Follow Us @andhikalady

Monday, September 17, 2012

Tretinoin Diary part #3


Fiuhh, akhirnya kesampaian juga nulis lanjutan Treti Diary. Well, saya memang pernah berencana untuk membuat catatan kemajuan saya menggunakan Tretinoin (disebut pula sebagai Retinoic Acid, Asam vitamin A, Retinol, atau Asam Retinoat). Jadi buat yang belum membaca tulisan saya tentang Tretinoin, bisa dicek part 1 di sini dan part 2 sini. 

Vitacid 0.05. Salah satu krim yang mengandung Tretinoin.
Janji awal saya tempo dulu sih setiap minggu saya akan update perkembangan kulit dengan pemakaian Tretinoin. Tapi minggu-minggu setelah masa purging itu, kulit saya belum memperoleh hasil yang signifikan. Jadi saya putuskan untuk menundanya sampai kulit benar-benar merasakan efeknya.

Cerita tentang purging, masa-masa purging itu merupakan masa yang cukup menyedihkan dan mengikis rasa pede saya to the max. Selain jadi harus care benar-benar sama kulit, saya juga ‘terpaksa’ mendapati kulit saya kemerahan jika sedikit kena sinar matahari, mengelupas (yang artinya segala kosmetik, foundie, BB Cream nggak bisa nempel sempurna di kulit). Dan yang paling menganggu adalah keluar jerawat dalam jumlah banyak dan besar. Sekali lagi, banyak dan BESAR-BESAR.

Kecuali untuk keperluan acara tertentu, saya puasa make-up selama beberapa minggu. Pelembab dan sunblock hukumnya wajib. BB Cream hanya saya gunakan untuk menutupi noda yang perlu ditutupi. Saya jarang memakai bedak padat. Everyday is loose powder day.

Jadi, saya tegaskan sekali lagi, jika Jenganten berniat menggunakan perawatan Tretinoin, siapkan mental baja untuk masa purging, dan niatlah dengan niat, jangan setengah-setengah. Kecuali kulit kamu memang kulit yang tidak mudah iritasi. Karena efek purging pun bisa berbeda-beda setiap orang.

Siapkan pula ‘senjata’ yang menolong kulit dari masa purging yaitu :
  1. Pakai sunblock. Hukumnya wajib
  2. Pakai pelembab.
  3. Pakai cleanser yang bebas alkohol.
  4. Jangan dipakai bersamaan dengan kosmetik pengelupas.
Sekarang, setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian Tretinoin secara rutin, kulit saya sudah menunjukan hasilnya. *pegang pom pom*. Yang pertama, jerawat sembuh. Kalaupun muncul lagi pun hanya sedikit dan kecil. Yang kedua, kulit saya tambah halus. Yang ketiga, kantong mata saya relatif berkurang. Tapi meski menujukan hasil baik, Tretinoin belum mampu menghapus noda dosa wajah dan scar kulit saya belum sepenuhnya sembuh. Ewww.

Well, boleh dong pasang kondisi kulit :

Dahi saya. Sudah bebas dari jerawat.

Kulit sekitar bibir.

Pipi saya. Meskipun belum sembuh scarnya. Dia sudah cukup bersih dari Jerawat.

Overall, saya sangat suka sekali dengan hasil penggunaan Tretinoin. Saya menggunakannya secara bertingkat. Dua bulan pertama, saya menggunakan 0.025. Memasuki bulan ketiga, saya berganti menjadi 0.05. Memang pada awal penyesuaian ganti konsentrat Treti ini saya mengalami purging kedua. Tapi purgingnya tidak separah ketika penggunaan pertama kali.

Saya merasa cocok dengan Tretinoin. Sepertinya ini akan terus menjadi agenda ritual sebelum tidur saya.

Yew, semoga posting ini berguna, Jenganten.

Xoxo

24 comments:

  1. pengen sih mbak.. tapi takut sama purgingnya itu >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulitnya udah bagus mending nggak usah pake aja mbak.. :)

      Kasihan kulit yang udah bagus ditimpuk pakai tretinoin. :))

      Delete
  2. jenganten,aku juga pake tretinoin,udah hampir mau 6 bulan..dan so far lumayan bagus,cuman emang iya scar dosa bekas jerawat masih belum raib,
    aku pake 0,025% merk vitacid,ganti ke 0,05% merk NuFace, jerawat masih timbul tenggelam nih,tapi gak apa-apa deh,soalnya inti dari tretinoin itu kan buat anti aging,dan emang benar,kerutan2 di ujung mata sama kantong mata hampir lenyap,.rencananya mau ganti 0,05% pake merk vitacid ah,,soalnya si NuFace harga mahal dan isi dikit,trs efeknya lama baru kerasa,beda sama vitacid,..
    thanks yah buat reviewnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. meski jerawat hilang tapi scarnya masih ada. Uwuwuwuwuwuwu..

      Ohya? tapi ada review kalo katanya Nu Face lebih lembut buat kulit. Jadi bagusan Vitacid ya? Aku belum pernah pakai soalnya.

      Yup yup. hayoo, semangat perawatan. Hidup Tretinoin. :))

      Delete
    2. ya secara pemakaian sih nu face lenih lama efek kerasanya,,memang lebih mild,minim pengelupasan,,tapi kok ya biasa aja gitu..pengennya yg ada efek ngelupas2 biar si dosa2 ini hanyut terbawa kulit mati,,aku gak ngalamin kulit terkelupas selama pake nu face,kalo vitacid iya..hehehe

      semangat terus jenganten :D

      Delete
    3. Haha, malah kepingin ngelupas gimana. :P

      Okay, semangat juga Jenganten Miyarahmi!.. :))

      Delete
  3. lek mau ngilangin scar katanya pake yg 0,1 jeng.. tapi ya gak bs balik 100% gitu.. aku jg sekarang pake yg 0,05 n scarku kaya kamu cuma lebih dikit n kecil ukurannya.. mau naik kelas ke 0,1 ya kok eman.. *anak kos broh* ekekekek

    btw itu tretinya mbok pake di kantung mata ta? gak iritasi n perih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. katanya yang namanya Scar itu nggak bakal bisa balik 100persen. Haha, iya kulit ky aku itu regenerasinya susah say. Aku pernah coba pake rosehip oil, tapi hasilnya juga so so. Hihi.

      NGgak sampe kantungnya banget lah. cuma dikit dan tipiis banget. Kalo kelopak mata aku nggak berani deh. :p

      Delete
  4. aku g kuat tiap hari pake treti, nglupas bgt bgt -____-"
    jdnya aku selang-seling sama night cream hadalabo, haha
    oya, beli vitacid 0,05 dmn sih?
    nek nuface itu kemahalen -____-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say. awal2 aku juga ngelupas2 gitu. tp lama2 tahan aja kulitku. mala jadi bagus. hehe..

      aku beli vitacid 0.05 di apotek deket kost akuw. :3

      Delete
  5. aku masih pemula tapi langsung beli yang 0,05 . masih belum seminggu aku pakai . diterusin atau pindah ke 0,025 dulu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jeng.

      Eh, baru pemula kok beli yang 0.05, itu kan terlalu berat Jeng. Nanti purgingnya parah loh..:D
      Kalau untuk awal, mending pakai yang 0.025 dulu, baru setelah selesai purging (atau pas udah abis krimnya), naik lagi ke 0.05.. Semoga berhasil.

      Delete
  6. wajahku gatel-gatel itu purging ?
    ada saaran buat mutihin wajah nggak ? usiaku 18 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memastikan kalau kulitmu purging karena tretinoin mending langsung tanya dokter aja. Soalnya aku belum bisa mastiin kalo gatel2mu itu termasuk purging atau bukan. :D..

      Paling dirawat aja pakai pembersih, sama jangan lupa pakai sunblock setiap hari. :D

      Delete
  7. Jerawat saya berangsur2 hilang juga pake tretinoin dgn nama dagang Retin-A Krem. Selama ini sy pake yg 0,025% dulu. Belum pindah dosis yg lebih tinggi. Sayang belum abis soalnya. Setelah pake ini, pertama2 malah jerawat kayak dikuras malah keluar semua merah dan besar. Benar2 mimpi buruk buat sy yg ga pernah punya jerawat. Tapi skrg dah mulai mulus dan mengkilap mukanya. Tapi bukan mengkilap berminyak. Malam pake Retin-A siang pake sunblock Parasol spf 33. Semua atas resep dokter. Sekali2 masker wajah Garnier. Maklum sy ga pernah rawat2 muka sebelum kena jerawat ini. Paling cuma sabun wajah, pembersih wajah, dan pelembab aja. Tapi sekarang dah mulai byk isi tas make-upnya. Serasa jadi perempuan beneran. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya Jeng.. Info dan resepnya boleh nih dicatet.. :D..

      Btw, next kalau komentar dikasih nama ya Jeng. Kan aneh aku aku nyapa Jeng Anonim. :D

      Delete
  8. Hihii... Hai mbak salam kenal, Kayanya pengalamannya sama ni.. aku juga pake Tretinoin sekarang udh yg 0,1 tp iya ni Bekas scar sm noda item masih belum sembuh, gimana ya cara nyembuhinnya,, Ada saran Kah dari Sobat2 semua..? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga.
      Hmm, kamu pakai Treti 0.1 itu atas resep dokter nggak Jeng? Soalnya kalau langsung 0.1 itu dosisnya udah tinggi.

      Aku juga punya scar di wajah, tapi menurut beberapa sumber, untuk menyembuhkan scar 100% itu nggak mungkin, jadi cuma aku jaga kebersihannya saja supaya jangan sampai tersumbat dan bikin jerawat baru. :D

      Delete
  9. yeyeyyy aq udh 10 hari pake vtacid lgsung ke yg 0,5.. dan hasil nya keren.. jerawat kempes smua. bekas jerawat memudar mba.. juga ga ngalamin efek purging apalagi perih.. cuma brasa gatel aja pas pakenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya, udah berhasil. Semoga makin sembuh. :)

      Delete
  10. interested... kayak'nya bagus yaah? :)
    aku msh remaja (17tahun) aman gk ya?^^
    kadang" berjerawat besar.. tp yg banyak itu jerawat kecil"+mendemnya^^

    ReplyDelete
  11. Woa tretinoin di indo namanya vitacid ya....baru tau *ndeso* aku pake tretinoin 0,05% merk renova selama ini hasil bujukan kakaknya pacar dan baru bulan kedua sih..so far efek purging kurasain seminggu setelah penggunaan.ngelupas and tingling kalo kena sun expossure.tapi lalu kebantu banget setelah aku pake sUnblock jinhaeyoon cooling sunblocknya history of whoo.didempul bedaknya 3w clinic.dan sekarang i love my skin.kerutan pudar dan dark circle reduced.jadi batal deh tekad bulat mau dermalfiller buat hilangin eyebagku yang segede kantong doraemon.yeyeye...aku combine perawatan tretinoin ini dengan seol whitening linenya history of whoo juga.mungkin itu yang ngebantu mukaku bersih lebih cepat.btw vitacid itu beli dimana sis?

    ReplyDelete
  12. Waaahh saya sedang masa purging nih, wajah saya penuh jerawat yang banyaknya gak ketulungan (lebay).
    Kemana2 jd nggak PD, apalagi sering dikomentarin adek "wah jrawatnya terlihat sangat mengerikan" :,(
    Padahal sudah memasuki minggu keempat tp blm sembuh juga,
    Saya pake vitacid yang 0,025%.

    ReplyDelete
  13. cari-cari info vitacid sma nuface kebetulan nemu ni artikelnya saya ga ada jerawat sih cm pori-pori yang bikin risih dan komedoan di seitar hidung tapi masih ragu-ragu gimna ya jeng..

    ReplyDelete