Follow Us @andhikalady

Saturday, April 8, 2017

[Beauty Class Events] Suatu Hari di AINO, Public Speaking, Grooming, dan Beauty Class


Beberapa waktu lalu, Jenganten diajak seorang rekan untuk mengisi acara sharing session beauty class di PT. AINO Indonesia. AINO itu semacam punya hubungan dengan kantor tempat bekerja saya dulu, sehingga banyak karyawan-karyawan di sana yang masih satu circle dengan saya.

AINO adalah perusahaan yang menjadikan teknologi sebagai tulang punggung pendapatannya. Hampir di semua aspek denyut nadi perusahaan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Pun ketika saya dan rekan baru disambut di front office, Mba Vepi langsung menawari saya “Mau minum apa?”. Mba Vepi tidak lantas menyuruh OB atau masuk lagi ke dalam untuk mengambilkan secangkir teh atau kopi melainkan mengeluarkan sebuah kartu yang kemudian ditempelkan ke vending machine yang tersedia di FO. Oh, jadi vending machine berisi minuman-minuman ini memang dipakai buat menjamu tamu, batin saya. Setelah Mba Vepi mempersilahkan saya dan rekan untuk memilih minuman, beliau melakukan beberapa aksi tekan-tempel-pencet kartu dan taraaa, minuman pesanan kami langsung keluar dari vending machine.

“Kartu ini namanya smartcard. Ada nominal uang yang tersimpan di dalamnya. Inilah produk utama perusahaan kami,” Mba Vepi menjelaskan secara singkat layaknya sudah menjelaskan hal itu ratusan kali.

Kegiatan sharing session di AINO merupakan acara rutin yang dimanfaatkan para karyawannya untuk mengembangkan diri. Acaranya bisa dalam bentuk pengajian, kelas ketrampilan, dan kali ini: beauty class & grooming. Sejauh ini, setiap ada kegiatan sharing session, selalu tersedia monitor dan kamera yang digunakan untuk streaming dengan kantor cabang Jakarta. Jadi nggak cuma karyawan dari Jogja saja yang bisa menikmati acara.


Saya kebagian untuk mengisi sesi beauty class. Dalam acara itu, saya nggak sendirian. Saya mengajak rekan saya, Mas Rangga, yang piawai dalam mentoring hal pengembangan diri, public speaking, dan grooming for men.

Wait, grooming for men?


Yeps. Rasa-rasanya kalau beauty class for ladies itu sudah jamak dilakukan, tetapi grooming for men cukup jarang dan pembicara yang ahli cukup sedikit. Kebanyakan kegiatan-kegiatan pengembangan diri lebih banyak didominasi wanita. Padahal pria pun punya hak yang sama untuk grooming as best as he can. Value ini yang akan kami angkat di beauty class & grooming di AINO (dan kemungkinan di kelas-kelas yang lain). Makannya saya beruntung punya rekan seperti Mas Rangga sehingga bisa diajak joinan seperti ini. Hehe.


Materi public speaking yang dibahas antara lain meliputi penjelasan sejarah tentang pentingnya grooming, bagaimana membawa diri di lingkungan klien, serta tips-tips apa saja yang perlu diketahui cowok agar dapat berpenampilan sebaik mungkin. Penampilan tentunya bukan hanya masalah tampilan luar saja, tetapi juga inner beauty. Iya, ini ngomongin inner beauty buat cowok juga lho.

Dari hasil kemarin, ternyata banyak juga peserta yang manggut-manggut pas dijelaskan soal cara memilih kemeja yang benar, cara menentukan paduan antara belt dan sepatu yang match untuk segala penampilan. Plus tips berhemat untuk menyempurnakan fashion cowok. Ilmu yang berguna banget nih, nggak cuma untuk cewek, tetapi untuk cowok juga.

Lalu pas sesi beauty class, rasanya nggak jauh-jauh banget dari kelas-kelas yang biasanya. Tema kali ini adalah langkah-langkah rias sederhana nan simple untuk ke kantor atau ketemu klien. Meskipun cuma ke kantor, ketemunya juga orang itu-itu aja, bukan berarti penampilan dibiarkan seadanya. Jika kita rapi dan menarik, orang pun makin betah pada kita dan self esteem kita semakin naik. Secara tidak langsung, aktifitas berdandan juga kata lain dari bentuk penghargaan pada diri sendiri.




Well, terimakasih AINO, Teh Yenni, Mba Vepy, Mba Yanti, Mas Rangga, dan seluruh yang terlibat. Seneng banget bisa ikut main-main di acara sharing session AINO kali ini. Thank you for having us, pokoknya. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan. :)


No comments:

Post a Comment