Thursday, June 29, 2017

[Review] Loose Powder Coty Airspun Translucent Extra Coverage

Sebelum kita mengenal yang namanya bedak padat, two way cake, atau sejenisnya; kita telah terlebih dahulu memakai bedak tabur. Yaitu sebuah bedak untuk wajah yang berbentuk serbuk yang diwarnai seperti warna kulit. Meskipun namanya bedak tabur, secara harfiah cara pemakaian bedak ini bukanlah ditabur, melainkan ditepuk-tepuk ke kulit. Kalau ini sih kayaknya kamu-kamu sudah tahu. XD.

Bedak tabur mempunyai esensi yang hakiki dalam kesempurnaan makeup, terutama setelah pemakaian foundation. Buat saya pribadi, lebih baik lupa nggak bawa two way cake, daripada skip memakai bedak tabur. Beberapa fungsi utama bedak tabur adalah:

💅 Atasi minyak berlebih pada wajah
💅 Mengeset foundation agar tetap stay di wajah
💅 Buat baking. Ini bukanlah teknik mem-baking layaknya kue, tapi proses pengaplikasian bedak tabur dalam jumlah banyak di area bawah mata
💅 Sebagai campuran mixing foundation agar tampilan lebih matte


Coty Airspun Loose Powder
Salah satu bedak tabur favorit saya adalah Coty Airspun Loose Face Powder. Bedak ini sudah diproduksi sejak tahun 1935 dan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Sisa-sisa bentuk vintage masih terasa di desain kemasannya yang lucu, sekilas mengingatkan saya pada penari burlesque dan kipasnya. Kalau nggak tahu burlesque, silakan Googling sendiri. Huehehe.

Menjadi produk yang sudah dikenal berpuluh-puluh tahun tentunya memiliki kesan tersendiri buat dibeli. Selain kita membeli kualitas yang ditawarkan produk, juga membeli 'brand' yang sudah menjadi kepercayaan berpuluh tahun. Saya memang cukup menaruh hati pada produk-produk vintage yang masih ada sampai sekarang. Bahkan saya punya lho, bedak merek lokal yang saya beli karena desain kemasannya vintage abis.

Warna translucent
Saya memilih warna translucent dengan tujuan agar dapat digunakan secara multifungsi, ketimbang membeli bedak warna yang kebanyakan hanya cocok di warna tertentu saja. Namun sepertinya dugaan saya agak meleset, sebab warna translucent yang ada pada bedak Coty Airspun lebih mirip dengan warna pink pucat. Artinya, untuk kulit yang warna dasarnya kuning agak kesulitan memakai warna ini.

Untungnya kulit saya welcome dengan warna pink. Tetapi apa kabar dengan klien rias @jenganten yang butuh dirias? Jawaban paling umumnya sih: beli lagi yang warna kuning. Hehe.

Isi di dalam kemasan
Coty Airspun dilengkapi dengan aplikator yang bertekstur seperti kapas. Bentuknya memang sedikit mewah jika dibandingkan dengan aplikator bedak tabur biasa yang tipis dan susah dipakai. Aplikator Coty Airspun lebih tebal, lebar, dan vintage banget. Namun buat saya pribadi tetap lebih suka memakainya dengan sponge atau kuas dari luar. Misalnya pakai sponge dari Real Technique.

Baca juga: [Review] Real Technique Dual-ended Expert Sponge

Warnanya cenderung ke pink
Bedak ini isinya banyak banget, yakni ada 65 gram. Ketimbang bedak tabur pada umumnya, Coty memang nggak pelit isi. Namun buat saya pribadi yang kesulitan menghabiskan bedak, ini bakalan lama banget habisnya. Nggak tahu kapan deh pokoknya.

Bisa untuk campuran mixing foundation

Kesan saya memakai Coty Airspun:

💜 Wanginya enak dan ringan
💜 Isinya banyak, dengan harga cukup terjangkau sekitar IDR 130.000,00
💜 Kemasan vintage-nya memanjakan mata
💜 Cocok buat baking untuk profesional
💜 Hasil finishnya lembut di kulit
💜 Mampu mengeset foundation dalam jangka waktu lama (apalagi kulit saya berminyak)
💜 Tidak membuat kulit kering

💔 Kurang cocok dibawa traveling. Kemasannya gedai, Bok!

Tips Jenganten untuk memakai Coty Airspun:

💙 Nggak usah sayang banget sama bedak, pakai banyakan dikit nggak apa-apa. Lama juga kok habisnya
💙 Pakai sponge untuk hasil lebih cover. Lagi-lagi, tak usah terlalu ngeman (apa ya istilah Indonesianya?)
💙 Pakai kuas untuk hasil sheer cover
💙 Pakai aplikator bawaan bedak kalau memang kepepet banget
💙 Campurkan dengan mixing foundation kamu untuk mendapatkan hasil matte

Kondisi wajah saat memakai Coty Airspun

Jadi, apa bedak tabur favoritmu?


5 comments:

  1. akuu jadi pingin beliii yg ini udah lama sih ngincer tp tyt klo yg translucent malah rd aneh y kl di kulit kuning jeng ? *kulit q kan yellowish bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai shade lain Jeng. Iya ini ngepink banget rasanya. :D

      Delete
  2. Iniii kalo dibandingin sama marcks gimana, Jeng? Aku masih sampe sekarang suka banget sama marcks tapi gak kuat baunyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku agak kejauhan kalo dibandingkan Marcks. Semua yang ada di Marcks dimiliki ini soalnya. Dengan tambahan di wangi enak, aplikator, dan lain2nya. :D

      Delete
  3. Para penggemar bedak tabur, ayo dong mencoba Viva Cosmetics yang family powder, enak kok. Kalau kulit kering pakai bedak tabur kira-kira gimana ya Andhika?

    ReplyDelete

Ads