Follow Us @andhikalady

Monday, July 30, 2012

Loose Powder Compare : Wardah vs Caring

Sebelum saya memposting ini, saya baru saja menulis empat judul. Baca : EMPAT judul tulisan buat kedua anak-anak saya alias kedua blog saya. Tak apalah, kejar setoran berhubung Bang Toyib tiga kali lebaran gak pulang-pulang. Loh, apa hubungannya? Heuheuheu.

Baiklah, masih dalam acara kompor-mengompor, eh, compare-mengcompare. Kali ini saya akan membandingkan dua buah produk bedak tabur lokal sejujur mungkin. Kenapa sejujur mungkin? Ya karena ini blog-blog saya. Mau saya jujur kek, mau saya bohong kek, mau saya ngegombal kek, suka-suka saya. Wong ini blog-blog saya kok. :)) --> kata-kata ini saya contek dari Jeng Arum.

Dua bedak tabur itu adalah Caring Microfine Loose Powder dan Wardah Luminous Loose Powder.

Kiri : Caring, kanan : Wardah

Bedak Caring ini kemasannya kecil, karena saya dapat dari bonusan waktu saya beli BB Cream Everlast pada haul bagian ini. Aselinya kemasan bedak ini lebih besar dari di gambar. Ukurannya kurang lebih mirip sama Wardah kok. Bedak ini sudah beberapa bulan saya pakai, jadi kalau keliatan agak bulky dan tulisan kemasannya ilang, mohon dimaklumi sadja yah. Heuheu. Sementara bedak Wardah tersebut saya dapat waktu Wardah ngasih beauty class gratis di UGM beberapa bulan sebelum saya mulai ngeblog tentang beauty. Jadi berhubung waktunya sudah lama beud, dan produk giftnya udah pada mau habis dan bulky-bulky, jadinya urung saya ceritakan di blog ini.

Marii, lanjut reviewnya.

  • Kemasan
Keduanya sama-sama terbuat dari plastik. Tapi saya merasa kemasan Caring lebih elegan karena kemasannya transparan. Selain itu, akses silver pada bagian pinggir tutup juga menambah kesan mahal. Sementara Wardah hanya terbuat dari kemasan sederhana dengan tutup berwarna hijau khas brand Wardah. Menurut saya ini kalah mewah jika disetarakan dengan Caring. Jika kedua produk ini disandingkan, saya pasti lebih tertarik dan akan mencoba Caring terlebih dahulu.
Why saya bahas kemasan? (bukan Kamasean lho ya). Kenapa setiap saya mereview produk, selalu saya masukkan unsur penilaian kemasan? Jawabnya simple, karena saya ini orangnya moody dan dalam beberapa hal saya menganggap something must be judge by its cover. Jadi kalau covernya menarik, mungkin banget bisa bikin orang jatuh cinta.

  • Ergonomis
Mari kita lihat dalamnya.

Keliatan banget *rongsok nya ya? Yew, namanya aja udah lama dipake. :p
Keduanya memiliki perantara berlubang antara tutup utama dengan tempat bedak. Metode yang bagus untuk mencegah bedak berceceran. Saya masih inget jaman kemasan bedak tabur Ibu saya masih bersekat plastik yang harus disobek untuk mendapatkan bedaknya dengan resiko berceceran massal. Heuheu. Saya pribadi tidak melihat adanya perbedaan signifikan dari kedua produk ini.

  • Tekstur
Lanjut ke bagian tekstur.

Wardah

Caring
Abaikan shadenya (karena shade Wardah lebih terang. Ya abis bagaimana, itu sudah masuk dalam goodie bad. Jadi bisanya cuma terima nasip. Hehe). Jadi saya di sini akan mebahas teskturnya. Tekstur Wardah lebih powdery dan mudah dicecerkan ke saput. Sementara Caring lebih padat dan mengandung lebih banyak kelembaban. Artinya, jika dinalar, maka Wardah lebih baik dalam hal menyerap minyak, tapi tidak menempel sebaik Caring. Untuk tekstur, saya merasa Wardah ada kemiripan dengan bedak Marcks. Sama-sama powdery, sama-sama bagus untuk mengeset foundie dan bagus untuk menyerap kelebihan minyak.
Caring memiliki tekstur yang lebih padat dan lembab sehingga lebih mudah nempel ke kulit. Secara umum, saya lebih suka tekstur Caring. Selain lebih mudah nempel ke kulit, juga cukup mampu mengcover kulit dari ketidaksempurnaan.

  • Saput
 
 
Saya lumayan bersyukur mendapat bentuk saput seperti di atas. Alias sudah tidak seperti jaman saput tebalnya cuman 5mm dan sekali dua kali pakai langsung jebol dan buang. Heuheu. Akan tetapi, saput Caring lebih tebal dan lebih nyaman dipakai daripada wardah. Selain itu, jika dinilai dari kekuatan dan ketahan-lamaan, jelas sekali Caring juara. Walaupun hampir mirip, tapi sudah bisa dilihat kalau saput Wardah sudah mulai rusak setelah beberapa bulan pemakaian.
  • Pengaplikasian
Dalam postingan ini, saya menyertakan foto kulit saya menggunakan bedak Wardah. Tapi sepertinya tidak akan membantu banyak dalam review. Karenaa, foto tersebut saya ambil pada waktu malam hari. Pun dengan kamera hape yang kualitasnya soso. Hehe.

BB Cream Everlast Caring + Wardah loose powder

Kesan saya menggunakan Wardah adalah minyak gampang keserap. Mirip dengan bedak Marcks. Cocok banget untuk touchup saat muka berminyak. Tapi untuk coverage yang lumayan, gampang nempel, memiliki kelembaban yang bagus, saya lebih suka memakai Caring. Ohya, bonus kemasan yang oke dan terkesan "mahal". :)
  • Tips 
Bedak tabur sesungguhnya diciptakan untuk mengeset foundation/BB cream supaya tetap stay di kulit wajah dengan tahan lama. Jadi, untuk menciptakan tampilan make-up yang tahan lama dengan foundation/BB cream, pertama-tama gunakan pelembab favorit, baru kemudian aplikasikan foundation/BB cream dengan benar (ditepuk-tepuk jika menggunakan tangan, atau gunakan kuas khusus foundation). Supaya tidak mudah menggumpal, pastikan pelembabnya sudah kering lebih dulu baru dioles foundation/BB cream. 
 
Saya juga punya tips pribadi supaya foundie tidak menggumpal, yaitu lakukan pengolesan tipis-tipis dahulu dan lakukan per bagian. Jadi jangan langsung ambil foundie terus di tempel pipi kiri, kanan, kening, hidung, dagu baru dioles satu per satu. Jangaan. Big no no. Karena apa? Karena kalau kita seperti itu dan yang pertama kali kita oles bagian kening (misalnya), bagian yang terakhir kita oles udah keburu kering. Jadinya menggumpal. #pengalaman. Lebih baik mengoles per bagian seperti kening-baurkan, pipi-baurkan, hidung-baurkan, dst. Hasil tidak menggumpal dan foundie yang kita gunakan lebih higienis karena langsung dioleskan ke kulit. Gak perlu nunggu lama-lamaaa.

Setelah itu, baru diset dengan loose powder. Cukup ditepuk-tepuk tipis nggak perlu tebal-tebal. Karena kalau tebalpun, hanya lapisan pertama yang bersentuhan dengan foundation yang akan bertahan. Sisanya cuma jadi butiran debu. #eh. 
 
Jika perlu coverage lebih kaya muka saya yang butuh banyak koreksi, gunakan Two way cake/compact powder setelahnya. CP/TWC memiliki daya tempel yang lebih baik dari loose powder.
Setelah puas berfoundie dan berbedak, baru lanjutkan dengan makeup mata, pipi dan lain-lain. :)
 
Note : tips di atas saya dapat dari Jeng Arum dan Jeng Puput.
  • Harga
Wardah Luminous Powder : Sekitar Rp 27.000,00
Caring Microfine Loose Powder : Sekitar Rp 40.000,00 (yang ukuran premium)
 
 
 

37 comments:

  1. wah pas banget mbak, aku lagi nyari-nyari riviu tentang loose powder nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caring recomended Jeng. Daripada Wardah. Aku bilang mending beli Marcks daripada mahal2 beli Wardah. Hampir mirip kualitasnya.
      Tapi kata Yosin Inez punya loose powder yang lebih bagus dan coverable. Tapi aku belum coba. :).

      Delete
    2. Marcks tu yg koneng guede itu ya wadahnya ses? tapi aku pengen nyoba Caring >'<

      Delete
    3. Maksudku, daripada beli wardah mahal2, mending beli Marcks aja. KUalitas hampir sama kok.

      Hayuk dicoba Ses Caringnya. *racun...

      Delete
  2. kalo aku suka wardah mbak, cucok di mukaku, cocok sama shadenya yg light beige, trus wanginya gak bikin pingsan *lebay haha
    tapi emg sih kemasannya fragile, terutama tutupnya. punyaku kan udah lama, tutupnya gompel gompel mbak, mreteli pinggiran tutupnya, jadi malu kalo di bawa2 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehee. Wardah buat aku bagus di nyerap minyaknya say. Tapi kalo mau nyari yang coverage dan nempel di kulit, mending Caring..
      Iya Jenganten, kemasannya minta di elus dan gak minta dibanting. Heuheuheu. :))

      Delete
  3. pernah nyobain wardah, ampun dah bau nya ajaib banget. mana hasil akhirnya matte lagi, setuju banget kalo ni bedak mirip banget sama marcks'. cuma si marcks' ini sedikit lebih kasar *suka nggampar, nendang, nabok* *krik* *OOT*
    juara cc sih menurutku yg lama kelamaan bikin muka dewy.. hikhik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bau sih masalah personal ya ses. Heuheu. Kemarin pas ujicoba aku lagi agak2 pilek jadinya gak bisa bedain bau. Wkwk.

      Bener banget. kualitas sebelas duabelas sama Marcks.

      Tep Caring lebih juara. :)

      Delete
    2. baunya ajaib gmn mbak?
      lah aku malah suka waanginya LOL :D

      Delete
  4. Akuh ada kenangan buruk sama l/p wardah, jeung. Jaman kuliah pernah pake wardah, terus putus deh sama pacar :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga. Itu bedak Caringnya dibeliin sm mantan. Terus putus. *kok malah curhat*..

      Delete
  5. ooooh, saya suka sangat baca postingan2nya jenganten2 dari jogja ini... bahasanya spektakuler, banyak kata `ajaib`...hihihi...pasti ketawa-ketawa sendiri, itu bedak wardah aku juga suka loh.. jadi penasaran sama caring.. tapi harganya 40rb... mahal buat ukuran bedak tabur.... *medit*.... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ajaib gimana mbak? Syukurdeh kalo bisa bikin ketawa orang. Kan lumayan, dapet pahala. Bulan Ramadhan pula. Heuheu..

      Iyasih mbak. Lumayan mahal. Tapi kualitasnya beneran bagus emang sih. :)

      Delete
  6. Wah bagus postingnya, Jeng^^ komplit special pakai telor... eh maksudny lengkap pake detail gambar2 kemasan n review puffnya juga.
    Aq pakai loose powder wardah yg no.2 yg buat pink undertone itu. Dah hampir setengah tahun pakai isinya masih setengah (masih banyak, kayaknya bisa buat setahun nich).
    Kulit aq berminyak kombinasi n cukup ketolong pakai wardah lp, juga bikin set make up jadi tahan lama n ngga bikin komedoan. Sebelumnya aq pernah pakai bedak marcks tapi oil controlnya ngga senampol wardah di aq, juga covernya lebih cover si wardah ini ketimbang marcks.
    Aq belom pernah coba caring loose powder si, secara dia lebih mahal he he... (selama ini ogah beli lp mahal)
    aq mungkin bakal coba2 colek2 lp di konternya caring dulu he he :)
    thanx udah sharing.
    Btw Aq follow blogmu, Jeng, kiranya berminat buat follow balik :)
    http://baladapenulisamatir.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, Penulis Profesional. :))

      Makasih ya. eh tapi aku ga jual telor loh. Hehe. Iya Jenganten, biar semua indera ngerasain. Mata, hidung, perabaan, perasaan, jadinya saya yang #selo ini tak lengkap2in ake gambar segala macem. #tsaaah

      Jadi cocok nih pake Wardah? Kalo begitu cobalah Caring. Hehehe. Iya sih, lebih mahal tapi setara sm kualitas dan kemasannya juga oke dan elegan kok..

      Okay, followback... :))

      Delete
    2. aha ha... amin mudah2an suatu saat bisa beneran jadi penulis profesional :D
      oh ya, lupa ngasi tau nama aq Deasy, salam kenal^^

      Saya termasuk lp mania dari dulu, Jeng, saya jarang pakai bedak padat kecuali kalo ke acara resmi. kayaknya si caring patut dicoba, kemasannya lebih cute dibanding wardah he he... (suka kalap liat kemasan kosmetik)
      masukin dah ke daftar blanjaan bln depan (padahal daftarny udah panjang)
      makasih udah difolback^^

      Delete
    3. Oh hai, Deasy..
      Yups. sama. ku juga kepingin jadi penulis profesional. Heuheu...

      Asik-asiik. berhasil meracuni. Wkwkwk

      Delete
  7. wahh, kalo urusan l/p ini setuju jeng sama dirimu.
    Aku juga sekarang pakenya l/p nya CC, gara2 teracuni sama Jeng Arum --"
    tapi ga nyesel kok . hehehe
    Oh iya, btw aku masih newbie dalam hal perblog-an *halah
    udah tak follow jeng, follback kalo bisa yaa :)
    primasagustina.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohohoho, sama dong. Aku juga keracuni sama Jeng Arum.
      emang bagus kok l/p nya CC.

      Ayo, makin semangat ngeblog ya? Aku juga masih newbie. Ok. Aku follow. :)

      Delete
  8. aku itu banyak teracun sama mbak lady, entah kenapa kemarin tentang bb creamnya aring yang emang siy harganya lumayan mahal tapi hasilnya itu suka banget matte di kulit aku yang jerawatnya ada di sana-sini, buat loose powdernya aku pake la tulipe acne series sebenernya ini juga proses menghabiskan hehehe
    Dan setelah baca review ini jadi kepincut nyobain caring huahua thanks ya mbak lady yang cantik yang suka warna ungu uuu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahehe. Itulah akibatnya kalo ngintipin blog aku. Kalo ga keracunan dan kedanan sama saya yang cantik. Heuheu..

      Syip. berhasil mengajak satu orang make BBC Caring. Emang bagus sih, tuh produk. Aku udah dua kali repurchase.

      Makasih juga Anin yang cantik. :)

      Delete
  9. mbak gara2 ripiuwnya jadi pgen BBC Caring sama loose powdernya deh ><
    Makasi tipsnya yaaa..
    Salam kenal..

    wanna follow each other?
    littlecupcak.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Anitaa.
      Hehe. iya. abisnya aku beneran suka sama CC (BBC sm LP)

      salam kenal juga

      oke. aku kunjung balik ya

      Delete
  10. emm ikutan nimbrung ye...sist,ri dulu q jg pgen makek caring tp g ksampaian masih bngung sist,,,,n sekrang q ge mkek wardah...tpi stelah bc blong jeng2 ne kok q tmbah yakin kpgen makek caring..thanks ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan nimbrung sist Farah. Alhamdulillah kalo bisa membantu. :D...

      Salam, Lady

      Delete
  11. mb , aku mau minta solusi nih .
    kulitku berminyak bgt , kalo buat dibawa kemana2 supaya bisa touch up gtu :P bagusan bwa compact powder apa twc ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk touch up, sebaiknya pakai yang compact karena formulanya lebih ringan dibanding twc. Bayangkan, muka udah ditimpa foundie, masih ditimpa foundie lagi. :D

      Delete
  12. Hellow sist. aq nanya ahak nuinpang dikit boleh yah ;-) mau tanya review ttg bedak padat maybeline gmn dong heheh :-D

    ReplyDelete
  13. Hellow sist. aq nanya ahak nuinpang dikit boleh yah ;-) mau tanya review ttg bedak padat maybeline gmn dong heheh :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellow juga jeng Indah.

      Aku belum pernah coba bedak padat Maybelline Jeng. Tapi coba kunjungi blog mba Arum yang ngreview bedak padat yang kamu maksud itu di sini >> http://racuncelle.blogspot.com/2012/05/compact-powder-garnier-light-visible.html

      Delete
    2. seruuu ini. saya coba pake marcks--agak kasar bedaknya. jadi harus pelan pelan tempel tempelnya. kalo ndak, wajahku perih. soalnya kulitnya tipis n sensitif. ada rekomendasi? haturnuhun

      Delete
    3. Ohya? Kalau di kulit aku bedak Marck malah yang paling bikin nggak alergi Jeng. Hihi..

      Delete
  14. Wah, baca postingannya jd kepengen ikut nimbrung...walaupun telah #whhwhwhee
    Ada solusi ga, kulit aku kan berminyak ada bekas" jer*w*t nya jug hahaha bagusnya kira" caring bisa jd solusinya gak.
    Aku bru pengen ngcoba beli wardah...
    Tp msh bgung bedak mana yg cocok. :D tinkyuu... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menutup bekas jerawat nggak cukup pakai bedak Jeng. Harus pakai foundie atau concealer, baru pakai bedak.. :)

      Delete
  15. Aq dah pake caring lama. Bagus bgt loose powderny. Trus di tambah yg compact natural glow no 3. Sip, gak mau ganti

    ReplyDelete
  16. Jerawatan boleh pake bbc ya mb? Gk bikin makin parah ya?

    ReplyDelete