Thursday, October 18, 2012

Random : Tomat Cacah



Jadi begindang. Harusnya saya posting ini di blog sebelah saya di Sayap-sayap Mimpi. Tapi mendadak saya ingin banyak Jenganten-jenganten tau info ini. 

Saya sangat paham sekali bahwa buah tomat adalah buah yang gizi dan vitaminnya luar biasa. Tau Lycopene? Itu lho, bahan aktif yang digembar-gemborkan sebuah produk pemutih local untuk media promosi. #eh, iya bukan ya? Jadi pada suatu waktu, saya membaca artikel yang isinya Lycopene itu tidak dapat bekerja dengan baik untuk tubuh (kulit) jika dipakai terpisah dilepaskan dari inangnya. Siapa inangnya? Usut punya usut, tersangka utama pemilik kandungan Lycopene terbesar adalah buah TOMAT! Disebutkan pula bahwa Lycopene bertanggungjawab pada warna merah pada tomat. Tomat segar saja bisa berwarna merah segar kinyis-kinyis gitu, gimana jadinya kalau kulit kita juga begitu?

Hehehe, tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Intinya, buah Tomat itu bener-bener bagus untuk kulit. Oleh karena itu, saya melatih diri untuk suka dengan tomat dan berusaha memakan tomat setiap ada kesempatan.

Saya memulainya dengan membeli jus tomat. Awalnya rasanya segar begitu. Tapi lama-lama saya juga nggak tahan dengan aromanya. Tau sendiri lah, buah Tomat kan tidak manis. *Saya suka yang manis-manis*, #eh. Akhirnya saya berhenti meminum jus tomat.

Kemudian saya tertarik dengan tomat cherry. Bentuknya seperti tomat pada umumnya dengan ukuran yang kecil-kecil sebesar anggur. Rasanya empuk dan gurih. Kadar airnya lebih sedikit. Dimakan tanpa gulapun rasanya enak lho. Sayangnya harga tomat cherry lebih mahal dari tomat biasa. Sekitar tiga kali lipat tomat besar. Pun cuma dapat ditemui di toko-toko besar.

Tomat Cherry.
Yang ketiga adalah tomat punch! Ini yang paling favorit untuk saya. Awalnya saya mendapat resep ini dari petugas kantin di kantor saya. Jadi caranya begini, tomat diiris, disiram dengan air gula, tambahkan es, siap disajikan. Saya hampir memesannya setiap hari. Rasanya enak, tidak enek seperti jus tomat, dan harganya juga tidak mahal. Sesuaikan saja dengan tipe buah tomat yang kamu suka. Nah, saya juga ada modifikasi resep serupa nih. Caranya begini :

Bahan :

  1. Tomat
  2. Buah-buahan lain (misal stroberi, mangga, bengkoang, dsb)
  3. Madu
  4. Air hangat
  5. Es batu

Caranya :

  1. Iris buah-buahan kecil-kecil, masukkan di gelas.
  2. Campur madu dengan air panas, siramkan ke irisan buah (madu lebih baik dari gula. Jangan pakai sirup, dia sudah memiliki bejibun bahan pengawet.)
  3. Beri es batu.
  4. Dimakan.


Hasilnya.
Believe me, rasanya enak! Gurih manis campuran tomat dan madu. Kadang ada pula rasa kurma kita temukan dalam paduan tomat dan madu. Hehehe. Alhasil, kita bisa tetap mengkonsumsi Lycopene, #eh, tomat tanpa merasa mual atau terpaksa.

Entah ini cuma terjadi sama saya saja atau yang lain juga. Tapi Saya merasa kulit saya makin kenyal dan lembut setelah rutin mengkonsumsi tomat ini. Sekali lagi ya, saya cuma merasa. Saya lupa untuk memotret kulit ketika belum rutin makan tomat dan setelah.

Anyway, saya punya penyair favorit, dia mendeklarasikan dirinya sebagai Tomat. Namanya huruf kecil. Kata-kata indahnya bisa dicek di http://aanmansyur.tumblr.com/.

25 comments:

  1. wahhhh,nice info jeng,jadi kepengen coba.^^

    pinky-boo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Wah aku juga suka tomat, tapi di jus gak pake gula campur wortel jugaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo tomat biasa ga pake gula, ga pake es udah mual-mual akuuh. Hahaha. Makannya aku modifikasi. :D

      Delete
  3. wahh, Lady aku juga suka mengiris tomat terus taburin gula deh. Masukkan ke kulkas sebentar, keluarkan dan siap santap.
    Ada temanku yang ga suka makan jus tomat krn baunya akhirnya sekarang dia makan tomat yang ditaburin gula.
    lebih ringkes ga repot dan hasilnya sama -sama bagus.
    Tips yang bagus Lady :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu juga pernah suka pake gula gitu. Enak. Tapi baiknya sih jangan kebanyakan konsumsi gula. Hehe..

      Yang penting tuh tomat bisa masuk badan deh Jeng Kindii. Huehehee

      Delete
  4. aku suka makan tomat seger.. pake saos tomat #eh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. *brb cari mie ayam yang enak, yang ada saos tomatnya*

      Delete
  5. Aku suka minum jus tomat.. Biar aroma tomatnya ilang sering aku mix sama jeruk peres. Rasanya rasa jadi lebih enak soalnya aroma tomat berganti sama aroma jeruk yang seger. Khasiatnya juga jadi dobel hehee.. Kadang juga tomat aku mix sama strawberry dan lemon atau tomat, wortel dan Jeruk atau tomat, wortel, strawberry dan lemon. Woooowww Jus Super itu !! Hahaha.. enak, Coba deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, benerkah? Biasanya kalo aku campur2, tetep aroma tomatnya yang menang. Buahan lain kalah. Tapi wortell, oh tidaaaaak, aku gak suka wortel yang masih utuh, sukanya kalo udah disayur. Hehehee..

      Besok deh, yang jeruk lemon belum aku coba. :D

      Delete
  6. iyaa aku juga doyan diginiin,resep emak dr jaman bocah..hehe tapi pake gula n air anget,srutup2 enaaak
    keinget lagi jadi pengen bikin deh, gula ganti madu ya, okay laksanakan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh, udah dilatih suka tomat dari kecil sama Emak ya? Bagus tuh. Hehehe.. Benerr, enak Jeng..
      Iya ganti madu aja. Lebih enak+sehat..

      Delete
  7. nice inpoh. :)ksasar kesini nih. ^^ slam kenal mba' lady.
    ini bagus jg buat diet gak yah? kbtulan bdanku rada bengkak. heheh... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga..

      Buat diet ya? Saya sih belum pernah diet. Eh, tapi, mau diet ataupun ga diet tetep harus makan buah kan ya? Hehehe..

      Delete
    2. hahaha... ya sih. :D tomat kalo djus bau nya gak enak, tpi klo dbkin sambel kok enak yha mba'? bau nya hilang kmna kah? ahahahaha... :D

      Delete
    3. Aduh kamu tanggungjawab udah bikin aku laper pagi2!!!!

      Mungkin aromanya ketutup sama cabe, terasi, bawang, ikan asin... #ngecessss...

      Delete
    4. heheheh... aq malah suka banget maem tomat mentah mba'. dcuci trus dpotong, langsung makan deh. apa lagi kalo pas dcampur sama sop. hmmm...
      Dulu aku pernah salah beli tomat wktu pengen ngjuz, hasilnya kok bau banget jadi pengen *huek*. eh kata ibu harusnya aku beli tomat buah bukan tomat sayur. (waduh... ini tomat sbenernya buah apa sayur sih kok misterius?).
      Penasaran langsung meluncur ke pasar. tanya sma penjualnya, ternyata tomat memang ad 2 macem. cm yg aq beli wktu it lebih gede dri tomat biasa mba'. gak ada baunya sama sekali, cm aroma seger gtu,plus manis lagi. dimakan langsung pun enak. klo tomat cherry aku belum pernah ngeliat. maklum tinggalnya di daerah pelosok. :D
      Wortel juga gtu, ada yg sayur ada yg buah. nah, yg katanya buah ini rasanya manis...seger. enak jg dmaem mentah. aku udah pernah bandingkan dngan wortel biasa. :)

      Delete
    5. Aku paling suka tuh dicampur sama sop. Bikin aroma sopnya seger2 gimanaa, gitu.

      Iya mba Sifa, ada tomat sayur ada tomat buah. Yang sayur warnanya kuning hijau gitu. Terus yang buah warnanya merah merona.
      Cobain deh, tomat Cherry. Empuk, enak, manis.

      Kalau wortel aku malah belum nemu cara makan yang pas selain disop. Hehe. DIjus, dimakan langsung masih enek sama bau wortel. :D

      Delete
    6. gak ketemu tomat cherry nya udah muter2 pasar. hahahahah... :D

      Delete
  8. Tomat itu sih kalo istilah kosmetik, HG.. aku suka beli sekilo dan aku habisin kurang dari tiga hari.. bukan karena menunya juga ga bisa jauh2 dari itu, tapi memang udah tergila-gila banget sama manfaat tomat , wortel dan keluarga veggies *.*

    coba deh sekali-kali dibikin masker.. antioksidannya bikin kulit bagus, lycopennya bikin kulit merona alami.. merawat kulit jg dari jerawat dan flek hitam.. aahh top pokoknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mbak penggemar tomat juga ternyata. Aku hampir setiap hari makan tomat lho mbak..

      IYa, kadang juga aku pake buat maskeran. Muka jadi kenceng, enak.. Hihihihii

      Delete
  9. aq suka liatin cwo q makan tomat (cwo q klo ketemu toat ky kelinci ketemu wortel) tp klo aq dtodong suruh nyicip lgsg kabur haha (pantesan aja kalah putih ama cwo nya sendiri hiks)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, tomat emang enak kok.. Cowokmu bener tuh.. Hihihi..

      Delete
  10. g nahan bauk nya mbak lady ntr dcoba resepnya deh semoga doyan :D

    ReplyDelete

Ads