 malam karena pasiennya sangat banyak. Tapi mengingat pelayanan dan betapa banyak yang saya dapat saat sesi konsultasi rasanya itu worth it.



Tips Program Hamil

Disclaimer: ini bukan tips untuk cepat hamil, tetapi tips untuk program hamil.

Pada dasarnya, hamil itu adalah perkara probabilitas. Sperma bisa membuahi sel telur adalah probabilitas dari jutaan sel yang ada. Embrio yang berhasil terbuahi juga harus melalui kemungkinan gagal menempel ke rahim. Belum lagi adanya kemungkinan gagal tumbuh atau janin BO di dalam rahim. Jadi, ya, semua probabilitas itu harus terpenuhi untuk bisa berhasil hamil.

Begitu pula dengan program hamil. Inti dari promil adalah upaya meningkatkan peluang untuk hamil. Tidak ada yang menjamin semua program akan berhasil hamil, tetapi jika dilakukan dengan benar dan konsisten, peluang hamil insyaAllah akan meningkat. Nah, promil nggak bisa disama ratakan antara pasien satu dengan yang lainnya. Bisa jadi lo, apa yang efektif di saya juga akan berhasil juga di kamu, karena masalah setiap individu jadi berbeda. Untuk itulah perlu diketahui dulu penyebab ketidaksuburannya, baru diputuskan jenis program apa yang cocok dilakukan. Tentunya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter yang kompeten, dalam hal ini dokter obgyn.

Saya pribadi merekomendasikan kalau mau promil ya langsung ke dokter, bukan meminum jamu/metode yang belum terbukti ilmiah di mana mengklaim bisa bikin hamil dalam kurun waktu tertentu. Apalagi sekarang banyak banget akun-akun Instagram berfoto bayi lucu yang menawarkan paket promil yang ujung-ujungnya disuruh beli produk mereka yang harganya bisa empat kali lipat konsultasi ke dokter obgyn. Seriusan deh, saya pernah iseng kepo ternyata 'obat' yang mereka jual harganya bisa sejutaan lebih. Padahal konsultasi dokter itu hanya seperlimanya.

Tentunya saya nggak bermaksud mematikan rezeki mereka, tapi sebagai konsumen bisa kan lebih cerdas dikit? Masak iya, setiap orang dianggap sama rata dan dengan solusi yang sama bisa menghasilkan result yang sama pula. Kalau misal gangguan ketidaksuburannya adalah saluran telurnya yang mampet, mau minum 'obat' jenis apa pun ya nggak akan meningkatkan peluang pembuahan.

Begitu pula dengan pasangan suami istri, ternyata penyebab susah hamil tidak serta merta faktor istri saja. Bahkan pernah saya baca sebuah penelitian, faktor ketidaksuburan itu 30% disebabkan wanita, 30% pria, dan 40% sisanya tidak diketahui. Nah, jika dari awal sudah diketahui penyebabnya apa, maka dokter akan membantumu menentukan program yang cocok untuk dilakukan. Untuk itulah wahai bapak-bapak, kalau kalian ingin program, jangan males untuk ikut mendampingi istri. Kalau diminta tes, ya tes aja. Siapa tahu permasalahan justru ada di pihak pria.

Untuk yang sedang program hamil, semoga segera berhasil yaa.. We love you!

@andhikalady
Info jasa MUA makeup Jogja di @jenganten


Wednesday, February 20, 2019

Happy Birthday NMW Skincare dan Sekelumit Cerita PRP #Birthd4yNMWJogja

February 20, 2019 0 Comments
Rasanya senang sekali mendengar salah satu klinik favorit saya berulang tahun yang ke-4. Ibarat bayi, NMW Skincare kini sudah berusia toddler dan makin lancar berlari. Tentunya di usia yang mulai beranjak ini, NMW banyak memberikan service-service andalan yang bisa dinikmati pelanggan. Udah nggak sabaran kan?

Happy birthday
Saya merasa terhormat menjadi bagian dari acara ulang tahun NMW Skincare yang intimate dan menyenangkan. Sekaligus mengobati kekangenan saya terhadap nuansa klinik yang homy dan sejuk. Selai dihidangkan kue-kue yang ciamik, kami juga disuguhkan live music oleh Farizpenky dan MC hits Linda Widya.

Guys, serius penyanyi & band-nya itu enak banget didengar! Saya sempat mengira itu kaset setelah tau ada mas-mas yang nyanyi live di depan saya. NMW top deh pilihan band & MC-nya 

Mas Franky & Mba Linda
Setelah itu, acaranya berlanjut ke tiup lilin dan potong kue! Yups, yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Segenap kru dan karyawan NMW beserta tamu undangan turut merayakan dan make a wish yang baik-baik untuk klinik NMW.

Potong kuenya

Segenap kru NMW
Nah, berita baiknya adalah NMW memberikan diskon khusus untuk pelanggannya yaitu berupa promo-promo menarik ini:

Paket Birthd4y 1
REV Laser + PRP 40cc: Rp 1.250.000,- (normal Rp 2.000.000,-) >> Saya udah pernah coba ini
REV Laser + PRP 20cc: Rp 1.100.000,- (normal Rp 1.600.000,-)

Paket Birtd4y 2
Facial PO + Hydrojet: Rp 500.000,- (normal Rp 750.000,-)

Laser First Try
REV Laser 1x: Rp 750.000,- (normal Rp 1.000.000,-) khusus pengguna pertama REV Laser

Jadi, REV Laser (Rejuvenation Laser) yang dimaksud adalah treatment prosedur kecantikan dan perawatan non-invasif menggunakan laser. Rev Laser dapat digunakan sebagai treatment untuk meremajakan kulit, mengatasi masalah pigmentasi kulit, mengencangkan kulit, menyamarkan sampai menghilangkan tato. Rev Laser memiliki down time yang cukup singkat, biasanya wajah pasien akan terlihat sedikit kemerahan dan dapat berlangsung pulih 1-2 jam setelah dilakukan tindakan. Treatment ini bisa jadi pilihan bagi pasien yang nggak mau merasakan sakit saat perawatan. Rev Laser dapat dilakukan 3-4 minggu sejak tindakan pertama dilakukan dan dapat dikombinasikan dengan treatment lain, seperti PRP, Messo Whitening, Hydro Jet Glow, Collagen Skin Booster.

Adapun PRP (Platelet Rich Plasma) adalah perawatan kulit menggunakan sample dari plasma darah sendiri, untuk kemudian disuntikkan ke bagian kulit yang membutuhkan perawatan misalnya pigmentasi, acne scar, atau bekas jerawat. Menggunakan plasma darah sendiri dinilai lebih aman karena meminimalisir faktor alergen. Saya sendiri pernah melakukan perawatan PRP, dan hasilnya lumayan menyamarkan bekas jerawat saya. 

Hydro Jet adalah prosedur kecantikan dan perawatan non-invasif dengan teknik menyemprotkan serum whitening yang dikombinasikan dengan oksigen dan antioksidan ke dalam lapisan dermis kulit. Tindakan ini dilakukan oleh dokter dengan tujuan untuk pengelupasan sel kulit mati, peremajaan kulit, pengangkatan sel-sel yang meradang dan kotoran lainnya. Perawatan ini aman untuk dilakukan kapan pun karena tidak ada masa down time. Hydro Jet Glow disarankan untuk pasien yang memiliki masalah kulit kusam, kering, pigmentasi, dan kulit normal, sementara pasien yang memiliki jerawat aktif tidak disarankan. Hydro Jet Glow dapat dilakukan 2-3 minggu sejak tindakan pertama dilakukan dan dapat dikombinasikan dengan treatment lain seperti Facial, Laser, Light Pulse Theraphy.

Bersama teman-teman blogger
Akhir kata, semoga NMW Skincare sukses selalu di kancah skincare Indonesia, khususnya di Jogja. Saya sih beranggapan kalau pelayanannya bagus, niscaya laris juga ke depannya. Nggak sabar nih untuk cobain treatment PRP untuk yang kedua kalinya.

@andhikalady

Thursday, December 20, 2018

Silkyluz -- The Bohemian Soap. Pengalaman Nyobain Sabun Muka Batangan dari Avoskin

December 20, 2018 5 Comments
Umumnya kita lebih terbiasa dengan sabun muka berbentuk tube atau krim yang diusap ke tangan, kemudian muncul busa yang banyak. Namun tahukah kamu, bahwa sabun muka berbentuk batangan juga punya karakter dan keunikannya tersendiri?

Mari menyimak dan menganalisis face soap berbentuk sabun batangan dari Avoskin, Silkyluz, the Bohemian Soap ini.

Silkyluz, the Bohemian Soap dari Avoskin

Seperti namanya, Silkyluz memang diperuntukkan untuk sabun muka, sehingga kandungannya pun disesuaikan supaya cocok dengan kulit muka. Meskipun tidak ada larangan untuk dipakai di badan, tentu saja. Sabun ini mengusung konsep 'kembali ke alam, hidup dengan seni, petualangan dan spiritual', sangat pas dengan namanya -- Bohemian.

Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mewakili sisi alami itu sendiri, antara lain:

1. Kojic Acid

Bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan melambat penuaan sebelum waktunya. Kojic acid sudah dikenal di Jepang sebagai bahan kecantikan yang bertanggungjawab terhadap kulit cerah dan awet muda para wanita Jepang.

2. Minyak Lavender, Coconut, Grape, dan Olive

Bayangkan ada empat minyak perawatan kulit digabung menjadi satu! Seru sekali bukan? Satu minyak alami ini saja sudah mampu membuat kulitmu terawat menyenangkan, apalagi EMPAT!

3. Goat's Milk & Honey

Seringkali saya menemukan sabun-sabun yang membuat kulit kering lantaran minimnya komposisi pelembap alami di dalamnya. Syukurlah Silkyluz the Bohemian Soap mengandung susu dan madu yang bermanfaat ganda dalam menjaga kelembapan kulit.

tampak belakang
Dari komposisi bahannya saja saya sudah langsung mengerti bahwa sabun ini agaknya sangat bermanfaat buat kulit tanpa membuatnya menjadi kering. Saya termasuk punya tipe kulit wajah yang sangat sensitif terhadap sabun muka, kalau salah sedikiit saja, maka bisa bikin kulit menjadi lebih kusam dari biasanya. Bagaimana dengan Silkyluz ini?

Well, kesan saya memakai sabun Silkyluz the Bohemian Soap adalah:

1. Busanya sedikit, yang mana saya nggak masalah dengan ini karena banyak sedikitnya busa tak berpengaruh terhadap bersih tidaknya kulit pasca disabunin.
2. Wanginya enak, meski kandungan parfumnya sedikit (bisa diketahui dari wangi alami kandungan minyak yang berada di dalamnya) tetapi tidak membuat saya pusing
3. Kulit menjadi kesat, namun sama sekali tidak ada kesan ketarik yang artinya sabun ini mampu membersihkan sekaligus melembapkan
4. Isinya cukup besar sehingga bakalan lama habisnya. Mungkin saya harus meniru Bunda Windriani dengan cara memotong sabunnya baru digunakan. :D
5. Cocok dipakai harian, karena bentuknya tinggal nangkring di wastafel/kamar mandi saja lalu bisa dipakai cuci muka setiap hari.
6. Saya sudah mencobanya kurang lebih seminggu dan sampai sekarang tidak ada masalah kulit yang berarti.

Silkyluz
Namun bukan berarti sabun ini luput dari kekurangan. Menurut saya sih, sebaiknya ada versi tube atau liquid dari sabun yang bermanfaat ini, sebab dengan memasarkannya dalam bentuk batangan dikhawatirkan dapat terkontaminasi bakteri dari luar. Kan sayang kalau produknya sudah bagus, tetapi kurang higienis atau travel-friendly.


Yang perlu diperhatikan dalam memakai sabun muka Silkyluz the Bohemian Soap adalah:

1. Seperti pada umumnya sabun, Silkyluz hanya mampu mengangkat kotoran yang sifatnya ringan, misalnya bekas pelembap atau bedak tabur. Kalau kamu sehari-hari menggunakan makeup, lakukan pembersihan dua lapis ya.
2. Meski kandungan dalam sabun ini kaya manfaat, lakukan perawatan kulit sesuai dengan rangkaian harian yang cocok denganmu. Mengharapkan kulit menjadi instan cantik hanya dengan sabun saja, itu mimpi doang namanya.
3. Kamu bisa membeli Silkyluz the Bohemian Soap di www.avoskinbeauty.com atau Avo Store terdekat melalui Instagram atau Shopee/Lazada/Tokopedia.


Selamat mencoba!
@andhikalady

Thursday, November 8, 2018

Treatment IPL di NMW Skincare untuk Mencerahkan Kulit dan Mengecilkan Pori-pori

November 08, 2018 4 Comments
Masalah pori besar agaknya sudah menjadi problematika sejuta umat, terutama di negara tropis ini. Makin diperparah dengan kondisi kulit yang berminyak dan berkomedo tiada hentinya. Ternyata, jika komedo terlalu lama betah berada di kulit, maka pori-pori akan dengan sendirinya melebar tanpa permisi. Ada berbagai cara untuk setidaknya mengecilkan ukuran pori-pori agar wajah kembali tampak mulus. Salah satunya adalah melalui teknik IPL (Intense Pulse Light) di klinik NMW Skincare yang akan saya bahas lebih lanjut di sini.

Tentang NMW Skincare


NMW Skincare adalah klinik kecantikan yang melayani prosedur-prosedur medis yang bertujuan untuk memperindah/estetika tubuh. Ada banyak perawatan yang ditawarkan di sini, mulai dari facial, thread lifting, PRP, IPL dan sederet perawatan lain. Bahkan yang saya baca, NMW Skincare juga melayani prosedur pembuatan lesung pipi dan penghilangan tahi lalat juga lo. Pokoknya apa yang kamu mau, ada di sana. Awalnya NMW Skincare berbasis di Jakarta, kemudian melebarkan ekspansi bisnisnya ke Yogyakarta. Untuk melihat berbagai macam treatment yang ada di NMW bisa melalui link ini.

Intense Pulse Light (IPL) Therapy

Setiap perawatan di NMW harus didahului konsultasi dokter terlebih dahulu

IPL adalah treatment estetika menggunakan sinar cahaya laser xenon yang 'disinarkan' ke bagian kulit yang membutuhkan perawatan. IPL diklaim dapat meremajakan, mencerahkan kulit dan memperkecil pori-pori -- tentunya dengan perawatan dan tindakan rutin dan kontinyu. 

Dilansir dari Hellosehat.com, IPL itu sering disamakan dengan treatment laser biasa, padahal berbeda lo. Jika laser cenderung berfokus pada bagian-bagian tertentu saja, IPL memanfaatkan gelombang cahaya yang mampu melebarkan area yang dirawat sehingga dapat menjangkau permukaan kulit secara lebih merata.

Alat yang digunakan saat IPL bentuknya seperti logam bersuhu dingin, dan saat disentuhkan ke kulit, ada nuansa sinar dan sedikit 'nyelekit'. Buat yang penasaran alatnya seperti apa, kira-kira seperti ini:

ilustrasi IPL. Gambar mengambil dari sini
Ada beberapa syarat dan indikasi bahwa kulitmu butuh perawatan IPL, salah satunya adalah fine lines atau kerutan halus, kulit dengan pori besar, dan kulit yang tampak kusam. Tapi tentu saja, sebelum melakukan IPL, kamu harus melalui konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu ya. Ini penting, sebab kebutuhan kulit setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, untungnya di NMW Skincare sudah ada dokter yang stanby untuk setiap pasien yang datang.


Prosedur perawatan IPL di NMW Skincare


Situasi ruangan perawatan. Tenang, ini nggak seram seperti rumah sakit kok
Prosedur perawatan IPL yang saya jalani di NMW Skincare:

1. Melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nanti kamu akan dimintai KTP atau bukti identitas lainnya untuk data
2. Menunggu konsultasi dokter. Di dalam ruangan, kamu dibolehkan mengeluarkan unek-unek mengenai kondisi kulitmu. Tips: saat mau konsultasi jangan pakai makeup tebal ya, ini supaya dokter bisa melihat kondisi kulitmu secara gamblang tanpa ada yang ditutupi. Bayangkan saja kalau kulitmu penuh dengan foundation, bagaimana bisa dokter akan menganalisis kondisi kulitmu?
3. Dokter akan meresepkan tindakan perawatan yang cocok dengan kondisi kulitmu. Misalnya dalam kasus saya ini: IPL
4. Menunggu giliran perawatan
5. Saat mau perawatan, kita akan diminta berbaring kemudian terapis akan membersihkan wajahmu terlebih dahulu.
6. Kemudian wajahmu akan diolesi sejenis gel penghantar panas, seperti gel yang dipakai untuk USG
7. Lalu bagian matamu akan ditutup
8. Mulailah treatment IPL. Terapis akan menempelkan sejenis alat logam (untuk gambarnya bisa dilihat di atas), kemudian akan mengaktifkan tombol on yang membuat logam tersebut mengeluarkan 'sinar ajaib'nya. Saat sebelum IPL, pasien akan diberitahukan bahwa alatnya mungkin akan terasa celekat-celekit dan ada 'sinarnya'. Awalnya saya kagetan setiap kali tombol on menyala, seakan kulitnya digigit.
9. Selesai perawatan IPL yang waktunya sebentar itu, kamu akan diberikan masker peel off yang berfungsi relaksasi kulit.
10. Setelah selesai semuanya, wajahmu akan dibersihkan kembali dan diberikan sunscreen.
11. Selesai deh


Kesan setelah melakukan treatment IPL untuk pertama kali

suasana klinik

Jadi, benar sekali, ini adalah treatment IPL pertama saya. Kalau yang instan saya rasakan setelah melakukan treatment ini adalah kulit terasa lebih kenyal dan terhidrasi. Pakai skincare apa pun jadi lebih meresap begitu lo. Lalu, produksi minyak juga bisa ditekan, namun, khusus untuk pengecilan pori-pori masih belum bisa terasa dalam satu kali treatment. Apalagi kondisi kulit saya juga punya scar yang dalam dan banyak, sehingga efek pengecilan pori-porinya belum terlihat signifikan.

So, kalau untuk treatment scar, di NMW Skincare juga ada lo. Namanya Platelet Rich Plasma (PRP). Secara harfiah, PRP adalah perawatan kulit yang menggunakan plasma darah yang kaya akan nutrisi untuk disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Tak seperti IPL, PRP memanfaatkan prosedur jarum untuk mengaplikasikannya. Pertama-tama, sampel darah akan diambil dari lengan sejumlah minimal 20cc. Kemudian sampel darah tersebut akan dimasukkan ke dalam alat yang bisa diputar dengan kecepatan tinggi untuk memisahkan plasma darah yang penuh nutrisi/growth factor.

Tahapan selanjutnya adalah menyuntikkan plasma tersebut ke kulit wajah pasien yang membutuhkan treatment. Tentu saja setelah prosedur anestesi terlebih dahulu, karena bakalan sakit Beb. 



Syarat mutlak setelah melakukan prosedur PRP adalah kamu dilarang menggunakan makeup apa pun selama seminggu. Oleh karena itu, buat yang ada jadwal kondangan, pesta, dll sebaiknya ditunda dulu perawatan PRP-nya.




Klinik NMW Skincare Yogyakarta:

Jl. Pakuningratan No.6, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Google map.



Info penting: di Instagram NMW sering banget ada informasi diskon. Catat!



Thursday, October 25, 2018

Pengalaman Nyobain Colorful Facial di Naavagreen

October 25, 2018 0 Comments
FYI, sebelumnya saya memang kerap melakukan perwatan di Naavagreen, saya pernah mengulas facial-nya di link ini.

Kali ini, facial saya agak berbeda. Meskipun dari segi kualitasnya sama, saya mendapatkan pengalaman seru dan menarik saat melakukan perawatan colorful facial di Naavagreen. 
Beruntungnya, saya mendapatkan giliran konsultasi bersama dr. Sri Gitalia yang pada acara launching colorful facial Naavagreen kemarin mengisi dan mempresentasikan kiat-kiat merawat kesehatan kulit. Senangnya bisa ketemu langsung sama dokter cantik yang mirip Astrid Leong Crazy Rich Asian itu.

Tuh kan mirip. Eh bukan ya. Itu mah mukaku, Wkwkwkkw
Ni dia dokter Gita
Sesuai prosedur yang berlaku di Naavagreen, pasien melakukan tahapan sebagai berikut:

1. Melakukan pendaftaran di loket. Mengambil nomor antrean. Petugas akan menanyai identitas pribadi dan mencatat datamu.
2. Lalu menunggu panggilan untuk konsultasi dokter jaga di klinik. Tenang saja, ruang tunggu Naavagreen itu nyaman banget dan bisa dipakai sambil tiduran kok. SERIUS
3. Di dalam ruangan dokter, kamu akan dicek kondisi kulit dan perawatan yang cocok untukmu. Di sini kamu bebas menanyakan apa saja tentang kesehatan kulitmu. Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya, karena mana tahu kamu bisa ketemu konsultan kecantikan lagi? Untuk konsultasi ini free charge alias tidak ditarik biayanya.
4. Dokter akan mencatat dan memberikan dokumen berisi rekomendasi perawatan dan produk krim yang bisa kamu lakukan.
5. Menuju ke loket pembayaran, membayar perawatan yang akan kamu ambil.
6. Menunggu panggilan untuk perawatan.

Gampang banget dan no ribet kan?

Hasil konsultasi kulit oleh dr. Gita

Dari analisis hasil periksa dr. Gita, saya banyak tahu bahwa masalah kulit saya adalah mulai kehilangan minyak alaminya. Mungkin karena sudah proses aging juga kali ya. Oleh karena itu, saya direkomendasikan memilih colorful facial Licorice yang bermanfaat mencerahkan kulit sekaligus anti aging. Selain itu, bekas jerawatku yang cukup bandel juga perlu dilakukan treatment bio-light untuk melawan bekas-bekasnya itu. 

Tetapi sayangnya, jadwal saya kurang pas untuk melakukan itu semua. Jadi yang dipilih cuma facial-nya aja tanpa bio-light. Hiks sedih. Pasti jadi agenda wajib untuk facial selanjutnya. :D

Menurut info dr. Gita, facialnya sendiri akan berlangsung kurang lebih 60-70 menit. Namun di kasus saya butuh lebih lama dari itu, soalnya kata Mbak terapisnya komedo saya di setiap pori-pori itu ADA. Iya, ada! Bahkan saya nggak menyadarinya lo. Baru ketahuan saat saya menyaksikan sendiri proses pemencetan komedo saat perawatan.

Proses colorful facial Naavagreen


Suasana di dalam klinik, bersih, wangi, dan tenang rasanya
Saya dipersilakan masuk ruang perawatan yang adem dan nyaman, lalu melakukan step-step sebagai berikut:

1. Diberikan baju perawatan berupa kemben batik dan handuk. Saya dipersilakan untuk ganti baju dan menyimpan barang-barang saya di bawah dipan facial (ada tempatnya 1-1)
2. Pasien (saya) dipersilakan tidur dan diselimuti oleh Mbak terapis (enak banget dimanja kayak bayi)
3. Lalu Mbak terapis akan mengatur rambut saya agar tidak kena di muka saat dilakukan facial
4. Step awal adalah membersihkan wajah saya dengan sejenis oil yang mampu mengangkat sisa-sisa makeup di wajah. Saran: kalau mau menjadwalkan facial, jangan dulu pakai makeup yaa. Cukup pakai sunscreen saja. Toh ntar juga mau dihapus. Hehehe
5. Step berikutnya adalah pemijatan di area wajah dan leher. Kalau untuk cewek akan dipijat sampai ke dada (atas payudara), bagian ini adalah SURGANYA FACIAL karena pijatan terapis di Naavagreen memang enak banget dan nagih!
6. Lalu wajah akan dibersihkan kembali dengan cairan antiseptik sebagai pendahulu proses ekstraksi komedo
7. Terapis akan mengeluarkan peralatan 'tempur' steril yang terdiri dari pinset kecil dan alat pemencet komedo berbentuk bundar bolong, kecil dan pipih.
8. Proses ekstraksi lemak pun dimulai dari bagian yang memiliki toleransi sakit lebih besar, berurutan dari dahi-pipi-bawah mulut-hidung, bawah hidung
9. Setelah selesai, wajah akan dibersihkan kembali dari sisa-sisa komedo yang bercucuran, lalu diaplikasikan COLORFUL MASKER
10. Saya menikmati masker Licorice plus mint yang segar banget rasanya. Kulit seakan di-shooting menjadi jauh lebih tenang dan calm. Efek pedih akibat ekstraksi mendadak hilang dan dunia kembali menjadi bahagia.



alat-alat facial di Naavagreen


Kalau ditanya proses ekstraksi komedo saat facial itu sakit apa enggak, jawabnya RELATIF. Karena setiap orang punya derajat toleransi terhadap rasa sakit yang berbeda-beda. Kalau di kasus saya sih cukup sakit, karena: 1. Banyak area yang banyak komedonya, 2. Sudah lama tidak facial, dan 3. Prosesnya lama. Tentu rasa dan sensasinya bisa berbeda-beda di masing-masing orang. Tapi tenang saja, setelah kamu memakai masker, sakitnya hilang seketika kok.

Efek setelah colorful facial Naavagreen

Perlu diketahui bahwa efek facial tidak langsung bisa terasa segera setelah melakukan prosedur. Umumnya pasien akan merasakan kulit kemerahan dan terlihat lebih jelek dibanding sebelum facial. Padahal, inilah saat di mana kulitmu sedang di tahapan regenerasi pasca ekstraksi lemak. Ini normal dan wajar terjadi. Tapi tenang saja, mukamu nggak akan sampai bengkak seperti Sarumpaet kok. Hehe.

Hasil facial akan terasa dalam waktu 1-2 hari. Kulit akan terasa lebih bersih, bruntusannya hilang, komedo tiada, dan bahagia begitu rasanya.

#naavagreenindonesia
#naavagreenskincare
Instagram: @naavagreen
                  @naavagreencosmetics

@andhikalady

Cara Merawat Kulit Tahun 2018: Kurangi Makanan Manis dan Rutin Melakukan Colorful Facial di Naavagreen

October 25, 2018 0 Comments
Seberapa peduli kamu dengan perawatan kulit yang melibatkan pola makan?

Kebanyakan dari kita (termasuk saya juga), kerap mengabaikan bahwa ternyata pola makan dapat memengaruhi sehat tidaknya kulit. Semakin sehat makanan yang kita makan, semakin cerah dan terpancar juga aura dari kecantikan kulit. Sebaliknya, saat kita jor-joran memasukkan makanan yang tidak sehat, pengaruhnya ke kulit juga akan terasa. Kulit jadi kusam, berjerawat, dan terlihat 'sakit'. Coba dikira-kira sendiri, saat kamu selama seminggu jajan tak sehat, amati dengan saksama perubahan kulitmu.


Seperti yang telah dituturkan oleh dr. Sri Gitalia dari Naavagreen Indonesia, faktor penyebab kulit kusam salah satunya adalah terlalu banyak memakan makanan manis. Lo, kok bisa? Pasalnya, gula adalah komponen penghambat produksi kolagen yang tugasnya memberi kesan kenyal dan sehat pada kulitmu itu. Apa akibatnya kalau kolagen terkikis perlahan? Kulit menjadi hilang kenyalnya, menjadi kusam, dan jerawat makin parah. Jadi, meski jerawat itu umumnya berhubungan dengan kulit berminyak, kenyataannya adalah gula menyumbang produksi jerawat berlebih ketimbang minyak/lemak.

Bukan berati kita harus mengurangi gula sama sekali. Pasti nggak bisa yee kan? Nah, untuk mengantisipasinya, kamu bisa kurangi sedikit lebih sedikit dahulu. Misalnya yang tadinya bikin teh dengan 1 sendok gula, sekarang menjadi 1/2 sendok gula. Atau memanfaatkan gula alami seperti sari buah untuk menggantikan gula buatan. Coba peliharalah kebiasaan ini demi kulit yang sehat. 


Rutin melakukan facial di Naavagreen

Selain menerapkan pola makan sehat, dr. Gita juga menganjurkan untuk rutin melakukan eksfoliasi facial di klinik untuk mengangkat lemak-lemak yang menumpuk di kulit--yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan cuci muka saja. Facial berguna untuk membersihkan dan mengangkat komedo serta lemak-lemak yang terjebak di dalam pori-pori yang:

1. Menyebabkan penyumbatan kulit dan terhalangnya sekresi minyak
2. Membuat pori-pori besar karena penumpukan lemak
3. Tidak bisa dikeluarkan sendiri, misal karena keterbatasan alat atau banyaknya yang harus dikeluarkan
4. Manfaat ganda yang didapat dari facial, 

Tentang perawatan colorful facial di Naavagreen

Bicara tentang perawatan kulit facial, tentu lah Naavagreen solusinya. Dengan banyak cabang di mana-mana, Naavagreen mengangkat konsep 3 harmoni: natural, berkualitas, harga terjangkau. Natural, karena produk Naavagreen banyak menggunakan saripati alamiah yang bermanfaat buat kulit. Baca tulisan ini sampai selesai ya, untuk mengetahui jenis colorful facial yang disediakan oleh Naavagreen. Berkualitas, karena Naavagreen selalu menjaga baik dari segi kualitas dan pelayanan prima buat pelanggan. Harga terjangkau, nah ini yang menarik, khususnya buat kalangan Jogja yang banyak mahasiswanya. Aneka produk dan perawatan Naavagreen bisa dibeli dengan harga terjangkau padahal kualitasnya sip lo. Nggak percaya, datangi saja kliniknya di alamat ini.

Adapun colorful facial yang digadang-gadang sebagai produk terbarunya Naavagreen adalah facial yang menggunakan bahan-bahan alami yang disesuaikan dengan kondisi kulit pasien. Saya mencatat, ada lebih dari tiga paket perawatan colorful facial Naavagreen, antara lain:

1. Colorful facial Tea Tree untuk kulit berjerawat
2. Colorful facial Licorice untuk pencerahan
3. Colorful facial Red Alga untuk anti aging

pemijatan dulu

pemakaian masker tea tree
Kami diajak ke ruang perawatan dan melihat langsung proses facial-nya. Para terapis melakukan pembersihan terlebih dahulu, kemudian pemijatan, dan dilanjutkan dengan color-masker. Sebetulnya dalam tahapan facial ada proses ekstraksi jerawat dan komedo, namun dalam demo tersebut di-skip (jadi makin penasaran bagaimana rasanya dengan perawatan terbaru ini).

Ruangan facial-nya bersih, privat, dan dipisahkan antara cewek dan cowok. Jadi nggak perlu khawatir buka-bukaan, karena isinya udah terpisah ya. Dari cuma melihat proses facial-nya, saya jadi kepingin segera mencoba facial ini dong.

Lalu, ada yang lebih menarik lagi, setelah colorful facial, kami juga dipersilakan untuk menyaksikan proses terapi bio light, yang gunanya untuk mencerahkan kulit wajah dan memaksimalkan proses penyerapan nutrisi-nutrisi baik ke dalam kulit. Hmm, kabarnya jerawat juga makin cepat sembuh dengan treatment bio-light lo.


prose penyinaran bio-light di Naavagreen

Bonus: Naavagreen juga mengembangkan lini makeup!

Banyak yang belum tahu, ternyata ada lo, lipstik, eyeshadow, bedak, bahkan bulu mata merek Naavagreen. Jika selama ini kamu tahunya Naavagreen adalah klinik perawatan, saatnya buka matamu dan mampirlah ke counter Naavagreen untuk menyimak warna-warni ciamik dan seru dari produk ini. Mungkin bukan hanya krim perawatan yang kamu bawa pulang, deretan blush on ini juga mampir ke rumahmu bahkan.

Makeup Naavagreen


Bersama Dira dan Roro dari Naavagreen group


#naavagreenindonesia
#naavagreenskincare
Instagram: @naavagreen
                  @naavagreencosmetics

@andhikalady

Saturday, October 20, 2018

Rahasia di Balik Keampuhan AHA, BHA, PHA, dan Niacinamide pada Avoskin Miraculous Refining Terbaru

October 20, 2018 1 Comments
Peluncuran produk baru Avoskin

Perkembangan dunia skincare di Indonesia agaknya sedang pesat-pesatnya. Jika dahulu kita cuma tahu produk pembersih-penyegar-pelembap-sunscreen, kini sudah makin banyak varian produk skincare yang digunakan di masing-masing step pemakaian. Sebut saja toner, serum, essence, ampoul, hingga pemakaian double cleansing yang digadang-gadang mampu membuat wajah lebih mulus dan cerah.

Ternyata hasil yang dijanjikan produk skincare kekinian bukan sekadar isapan jempol belaka lo. Sebab, saya yang mendaku sebagai cewek kekinian yang juga ikutan tren ini--turut merasakan hasilnya. Sering saya sebut di blog ini bahwa tipe kulit saya adalah berminyak dan acne-prone. Nah, setelah menggunakan beberapa produk yang mengandung BHA dan Niacinamide, kulitku berangsur membaik. Jerawat sudah lumayan jarang, serta kulit rasanya jadi lebih terhidrasi.

Baca juga: Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE). Benar Sebagus yang Diceritakan Orang Nggak Sih?

Namun pemakaian skincare juga perlu hati-hati dan disesuaikan sama jenis kulit. Dan yang paling penting; banyaknya variasi produk yang kamu timpakan ke kulitmu harus diimbangi dengan pengetahuan basic mengenai skincare yang kamu pakai. Jangan sampai kamu pakai skincare tapi nggak tahu kandungan apa, gunanya apa, dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan kalau ke dokter kulit, kamu berhak lo, tanya apa saja kandungan krim yang diresepkan ke kamu. Nah lo, baru tahu kan?

Avoskin Miraculous Refining Serum

Bahas soal skincare, saya mau sharing lagi nih. Sekarang, kamu bisa mendapatkan rangkaian ampuh skincare yang mengandung BHA, Niacinamide, bahkan AHA dan PHA di produk terbaru Avoskin Miraculous Refining series lo. Kabar baiknya, produk ini merupakan produk lokal pertama yang menggabungkan empat kandungan ajaib dalam skincare itu. Itu pun masih ditambah kandungan Tea tree, Witch Hazel, dan Aloe vera yang kondang mengatasi problematika kulit wajah itu.

Sebenarnya apa sih rahasia di balik kandungan-kandungan skincare dalam Avoskin itu? Mari kita simak satu-satu kenapa kulit kita membutuhkannya.

Alpha Hidroxy Acid (AHA)

AHA adalah material eksfoliator kulit yang larut dalam air serta serta mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Karena larut dalam air, AHA mampu memecahkan ikatan antar sel kulit mati sehingga mudah luruh untuk nantinya merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Proses ini akan berefek pada perbaikan terhadap kulit kusam, tekstur kulit tidak rata, bekas jerawat, hingga kerut halus. AHA akan dengan cerdas 'mengusir' sel-sel kulit mati pada kulit dan membuatnya tampil lebih muda dan menyenangkan.

Avoskin Miraculous Refining Serum

Beta Hidroxy Acid (BHA)

Sama-sama bersifat asam seperti AHA, namun BHA lebih 'sakti' lagi. Ia mampu larut dalam lemak sehingga mampu menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Tahu sendiri kan, kalau kulit itu terdiri dari jutaan kelenjar minyak? Itulah mengapa, BHA dapat membantu mengurangi minyak berlebih, membersihkan pori, mengangkat kotoran hingga kulit mati. Efek anti radang pada BHA juga ciamik untuk dipakai pada kulit sensitif, kemerahan, berjerawat, dan berkomedo. Pakai BHA itu rasanya kayak di-shooting banget kulitnya. Jadi sejuk dan bergembira.

Polyhidroxy Acid (PHA)

Ini mirip dengan AHA, namun dengan ukuran molekulnya yang lebih besar, maka dapat lebih aman untuk kulit sensitif. Fungsi ajaibnya yang lain adalah sebagai anti iritasi, antioksidan, dan anti inflamasi. PHA juga mampu mempercepat penyembuhan luka.
Dari sini kita bisa simpulkan sementara bahwa kinerja AHA & BHA yang berfungsi merontokkan sel kulit mati dan merangsang regenerasi, perbaikan dan relaksasi kulit akan tertolong dengan adanya PHA yang bersifat anti iritasi. Combo banget nggak siihhh???

Niacinamide

AHA+BHA+PHA aja udah keren. Bagaimana kalau ditambah kandungan pamungkas Niacinamide ya? Well, untuk pengetahuanmu, Niacinamide itu punya 101 kegunaan untuk memperbaiki kulit yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Beberapa di antaranya adalah memperkecil pori, warna kulit yang tidak rata, kerut halus, wajah kusam, dan kulit sensitif. Bahkan menurut Tasya Farasya selaku persona di balik peluncuran Avoskin Miraculous Refining, Niacinamide cocok banget untuk kulit jerawat dan mampu mengatasinya tanpa membuatnya kering. Jika kamu sering ketemu produk pembasmi jerawat yang membuat kulit kering, Niacinamide tidak begitu.

Sekarang coba bayangkan kalau ke-empat kandungan 'bergizi' untuk perawatan kulit itu tersedia di satu produk? Produk lokal. Gampang didapatkan. Bhuanyak pula manfaatnya!

Cara menggunakan rangkaian Avoskin Miraculous Refining Toner & Serum 

Apalah arti kandungan ajaib dalam skincare kalau kamu tak tahu cara pakainya. Nah, Avoskin mengeluarkan 2 jenis produk Miraculous yang harus beriringan satu sama lain. Produk ini nggak bisa digunakan hanya 1 saja. Sebab, yang satu melengkapi produk yang lainnya.

Tahap pertama: gunakan Avoskin Miraculous Refining Toner terlebih dahulu pada kulit bersih dan sudah kering. Tap-tap perlahan pada setiap bagian kulit wajah, hindarkan khusus di area mata karena di sana kulitnya lebih sensitif. Toner berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada kulit untuk mempersiapkan diri menerima produk berikutnya.

Tahap kedua: gunakan Avoskin Miraculous Refining Serum setelah toner telah meresap sempurna pada kulit. Gunakan juga pelan-pelan. Di tap-tap secara hati-hati karena cairan serum ini lebih kental daripada toner.

Lalu yang perlu diperhatikan adalah penggunaan material eksfoliator dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif, oleh karena itu, penggunaan sunscreen di pagi hari tetap wajib dilakukan yaa.

Demo pemakaian oleh Tasya Farasya

Kenapa harus dipakai dua-duanya?


Mengutip kata Tasya Farasya: kalau kita ingin memperbaiki masa depan (kulit), masa lalunya harus dihapus dulu (pakai toner). Kalau lupa menghapus masa lalu, masa depan (kulitmu) tak akan mulus sesuai harapan.

Adapun untuk produk ini bisa kamu dapatkan di website Avoskin langsung per November 2018, atau melalu info yang ada di Instagram official Avoskin @avoskinbeauty.



Terimakasih