Follow Us @andhikalady

Friday, July 6, 2012

Tretinoin Diary v. 0.2, I am Purging bytheway >.<*


Postingan ini adalah lanjutan dari bagian sebelumnya di Tretinoin Diary v 0.1. 

 
 
Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, saya akan update penampakan kulit wajah saya selama pemakaian tretinoin. Detail mungkin seperti ini :

3 hari pertama :

Tidak ada masalah berarti. Saya menggunakan tretinoin setiap malam dengan dosis yang tipiiiis banget di kulit. Cuma seukuran biji kedelai dan langsung diratakan seluruh wajah.

Hari ke 4 sampai 1 minggu :

Efek purging sudah mulai terasa. Kulit saya keluar jerawatnya semua. Merah-merah dan sangat enggak nyaman. Kata temen kos saya pun jerawat merahnya makin keliatan. Lihat aja gambar kondisi kulit saya dalam masa purging jerawat ini :

Warning, Jangan kaget ya, Ladies... >.<*


1. Pipi kiri, 2. Pipi kanan, 3. Dahi. Yes, cuma dahi saya yang lebar aja yang bebas dari purging.

Hari ke 7 sampai sekarang (sudah sekitar 10 hari) :

Jerawat saya sudah mulai hilang. Kemerahan sudah menghilang juga. Tapi masih ada satu masalah lagi, yaitu kulit saya mengelupas pada bagian yang seharusnya tidak mengelupas. (biasanya yang suka mengelupas itu daerah cuping hidung, bawah bibir, tepi bibir). Nah, ini yang mengelupas malah ujung hidung dan pipi.
Ohya, efek positif lain yang saya rasakan adalah saya merasa produksi minyak kulit saya makin sedikit lho, Ladies. Jadi benar juga kalau tretinoin membuat kulit less oily.

Adapun antisipasi untuk melalui efek purging ini saya tidak lupa mengoles sunblock dan untuk keperluan tertentu, saya mengoleskan BB cream lebih effort. Seperti di FOTD batik di sini, saya sedang dalam masa purging loh. Dengan sedikit pengolesan BB cream dan bedak, berhasil deh, nutup jerawat dan kemerahan di pipi. Hihi. 

Hasil saya nutupin purging :


Memang pada beberapa sumber, efek pemakaian tretinoin adalah purging, yaitu kondisi kulit breakout sebelum terjadi penyembuhan yang seharusnya. Sesuai dengan cara kerja tretinoin yang bertugas mengganti lapisan kulit dengan lapisan baru, sehingga lapisan lama dikikis terlebih dahulu. Purging dapat berupa keluarnya jerawat, kulit mengelupas dan kemerahan. Dan saya benar-benar mengalaminya. >.<*

Tapi untuk melanjutkan bagaimana efek tretinoin pada kulit, saya akan tetap memakainya sampai beberapa minggu ke depan dan memosting perkembangannya di blog kesayangan ini. :)

8 comments:

  1. sebaiknya jangan sering2 pake kosmetik ladyyyy ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak lah Jeng, aku pakai lenong gituan kalo untuk acara penting aja. Ky kemarin nonton fashow (yak masa bawa muka jerawatan ke sana).. XD

      Kalo sehari2 aku cuma pelembab+sunblock+bedak tipis aja..

      :))

      Delete
  2. bbc dan bedaknya pake apa jenganten??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai BBC Caring Jengateen.. Bedaknya pake pixy sih. Tapi jarang aku pake. Biasanya cuma pake sunblock+BBC aja sehari2.

      Delete
  3. Kalo jd kering ngelupas banget, diseling2 aja jenganten. Sehari pakai tret, sehari pake night cream (cari yg gag mengandung acid, sulfur, alkohol berlebihan, fragance berlebihan, pemutih, dan bahan penyebab iritasi lain). :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih advicenya Jenganteen. IYa, aku pake tuh, roll on madunya buat reduce efek ngelupas2.. Lumayan membantu loh.. Hihi

      Delete
  4. semangat buat terapi tretinoin nya ya,,
    aku jg pngen nyoba nih... tapi masih takut sama efek purgingnya,, hohoho,,,
    ditunggu reviewnya lagi ..
    :)
    cemungudh kakak,,, ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangan!..

      Hmm, beberapa hari ini aku lg ga pake say. soalnya aku ada acara yang harus berpanas2an jadinya aku tunda dulu sementara.

      sip ditunggu ya. :)

      Delete