Follow Us @andhikalady

Monday, July 2, 2012

Tretinoin Diary v.0.1, Bare Face


Well, setelah keracunan sana-sini, saya memutuskan untuk melakukan perawatan kulit menggunakan Tretinoin atau Asam Retinoic Acid atau Asam Derivat Vitamin A. Apa itu Tretinoin? Tretinoin adalah zat aktif yang digunakan untuk pengobatan jerawat secara topical (non oral) generasi terakhir. Jadi dalam bahasa gaulnya, Tretinoin merupakan penemuan terbaru untuk pengobatan jerawat. Penemunya adalah seorang dokter berkebangsaan Amerika Serikat bernama Albert_Kligman Konon, meski beliau sudah berusia 90 tahun, kulitnya masih kenyal utuh dan kencang karena beliau rutin menggunakan Vitamin A temuannya untuk merawat kulit. Selain sebagai pengobatan jerawat, tretinoin juga mengklaim diri sebagai zat anti aging dan pemelihara kesehatan kulit.

Noted : Kamu dapat melihat review dan ulasan Tretinoin punya Jeng Arum di sini, dan punya Mbak Mizha di sini. Mereka adalah salah dua beauty blogger yang telah membuktikan keberhasilan penggunaan Tretinoin pada kulit mereka.

Tretinoin sendiri adalah nama zat aktif, bukan merk dagang. Merk dagangnya terdapat beberapa macam yang beredar di pasaran. Misalnya Vitacid, Nu-Face, Retin A, dan sebagainya (yang saya beli adalah merk Vitacid). Terdapat beberapa kandungan yang berbeda-beda. 0,025, 0,05 dan 0,1 %. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan pengobatan. Untuk pengobatan jerawat pemula seperti saya, cukup menggunakan yang kandungannya 0,025% saja.



Ada beberapa isu yang menyebutkan Tretinoin adalah bahan kosmetik yang dilarang. Hal ini disebabkan karena adanya efek samping penggunaan yang lazim disebut purging. Sebenarnya asal digunakan dengan benar, Tretinoin relatif dapat digunakan dengan aman dan dengan hasil bagus. Namun ada juga efek samping Tretinoin yang perlu diperhatikan yaitu Purging selama beberapa minggu awal pemakaian. Purging adalah semacam breakout kulit (keluar jerawat, kasar, kemerahan, mengelupas dsb) yang disebabkan efeknya yang bertugas membersihkan kulit sampai ke akarnya, kemudian menyembuhkan. (Tapi saya belum membuktikan isu ini, karena saya baru tiga hari memakainya, :)). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, Tretinoin merupakan jenis obat yang sangat sensitif terhadap matahari, jadi sangat dianjurkan untuk mengoleskan sunblock setiap pagi. Dan gunakan Tretinoin hanya pada malam hari.

Pada dasarnya sih, saya membutuhkan Tretinoin untuk :
  • Menghilangkan jerawat. 
  • Anti aging. Yeah, walaupun saya belum mengalami penuaan, tapi sebagai investasi, alangkah baiknya perawatan dimulai dari sekarang. Teman saya yang berusia 17 tahun, Yosin, pun sudah menggunakan Tretinoin sebagai perawatan wajahnya.
  • Merawat kulit.
  • Menghaluskan dan mengurangi minyak pada kulit.

Sebenarnya saya sedikit takut dengan isu purgingnya. Well, niat saya, saya ingin mengupdate kondisi wajah saya setiap minggu untuk mengetahui efek Tretinoin untuk kulit saya. Jadi mau kulit saya purging, jerawatan, atau bagaimana, saya tetep pede untuk memajang muka ‘dosa’ saya. Hehehe.

Well, mungkin untuk perawatan yang akan rutin saya lakukan sehari-hari adalah semacam ini :

Day :
Night :
Rutinitas makan :
  • Empat gelas air putih sehari.
  • Satu / dua gelas teh.
  • Paling nggak sehari minum susu / susu kedelai satu gelas.
Rutinitas di atas, insyaAllah akan saya usahakan untuk dilakukan setiap hari. Tapi dan tapiii, saya juga mempunyai beberapa bad habbit dan guilty pleasure yang susah untuk ditinggalkan. Karena ini ada hubungannya dengan kesehatan dan mungkin dapat mempengaruhi hasil saya memakai perawatan Tretinoin, maka saya juga menuliskannya. Ini diaa....

Bad habbit :
  • Tidur malam. >.<*.
  • Enggak pantangan makanan.
  • Jarang sarapan. >.<*
  • Kadang telat membersihkan muka. Ex : baru pulang jam 9 malem, baru bersihin muka jam segitu untuk make up yang dipakai sejak pagi.

Berikut ini adalah foto bare face saya sebelum menggunakan Tretinoin. (pssst jangan kaget melihat muka ‘penuh dosa’ saya yaa). *mengumpulkan rasa pede *naruh foto muka di blog



Benar-benar foto muka habis mandi. FYI, kulitku sangat jauh dari sempurna. Sangat berminyak, tapi juga kering di beberapa tempat, mudah jerawatan, dan ber-scar. Selain itu saya punya masalah kantung mata dan bibir hitam yang harus dikoreksi.

Tapii, walau saya punya kulit wajah yang tidak sempurna, saya tetap bersyukur memiliki wajah seperti ini. Diantara rasa syukur yang aku punya yaitu saya merasa hidung saya cukup mancung, saya tidak punya dark circle, saya punya eyelid (thx God), mata cukup proporsional, jika saya senyum dengan benar saya bisa punya lesung pipi, alis saya juga enggak rewel, dan yang paling penting my sign-beauty spot alias tahi lalat di bawah dan atas bibir saya. Hihihi.


Bonus foto saya lagi kondangan. Love the way I am. Out of Topic sedikit. :))

Oke. posting ini adalah tahap awal saya memakai Tretinoin. *berharap dapat melampaui ujian purging dengan tabah dan lapang dada. :))


38 comments:

  1. semangaaaaaat lady, pakenya jangan kebanyakan yaaa.. cukup segede biji keledai aja ^^
    sama jangan deket2 sama si bang matahari ya.. bisa bikin plurging makin parah ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada sesama Lady.. :))

      Iya aku malah tipis tipiiis banget. Ini udah mulai purging jerawatan + ngelupas.. :((

      Tapi kutahan demi hasil maksimal.. :)

      Delete
  2. lad,, ga horor ya makenya?? >_<
    Aman ga c buat kulit kering.. Itu ada anti agingnya *berasa tertarik* tapi takuuuut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok Viya. Ini jenis kandungan yang udah diteliti dan aman digunakan. Memang ada efek sampingya.. Coba dibaca punya mbak Arum sm Mbak Mizha itu. Terus di FD juga rame diomongin loh. :)

      Kalo sekarang aku masih nyoba2

      Delete
  3. iah aku juga pengen,, tp so far kulit ak aman" aja lad,, cuma kayanya pake ini lebih berasa kenyal ato lembut ga c?? temen aku juga miya nyaranin sok we pake katanya buat ngobatin keriput lo tuh.. aisssh. ahahha,, emg bisa yaa?? dark circle donk gwe lad dibawah mata. lediii minta YM muh atuuh laa,, ngobrolin ini.. ahahha.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, tergantung tujuan Jenganten mau untuk apa. Kalau kulitnya udah baik2 aja aku saranin sih mending belum perlu pake tretinoin. Ohya, tretinoin ini sebaiknya jgn dioles di lingkaran mata Jeng..

      Okay, udah aku confirm tuh.

      Delete
  4. Mau nanya nih,awam banget aq,,pa perlu yaa pake?soalnya aq jg kadng jrawatan,tp jarang jeng,udah komedo trus lg scar.trus itu pemakaian ntar klo udah da hasil bs dihentikan g?brapa lama ea pemakaiannya??maaf banyak nanya.."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮,bagusan vitacid ato nu face??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keputusan pakai atau enggak itu tergantung individunya Sist. Kalo saya, karena saya merasa muka saya butuh perawatan ya saya pakai. Kulitku gampang jerawatan dan ber scar juga. :)

      Kalau buat saya sih, wajah sehat itu bukan hanya karena krim-krim ini itu terus setelah sembuh, berhenti. Tapi juga perawatan rutin sehari2 seperti rajin dibersihkan, pake sunblock, dsb.

      Kalau untuk Tretinoin, sebulan-dua bulan udah keluar hasilnya kok. Tapi sebaiknya untuk maintain kulit pemakaian tetep diteruskan dengan frekuensi yang lebih jarang.

      Aku belum pernah pake Nu Face sist. Jadi belum bisa bandingkan. :)

      xoxo,

      Delete
  5. mau tanya dong kalo terjadi purging, pemakaian di stop apa terusin aja? tq....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo seperti yg sy tau, purging itu kan efek sementara sebelum kulit menemukan jati dirinya. Jadi lebih baik diteruskan. Tapi jika purgingnya parah sampe cukup menganggu, frekuensi lebih dijarangkan. Bantu pula dengan menggunakan pelembab yang bagus.

      Untuk lebih jelas dan pasti, mending konsul langsung ke dokter kulit saja Sist. Makasih. :). Btw,,siapa gerangan di sana, kenapa namanya Anonim?

      Delete
  6. saya dah dua bulanan pakai vitacid 0.025
    emang bener kata orang, pakai tretinoin itu cocok-cocokan, kalau efek di saya, saya ngerasa kulit saya lebih kenyal, alhamdulillah tidak purging, tapi sekali jerawatan, jerawat saya gedeee..hehe tapi kalau dioles vitacid, ndak sampai meletus ( apa pula jerawat meletus..hehe ) tapi kempesnya agak lama. apa lebih putih kulit saya? sepertinya tidak, tapi kata teman saya lebih cerah.

    teman saya yang pakai juga, tidak cocok sama sekali, meski kulit kami sama-sama berminyak, tapi dia malah tambah banyak jerawat kecil-kecil, dan jadi kusam. Saya tidak mengalami kusam.

    Sepertinya kulit muka saya jadi kebal deh, jerawat saya ndak sembuh-sembuh nih.. sepertinya mau nyoba naik level, pakai yg 0.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, selamat ya, Tretinoin berhasil di kulit kamu. Iya bener banget. Kalau pake Vitacid, jerawat baru nongol, tapi nggak sampe meletus.

      Bener banget. Skin care memang cocok-cocokan. apalagi yang obat seperti Tretinoin.

      Btw, level 0.1 itu keras banget lho untuk seluruh muka. Aku saranin sih mending pakai yang 0.05 dulu. Kemarin aku baru upgrade Vitacid 0.025 jadi 0.05, purging lagi. Tapi cuma sebentar. :)

      Delete
  7. Nama aq tina mbak,,salam kenal yaa..oh iya ni mw nanya lg nie mbak,,aduuhh bnyak pertanyaan,,
    G tau setelah pakai krim dr ol shop,tp beneran dr apotik mbk,bukan krim abal2,mukaq iya mulus putih,g jrawatan.tp Ќ☺ќ stelah g pakai aq pakai ŷa̶̲̥̅̊N̤̥̈̊G̲̣̣̣̥ laen jd kya perih gt iritasi,,klo ntr pakai tretinoit bs g yaa nyembuhin iritasinya,ni krna iritasi aq jd g pakai apa2 mbak,,paling sesekali peling+masker,trus sbun muka juga jrang,mf bnyak nanyanya mbak,"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ,mau kedokter kulit takut mahal..˚˚♥♍άKα§îîîîîĦ♥˚˚ sebelumnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tina, salam kenal juga.

      Tretinoin sebaiknya jangan dipakai ke kulit yang iritasi, itu setahu saya. Hmm, kalau untuk masalah gimana nyembuhinnya, aku sarankan mending langsung tanya ke dokter kulit sj. :D..

      Lebih baik mahal sedikit daripada kamu dapet advice yang asal-asalan dari saya yang bukan dokter. Hehehe

      Delete
  8. maaf ini saya mau nanya. nama saya dewi baru berumur 16 tahun. mba kalo seumuran saya udah bisa belum ya pake Vitacid? takut aja gitu nantinya gimana2 soalnya jerawat saya lumayan parah dan bekasnya juga-_- berarti kalo setelah pake obat gitu jerawatnya nambah berarti obatnya sedang bkerja ya? waktu itu saya pake obat dokter efeknya kyk gitu baru 2 minggu langsung sya berhentikan kirain tidak cocok._. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau umur 16 tahun belum perlu Dek, pakai Vitacid. Cukup pakai sunblock dan bedak saja. Kalau wajahnya bermasalah, hubungi dokter saja langsung. Saya nggak tau krim yang diberi doktermu itu mengandung Tretinoin apa tidak. Jadi sebaiknya kontrol lagi saja ya. :D

      Delete
  9. dan satu lagi, waktu saya pgn beli katanya harus pakai resep dokter. termasuk keras ya obatnya? saya malah disaranin pake acnol,yaudah saya beli hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Vitacid seharusnya hanya dibeli dengan resep dokter. Apotekernya benar. Mending dirimu pakai Acnol dulu. :D

      Delete
  10. iya makasih mba, tp di resep nya ini ada kandungan asam salisilat, klindamisin, dan vitacid mba nahloo_-_ huehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending dirimu konsul saja sama Dokter kulit say. Takutnya kalo kamu nyari advice dari aku, nanti salah lagi. Kan diriku bukan ahli perkulitan. :D

      Delete
  11. iya mba, makasih ya sarannya;;)

    ReplyDelete
  12. Hasilnya sekarang gimana mba abis pake vitacid? soalnya aku juga baru make ni.. lgi masa jelek2nya mukaku....
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya alhamdulillah bagus Jeng. Asal sabar di masa purgingnya. Jangan lupa sunblocknya yah. :D

      Delete
  13. kayaknya tertarik juga buat pake treti..
    nanti ke apotek akh..
    hehehehe

    sunblock nya pake apa jeng..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sunblocknya pake Wardah Jeng. Tapi pake sunblock lain juga bisa. Minimal spf 15 deh kalo menurutku. :D

      Delete
    2. alhamdulillah udah pake tiga hari...
      hahahahaha
      dan alhamdulillahnya lagi purging ku ga parah amat jeng...
      emang langsung keluar jerawat + bruntusan di area pipi deket rahang ama mengelupas di beberapa titik,,tapi karna jerawatku tipenya yg ada matanya gitu jadi matanya juga langsung keluar...
      terus tone wajah juga jadi cerah,,sekarang warnanya jadi sama ama warna kulit badan... (apa cocok kali yah..??)
      jadi ga terlalu berminyak lagi... hohohohoho
      padahal baru pake 3 hari and sebelumnya takut bruntusan...(maklum,,slama ini jarang jerawatan jadi kalo dateng jerawat satu tuh horror banget)

      tapi kayaknya kulitku jadi tipis yah..?? kmaren ga sengaja garuk muka karna gatel gitu langsung lecet.. hehehe :p
      ga berani garuk muka lagi... >,<

      Delete
  14. Kak..aku juga udah make dr awal bulan desember 2012 sampe sekarang purging nya g ilang2..:'( malah makin jelek ni muka.Emgnya efek maksimal sampe brp lama y..?apa d hentikan aj..bingung kak,pdahal udah pke parasol spf 33 sama bersihin muka pake viva greentea..Muka ku yg dlu jrwat cuma satu2 malah skrg pipi nya dipenuhin jrawat..Bner2 g' PD lagi kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya purging Jeng. Lamanya bervariasi setiap orang. Ada yang seminggu udah lalu, ada juga yang sampai bulanan.

      Kalau menurutmu itu agak mengganggu, sebaiknya konsul ke dokter saja atau dosisnya dikurangi. Soalnya saya bukan dokter dan kurang mengerti kondisi kulit kamu. :D.. Semangat.

      Delete
  15. sist.. aku mau tanya...
    aku kan awam nih.. mau coba pake tret tunggal..
    dan kemungkinan aku ga bakat jerawat..kalo pake tret..purging nya bs kluar jerawat smua gitu yah?
    duh mau coba tp takut...gmn ya sist?!
    hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada keraguan tentang treti sebaiknya langsung konsul ke Dokter kulit Jeng. Saya di sini orang awam, bukan dokter. Pertama, aku nggak tau kondisi kulit orang lain. Kedua aku juga nggak jamin apa yang bagus kupakai bagus juga dipakai orang lain. Jadi aku nggak berani ngasih saran macem2. Di sini saya cuma crita pengalaman pribadi saja memakai treti. :D

      Semangat. :D

      Delete
  16. mbaak.. mau nanya, emang boleh ya treti dicampur sm cream ato obat klinik gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak boleh. Saya bukan dokter atau ahli Farmasi. Sama sekali bukan hak saya untuk menyarankan mencampur treti dengan bahan lain. Lebih baik hubungi ahlinya saja Jeng. :)

      Delete
  17. mau tanya kalau salep ini dipakai untuk noda hitam bekas jerawat punggung apakah bisa juga? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pengobatan jerawat atau noda, seharusnya bisa Jeng. :)

      Delete
  18. Hai sistaaa.. Nice info. :D

    Oya, aku ud sebulan nih pake vitacid 0,05, nah pas ud sebulan itu muka jd kasar ky amplas gt. :(
    Tp di spot2 trtntu aja, ky di bag tulang pipi + rahang.

    Apa itu purging ya sist?
    Apa itu sel-sel kulit mati yg muncul krn purging?
    Krn dikit dm sdikit emang ilang tp ntr muncul lg.

    Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru pertama kali pakai, sebaiknya pakai yang kadar 0.025 dulu Jeng. kalau 0.05 agak keras untuk pemula. Jadi bisa bikin kulit agak kasar dan keluar jerawat.
      Purging itu kondisi kulit yang berjerawat dan kasar, kusem gitu akibat pemakaian Treti.

      Delete
  19. jeng, aku pake baru 2 mingguan
    jerawat pada kempes sih.. tp kok kulit muka jdi g rata ya:(
    jdi bnyak bercak2 putih gitu
    knp ya? kmaren ngalamin gtu jg g jeng?

    ReplyDelete