Friday, January 3, 2014

Jadi Saya Pengen Belajar Makeup, Kuas Apa Saja yang Perlu Saya Punyai?

Punya seabrek makeup tanpa memiliki aplikator rasanya pasti ada yang kurang. Ibarat kayak makan sup tanpa dikasih sendok. Meskipun beberapa sup sudah dilengkapi dengan sendok (plastik), begitu pula dengan produk makeup. Banyak di antaranya telah dilengkapi dengan aplikator bawaan. Namun -seperti sendok plastik pada sup ayam- kebanyakan aplikator itu useless, hidup segan mati tak mau. Kalau nggak tangkainya kekecilan, bulunya mudah rontok, kuasnya terlalu tebal, atau sponsnya mudah lepas dari gagangnya. Tapi kalau nggak ada aplikatornya, nanti konsumen pada bingung cara pakainya gimana. Nahlo.

Padahal banyak lho, produk yang memang betul-betul bagus. Kayak Eyeliner Ranee yang ini atau Blush On Inez yang ini. Sayangnya produk itu tidak dilengkapi dengan aplikator yang bagus. Solusinya ya beli aplikator sendiri, alias kuas.

Kuas-kuas saya sebetulnya belum banyak (untuk ukuran makeup addict dan MUA). Tapi sejauh ini saya masih merasa oke-oke saja dengan kuas-kuas ini (entah besok, entah lusa, barangkali saya akan nemu selusin brush yang hore banget). Nah, oleh karena itu, berdasarkan kepemilikan kuas-kuas saya yang sederhana ini, saya sekalian mau sharing tentang kuas.

1. Face Brushes


Anggota face brush secara basic meliputi foundation brush, concealer brush, powder blush dan blush on brush, shading brush.  


Foundation brush juga bermacam-macam jenisnya, ada basic foundation, flat top, stipple brush, dan lain-lain. Contoh yang ada di gambar adalah tipe flat top Masami Shouko. Berdasarkan review kawan-kawan sesama beauty blogger, banyak yang kurang menyukai brush ini karena ukurannya kecil, sehingga kalau dipakai untuk mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah cenderung lebih lama. Kebalikannya, saya justru suka banget brush ini. Dia mampu mengambil foundation yang berbentuk cream dan liquid sama baiknya (karena berbulu rapat) dan bisa menutup kekurangan pada wajah. Scar dan noda wajah dapat lekas tersamarkan jika memakai brush ini untuk mengaplikasikan foundation. Hanya saja, hasil akhirnya menjadi lebih tebal untuk ukuran pemakaian sehari-hari.
Concealer brush dipakai untuk mengaplikasikan concealer atau foundation pada bagian-bagian wajah yang sukar dijangkau, seperti ujung mata, bawah alis, hidung dan cuping hidung. Selain itu, concealer brush dapat juga dipakai untuk membentuk shading dalam.

Flat top brush foundation dan concealer brush.
Powder brush dipakai untuk mengaplikasikan bedak, baik itu bedak tabur atau bedak padat. Loh, kan sudah ada spons bedak, kok masih pake brush bedak juga? Ini memang optional, jika kamu ingin hasil yang lebih halus dan mengurangi resiko cakey, pemakaian powder brush adalah pilihan yang tepat.
Blush on brush dipakai untuk memakai blush on dong! Kuas untuk blush on ukurannya lebih kecil dibanding powder brush dan biasanya bentuknya macam-macam. Ada yang normal untuk pemakaian blush on, ada yang berbentuk miring untuk pemakaian shading.

Blush on brush - powder brush - blush on brush
Tips untuk face brushes:

- Investasikan lebih untuk kepemilikan foundation brush dan concealer brush. Untuk kedua jenis itu, biasanya yang lebih mahal memang lebih berkualitas. Namun untuk powder brush dan blush on brush, saya belum melihat perbedaan yang signifikan antara kuas mahal dan murah.
- Cuci kuas foundation setiap kali selesai pemakaian.
- Jika suka touchup blush on di luar meja rias, memiliki blush on brush yang berpenutup akan membantu menjaga kehigienisan.

Kuas blush on berpenutup.

2. Eye & Lip Brushes


Daftar yang ada di gambar belum lengkap banget (punyanya baru itu. Hehe).
Sponge eyeshadow dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow yang tidak membutuhkan ketelitian tinggi. Contohnya untuk eyeshadow warna natural yang -tidak di blend pun tidak apa-apa-. Saya termasuk jarang pakai sponge eyeshadow, kecuali untuk warna natural saja. Biasanya saya pakai kuas yang ada bulunya. Suka yang bulu-buluuu,,, iuhhhhh..
Lip Brush dipakai untuk memakai lipstik yang membutuhkan ketelitian tinggi, misalnya lipstik berwarna merah atau bold. Meskipun tidak menutup kemungkinan memakai lipstik natural pun bisa juga dilakukan dengan kuas.
Angled Brush dipakau untuk memakai eyeshadow atau eyeliner pada bagian mata yang membutuhkan ketelitian, misal mengisi alis atau memakai eyeliner.
Angled Eyeliner Brush dipakai untuk memakai eyeliner cair atau gel.
Eyebrow Brush/sikat alis dipakai untuk menyikat alis setelah pemakaian pencil eyebrow. Biasanya, setelah pakai pensil alis, kondisi rambut-rambut alis belum rapi, nah sikat alis ini akan membantu membuat alis lebih rapi.
Medium Lid Brush dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow ke kelopan mata. Bentuknya pipih di salah satu ujung. Jadi, kalau mau hasil yang tipis, tinggal dimiringkan saja pakainya. Brush merk Masami Shouko ini adalah salah satu favorit saya.
Angled Shading Brush dipakai untuk membuat shading (seharusnya), tetapi saya memakai brush ini untuk membuat crease mata sekaligus untuk blending. Yes, dua fungsi dalam satu brush. Hihihi.

Brush Masami Shouko
Tips untuk Eye Brushes:

- Mata adalah bagian penting dalam bermakeup, investasikan untuk kepemilikan brush mata. Harga yang mahal biasanya lebih berkualitas.
- Jika ada beberapa pilihan brush mata yang fungsinya mirip-mirip, bisa miliki satu saja. Misal blending brush dengan angled shading brush. Karena saya melihat fungsi dan bentuknya agak mirip, saya pilih angled shading brush.
- Pilih kuas yang berasal dari bulu sintetik untuk menjaga keamanan dari produk bulu hewan yang tidak halal. Ini optional bagi yang peduli dengan kehalalan. Dan yang perlu dicatat, tidak semua bulu hewan itu tidak halal. :)


3. Wishlist

Rasanya ada yang kurang kalau nggak nulis whislist. Hehe. Dari sekian brush yang belum dimiliki, ada beberapa yang pengen banget saya punya. Kebanyakan brush yang bikin saya ngiler itu sifatnya multifungsi, contohnya:

Real Technique Expert Face Brush. Brush ini bisa dipakai untuk foundation, powder maupun blush on. Harganya lumayan tapi, sekitar 150 ribuan. Hasilnya foundation lebih rata dan halus. Udah gitu bisa dipakai macem-macem pula.

Real Technique Face Expert

Angled Countour Brush. Merupakan brush yang dipakai untuk membuat countour atau shading. Selain itu, untuk memakai blush on juga bisa. Buat pipi tembem kayak saya bagus banget nih untuk bikin muka lebih tirus.

Angled Countour Brush. Sumber

Duo Fibre Brush. Biasanya dipakai untuk foundation dengan hasil yang lebih sheer dan lembut. Selain itu bisa juga dipakai untuk pemakaian blush on krim.

Duo Fibre. Sumber.
Small Dome Brush. Dipakai untuk memakai eyeshadow yang membutuhkan ketelitian tinggi, semisal membuat bentuk crease yang sempurna. Aaaah, ngilerrr..

Small Dome Brush. Sumber.

Semoga bisa segera terealisasi wishlist-nya. Aamiin.. <3

@andhikalady

2 comments:

  1. Hai hai,,,salam kenal hehehe saya juga suka dengan brush2an =D oia katanya kalo brush masami yg gede2 kurang oke. Kalo yg ukurannya kecil2 masih oke...kata temen-temen sihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga. Hehe... Ohh, aku baru nyobain satu brush Masami yang besar sih. Jadi belum nyobain. Eh maksudnya belum bisa menilai. Hihihi...

      Delete

Ads