Saturday, April 8, 2017

[Tips] Cara Merawat Kulit Wajah untuk Remaja


Halo, Jenganteners remaja yang masih selalu semangat...

Tulisan ini saya buat khusus untuk temen-temen yang kemarin SMA atau SMK-nya kedatangan tim dari Marina di acara #saatnyabersinar #roadshow #Jogja. Hayoo, udah ketemu sama Kak Dhika Lady kan kemarin? Masih ingat nggak, diajarin apa aja sama Kak Dhika? Kalau sudah pada lupa, Kakak share kembali yang kemarin dijelaskan ketika beauty class. 

Kalau yang SMA-nya sudah bertahun-tahun yang lalu, boleh baca sampai habis juga kok. :) Knowledge for everyone.

Photo credit: iRadio Jogja

  • Kenapa kita perlu merawat kulit secara tepat selagi muda?


Masa muda adalah masa di mana kulit sedang bagus-bagusnya. Belum banyak kerutan halus, belum banyak kering, dan masih fresh. Coba hitung berapa kawan kamu yang punya kantung mata atau garis halus? Pasti jarang ya, atau malah nggak ada. Masalah kulit paling banter di masa-masa ini (13-18 tahun) adalah jerawat. Selain jerawat, masalah kulit yang timbul di masa remaja kebanyakan adalah karena faktor lingkungan, kebiasaan buruk dan perawatan yang kurang tepat.

Faktor lingkungan
1. Polusi
Jaman sekarang kayaknya susah banget menghindari polusi. Asap kendaraan, asap rokok, dan ganasnya jalan di kota sudah akrab dengan aktifitas kita sehari-hari. Kecualii, kalau kamu tinggal di tempat yang masih hijau. Sebelah kiri rumah ada sungai, lihat belakang rumah ada pegunungan, berangkat sekolah lewat pematang sawah. Air yang kamu minum masih jernih hasil air mancur pekarangan rumah. Itu sih awesome banget. Saya juga mau tinggal di situ, *asal internet lancar*, *asal deket mol*, *asal deket Indomar*t*. Hehe, serba salah ya? Jadi, karena sebagian besar dari kita ketemunya polusi, mau nggak mau kita harus deal with it.

2. Sinar Matahari
Nggak bisa dihindari, setiap hari kita ketemu paparan sinar matahari. Pas perjalanan berangkat/pulang sekolah, pas ada kegiatan ekskul, pas upacara, pas ikut tonti, pramuka, dan lain-lain. Ya, matahari adalah energi terbesar bumi kalau kata guru Fisika. Namun ada bagian dari radiasi yang dipaparkan matahari dapat menimbulkan efek samping untuk kulit. Beberapa adalah Ultraviolet A yang mengakibatkan aging/penuaan, dan UV B yang mengakibatkan kulit terbakar.

Kebiasaan Buruk & Perawatan yang kurang tepat
1. Tidur malem
Hayoo, yang masih suka bobo malem siapa? *tunjuk diri sendiri. Well, tidur malem itu banyak efek buruknya. Muka jadi nggak seger, timbul kantung mata, dan lainnya. Coba deh, kamu yang hobi tidur malem pelan-pelan dipercepat waktu tidurnya. Lalu pagi hari diperpagi bangunnya. Jam 3 atau jam 4 gitu sambil ibadah pagi. Kalau yang nggak ibadah, jangan lebih dari jam 5 deh. 

2. Jarang membersihkan wajah
Seharian kena matahari, kena polusi, kena minyak, lupa membersihkan wajah, tapi berharap kulit bersih bebas jerawat? Oke. Abaikan mimpi itu karena itu adalah hil yang mustahal, kecuali kulit kamu tipe kulit bayi.

3. Mengabaikan perlindungan/nutrisi kulit
Seketika mulai beranjak remaja dengan pergolakan hormon dan aktifitas begitu rupa, mulailah berpikir untuk invest perawatan kulit yang tepat untuk kulit remaja. Pilih formula yang ringan sehingga nggak bikin iritasi. Produk untuk remaja tentu berbeda dengan produk punya kakak atau mama. Untuk kulit remaja sebetulnya cuman butuh dua jenis: moisturizer/pelembap dan sunblock. Kalau mau praktis, pakai satu produk yang sudah mengandung pelembap & sunblock. Ya?

  • Step sederhana merawat kulit remaja.

1. Membersihkan wajah


Ini adalah perawatan kunci dari semua perawatan. Wajah yang kotor adalah sarang kuman dan bakteri. Secara reguler, kulit wajah itu mengeluarkan minyak dan keringat dengan kadar yang berbeda-beda. Ini adalah hal yang wajar. Yang membuat jadi nggak wajar dan iritasi adalah ketika minyak&keringat itu ketemu dengan bakteri. Lalu hasil percintaan minyak+bakteri itulah yang menimbulkan jerawat. Untuk itu, jangan lupakan acara bersih-bersih wajah ya.


Rule membersihkan wajah:
1. Bersihkan tangan terlebih dahulu. Pastikan seluruh bagian tangan sudah bersih. Punggung tangan, telapak tangan, sela-sela jari, dan kuku.
2. Dengan produk facial foam, mulai bersihkan wajah dari arah bawah ke atas dengan gerakan memutar. Kenapa dari bawah ke atas? Karena untuk mencegah keriput sejak dini. Kan kulit kita secara default selalu ketarik gaya gravitasi ke bawah. Nah, dengan membersihkan ke arah atas, artinya kita melawan gaya gravitasi sehingga memperlambat timbulnya kerutan.
3. Membersihkan wajah harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan apa yang akan kita bersihkan. Kalau cuman dandan buat ke sekolah dan gak pake makeup aeng-aeng, menggunakan facial foam saja sudah cukup kok. Tapi beda cerita kalau yang kamu pakai adalah campuran foundation, eyeliner waterproof, maskara, shading dll. Kamu akan membutuhkan makeup remover dan milk cleanser untuk itu.

2. Memberikan Nutrisi & Perlindungan

Setelah wajah kita bersih, lakukan pemberian nutrisi. Pilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Saat ini ada banyak macem moisturizer/pelembap. Ada pula yang sudah dikombinasikan dengan kandungan foundation plus sunblock. Ini malah lebih simpel dan anti ribet. Karena cukup satu langkah saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kulit.


Perbedaan moisturizer/pelembap dan BB Cream:
1. Pelembap pada umumnya berbentuk krim yang berfungsi untuk melembapkan saja. Namun BB Cream sudah ditambahi dengan kandungan foundation agar lebih simpel dan praktis.
2. Cara memakai pelembap adalah dengan dibuat titik-titik di bagian dahi, pipi, hidung, dagu dan leher, kemudian diratakan. Adapun cara memakai BB Cream adalah dengan dirakatan per bagian, mulai dari bagian atas/dahi. Cara meratakannya harus searah dengan tumbuhnya bulu halus. Jangan lupakan untuk memberi nutrisi di bagian leher meskipun tertutup hijab. Hello, kulit leher juga punya hak yang sama kayak kulit wajah lho. Ayo dong, kasih nutrisi untuk kulit leher juga ya.


Rule memilih pelembap dan BB Cream:
1. Perhatikan tanggal kadaluarsa
2. Perhatikan kandungannya (apakah sudah memiliki UV Protection? Apakah lebih cocok digunakan kulit kering/berminyak, dsb)
3. Pilih yang diformulasikan untuk kulit remaja
4. Rajin-rajin googling tentang review produk tersebut apakah bisa menimbulkan alergi, iritasi dsb. Yuk jadi remaja cerdas, termasuk dalam memakai kosmetik.

3. Penyempurnaan bebas kilap dengan menggunakan bedak

Menggunakan BB Cream atau pelembap saja sebetulnya sudah cukup memenuhi kebutuhan kulit remaja. Namun karena kita hidup di negara tropis yang debunya banyak, sangat direkomendasikan untuk menggunakan bedak supaya debu yang kena ke kulit tidak langsung kena ke lapisan kulit. We need a powder. Bayi saja pake bedak, apalagi kita kan remaja. Selain itu, penggunaan bedak juga berguna agar tampilan kulit menjadi lebih flawless dan bebas kilap/kusam lebih lama.


Rule memakai bedak:
1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pergi ke sekolah, cukup memakai bedak yang ringan seperti compact powder. Kalau untuk acara penting misal mau kondangan atau ke party, bisa gunakan Two Way Cake atau Powder Foundation. Sesuaikan dengan acara deh pokoknya.
2. Jangan berbagi spons dengan orang lain. Pakai spons sendiri ya. Dan sering-seringlah dicuci agar nggak terjangkit kuman.
3. Gunakan dengan cara ditepuk-tepuk dari atas ke bawah mengikuti arah tumbuhnya rambut. Jangan digeser-geser agar bedak bisa menempel dengan sempurna di kulit.
4. Pakai bedak yang memang diformulasikan khusus untuk kulit remaja.
5. Pilih warna bedak yang sama dengan warna kulit. Jangan terlalu terang atau terlalu gelap.



Nah begitulah teman-teman, cara merawat kulit remaja. Simpel dan praktis. Perlu diketahui bahwa untuk remaja seumuran kita  belum perlu pakai produk perawatan yang macem-macem seperti krim anu inu. Cukup yang simpel aja asal mengandung pelembap dan perlindungan dari sinar UV. Kalian juga belum perlu memakai produk alis, eyeshadow, blushon, atau lipstik warna ungu. Plis ya, kita mau sekolah kan, bukan mau ikut karnaval ondel-ondel?

Lalu, sudah cantik dan sudah terawat kulitnya, jangan lupakan satu hal juga: prestasi. Remaja adalah masa di mana kita punya waktu yang banyak untuk mengukir prestasi. Ikutlah lomba, jalani hobi, kembangkan minat, ikut regu KIR, ikut olimpiade, catatkan nilai sepuluh, dsb, dsb. Why? Karena cantik itu nggak cuman soal kulit bersih cantik terlindung, tapi juga cantik dari dalam. Bakatmu bisa makin terpancar lho, kalau kita menyeimbangkan cantik dari dalam dan dari luar.

Selamat cantik dan bersinar!

Thanks to:
@sahabatmarina
@iradioJogja
@jenganten

@andhikalady

1 comment:

Ads