Follow Us @andhikalady

Wednesday, July 18, 2012

TWC Compare : Caring dan Pixy Acnebrite


Walapun nggak setiap saat saya memakai Two Way Cake, kadang saya tetap memerlukannya. TWC bisa jadi dewi penolong ketika saya terburu-buru dan enggak sempet berdandan lama-lama. Misal saya berada dalam situasi ditunggu gebetan mau makan bareng, dan posisinya saya baru bangun tidur di rumah. Kucel? Pasti. Berminyak? Tentu. Ya kalau makannya di burjo mah, masih bisa pergi bawa muka bantal. :3. Tapi kalau ternyata gebetan sedang baik hati mengajak ke tempat yang semua wanitanya pakai hig heel, ya apa boleh buat. Saya yang nggak terlahir dengan kulit wajah yang sempurna, tentu saja membutuhkan koreksi untuk masalah kulit saya. Minimalnya bawa muka fresh dan mulut bersih lah..

Daan, TWC adalah jawabannya. 

Ketika saya menghadapi momen –terburu-buru-muka kucel- jangankan eyeshadow, pakai foundie atau BB cream aja gak sempet. Hehehe. Cukup ambil TWC, basahi sedikit saputnya, oleskan ke muka. Wajah jadi lebih fresh dan lebih segar dibanding dengan sebelumnya. Kandungan foundation di dalamnya juga memudahkan TWC menempel ke kulit. TWC memang memiliki daya tempel yang lebih baik daripada bedak padat atau bedak tabur. Kegunaannya pun berbeda. Dulu, ketika kita mulai belajar dandan, kita memulainya dengan bedak bayi yang dioles ke muka. Berlanjut ke bedak tabur yang kandungannya ringan. Berlanjut ke bedak padat. Semakin pintar merawat diri, ketiga benda tersebut ditambah TWC pun jadi pilihan sebagai penghuni meja rias ataupun beauty pouch yang dibawa sehari-hari. Iya gak? Kalo saya sih, iya. Hehehee.

Meski bunyinya sama-sama bedak, antara bedak tabur, bedak padat dan TWC ternyata memiliki kegunaan yang berbeda. Bedak tabur itu berfungsi untuk mengeset foundation agar tetap di tempatnya, alias tidak bergeser. Hah? Benarkah foundie itu bisa bergeser? Bisa. Terlebih jika kulit kita berminyak dan luntur-able. Nah, bedak tabur inilah yang bertugas membuat foundie tidak mudah luntur. 
Kalau bedak TWC itu berfungsi untuk lapisan after-bedak tabur untuk menegaskan tampilan make-up agar lebih coverable. Tapi penggunaannya dapat juga dipakai sendiri tanpa pengaplikasian foundie / bedak tabur terlebih dahulu. Karena? Yups, karena TWC telah dilengkapi dengan kandungan foundie di dalamnya.
Sedangkan bedak padat itu fungsinya mirip dengan bedak tabur, hanya karena lebih compact, sehingga dapat dibawa kemana-mana untuk keperluan touch up.

Oke, lanjut ke TWC. Dari sekian TWC lokal #under100ribu yang pernah saya coba, saya paling suka merk Caring dan Pixy. Di sini saya akan mencoba mengcompare kedua TWC ini.

  •  Kemasan

TWC Caring dikemas dengan wadah berwarna putih konvensional. Khas TWC. Sedangkan Pixy dikemas dengan wadah yang tidak berbeda jauh ukurannya, hanya berwarna hijau. Saya lebih suka kemasan Pixy, karena lebih catchy, dan warna hijaunya pas untuk label Acnebrite yang dibawanya. Tapi untuk masalah ketahanan kemasan, saya lebih suka Caring karena lebih kuat. Saya sering sekali memiliki bedak Caring dan jarang sekali bedak tersebut pecah karena kemasan yang kurang kuat.

Keduanya diengkapi kaca dan tempat saput yang terpisah. Untuk beberapa orang yang menyukai keminimalisan, bentuk kemasan ini cukup memakan tempat. Tapi bagi saya tidak masalah selama bedak tersebut tidak pecah. Selain itu, bentuk kemasan seperti ini juga memungkinkan untuk memiliki kaca yang besar sehingga muka saya bisa kelihatan semua di kaca.
  • Daya tempel
Lagi-lagi saya lebih menyukai Pixy, karena teksturnya gampang nempel ke wajah saya. Enggak mudah cakey dan finishingnya bagus. Pada kebanyakan bedak / TWC yang pernah saya coba, beberapa di antaranya menimbulkan efek "bedakan: banget. Tapi hal ini tidak berlaku untuk Pixy. Setiap kali saya memakai, tidak terlihat muka saya habis bedakan. Meskipun saya memakainya sendiri, tanpa lapisan apapun sebelumnya.

Sedangkan untuk Caring, saya kurang suka hasil finishingnya yang cukup cakey jika saya gunakan sendirian. Muka saya jadi terlihat menggumpal, kecuali sebelumnya saya sudah memakai BB cream. Jadi, saya sarankan jika ingin menggunakan Caring, jangan lupakan BB cream / foundie sebelumnya, karena hasilnya kurang bagus.


Pixy
  • Coverage
Salah satu kebutuhan untuk memakai TWC adalah kemampuannya untuk menutup noda. Untuk saya, saya lebih suka coverage Pixy. Teksturnya langsung menyatu dengan kulit, dan mau diajak berkompromi dengan bekas-bekas jerawat saya. Hehehee. Untuk Caring, lagi-lagi dia membutuhkan BB cream atau foundie untuk menghasilkan coverage yang maksimal.
  • Stay Power
Menurut saya, kedua TWC stay power minyaknya standar ya. Dengan asumsi pemakaian sendiri, keduanya tidak power banget, tapi juga cukup mampu menahan minyak untuk sekitar dua jam. Jika ingin yang stay powernya bagus, dahului dengan pelembab dan foundie yang memiliki stay power bagus juga. Sementara untuk penggunaan sendiri, kalau ingin yang stay powernya lumayan, pakai Pixy jenis Ultimate atau Caring jenis Everlast.  Kabarnya kedua TWC ini memilki ketahanan minyak yang bagus.

Caring.
  •  Saput
Kiri Pixy. Kanan Caring. Sudah tidak seperti aslinya. >.<*
Saya lebih menyukai saput Caring yang lebih lembut. Bentuknya juga lebih lebar dan mudah dipakai sekali - dua kali usap (yah, ketahuan malesnya). Tapi, sesuai standarnya TWC pasaran yang jarang memiliki saput bagus, ada baiknya membeli saput baru yang lebih bagus dan awet. Apalagi kadang saput itu saya basahi dulu untuk membuat coverage yang lebih mantep. Tapi lebih bagus lagi jika kita mengganti saput secara kontinyu. Terlebih jika kita menggunakan bedak yang dishare dengan orang lain. >.<*
  • Hubungan dengan alergi / skin care
Kedua TWC ini mengklaim tidak membuat kulit breakout. Dan buat saya juga itu. Manurut saya, jika kulit rajin dibersihkan, kulit akan aman dari breakout. Tapi saya pribadi lebih memilih Pixy, karena memiliki kandungan yang ramah dengan kulit berjerawat. (namanya aja Acnebrite). :).

But, meski mengklaim tidak mengakibatkan breakout, buat saya yang namanya TWC tetap saja menutup pori-pori. Jadi teteuup, jangan skip pembersihan wajah setelah selesai beraktifitas.


Nb : Kalimat terakhir saya buat untuk menasihati saya sendiri. #sekian.


:))

Pixy Acnebrite : Rp 35.000,00
Caring : Rp 30.000,00 

14 comments:

  1. Jadi penasaran nih mau coba twc Pixy kayanya oke untuk kulit berminyak nan gorengan. ahhahaa
    Lady cobain caring everlast deh, twc yg tipe itu lebih bagus untuk kulit berminyak, ak pakai itu udah hampir 6 tahun. cobain deh. hhohooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba aja deh, :)

      Aku pernah pake Caring Everlast. Udah abis. Memang lebih bagus daripada varian yang ini. Waoow, setia banget pake Caring. :)

      Delete
  2. nice review sis,ada refilnya gak itu tapinya sis??^_^

    kalo berkenan berkunjung ke blog aku ya di

    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada semua kok, refilnyaa. :)

      Pixy iya, Caring iya. :)

      Oke, aku kunjung balik yaa. :3

      Delete
  3. aku ga cocok sama TWC nya CC (kecuali yg varian everlast). Tapi sejak pake TWC nya Pixy dan hasilnya bagus di mukaku, aku jadi ngga ganti2 TWC lagi, Jenganten.. *tapi loose powder ganti2* *teteup* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Jeng. Samaa, aku pernah pake Everlast cocok, tp pake ini biasa aja..

      Hehe, aku juga keracunan pixy dari kamu dan jeng Arum. Hihi. :p

      Delete
    2. walahhh.... aku keracunan pixy acnebrite dari Momon o.o

      Delete
    3. tukang racun semua ihhhh ~~~~~~ *kabur*

      Delete
    4. Wah, berati aku dapet warisan racun dari kalian-kalian ini yhaa?..

      :))

      Delete
    5. kapan ya aku dapet warisan preloved? hihihi *ngarep* *OOT*

      Delete
  4. hi, mbak, mau nanya... :)
    ini caring yg extra protection ya mbak?
    lagi bingung cari twc yang cocok. Aku pake caring yg extra protection ini, ga ada masalah sih di kulit, tapi warna caring extra protection ini gelap-gelap buat saya...pake yang nomer 1 itu saya kayak nggak pake bedak...bingung ini sebenarnya bedaknya nempel apa nggak...
    niat pengen ganti twc wardah soalnya saya cocok sama bedak taburnya yang nomer satu...
    Menurut mbak, twc wardah bagus nggak mbak dibanding caring ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. itu Caring EP. Kalau shadenya kurang cocok, bisa cari shade yang lain Jeng. Kan banyak tuh keluaran Caring.

      Lho, bukannya kalau bedakan tapi hasilnya kaya nggak pakai bedak itu bagus ya? Itu artinya warna bedaknya cocok sama kulit, bisa nyatu gitu. Bedakan kan bukan buat mutihin kulit, tapi bikin warna kulit jadi rata. :D

      Saya belum pernah pakai TWC Wardah jadi belum bisa membedakan Jeng. :)

      Delete