Follow Us @andhikalady

Tuesday, September 4, 2012

Peeling & Review

What is peeling?

Semacam alat untuk mengepel lantai kah? Atau obat yang ditelan itu? Or, something gummy inside your noses? Hihihihi.

Peeling yang saya maksud adalah sesuatu yang digunakan untuk penipisan kulit. Loh? Kulit kok ditipisin? Buat apa? Secara harfiah, peeling artinya adalah penipisan. Tapi enggak sefrontal itu, Jenganten. Fungsi utama peeling adalah mengikis kulit mati yang masih berada di kulit. Setahu saya, setiap saat sel kulit selalu memperbaharui dirinya untuk kelangsungan eksistensi dan perlindungan kulit. Sel-sel yang sudah pensiun dari tugas mulianya melindungi tubuh kita ke mana dong? Nah, sel-sel yang lama itu akan terdorong ke bagian luar dan menyisakan lapisan paling luar kulit kita yang sering disebut sel kulit mati. Kabarnya, sel-sel baru itu tidak pernah berhenti berproduksi dan sel kulit mati akan tetap ada. Sel kulit mati ini jika dibiarkan akan menumpuk dan terakumulasi menjadi citraan kulit yang kusam.

Gimana supaya tidak kusam? Jawabannya adalah rajin dibersihkan. Membersihkan kulit dapat menggunakan oil cleanser, milk cleanser, dan sebagainya. Dan yang tidak kalah penting adalah rutin melakukan pengikisan yang disebut peeling. Harapannya, setelah kulit kita di peeling, maka akan menjadi bersih dari sisa-sisa kulit mati, kulit akan menjadi halus dan tidak kusam.

Mendadak saya jadi melankolis sendiri mengingat sel-sel kulit kita yang habis manis sepah dibuang. Sudah banyak berjasa ke tubuh kita tapi setelah pensiun di buang begitu aja. Hiks hiks. Yanasip, kulit.
Maaf Jenganten, saya memang biasa ngelantur.:p

Kenapa harus peeling? Peeling itu manfaatnya banyak. Buat saya pribadi, peeling bisa berfungsi sebagai berikut :
  1. Menghaluskan kulit secara instant.
  2. Mengikis komedo dan sel kulit mati.
  3. Menyiapkan kulit supaya masker mudah diserap kulit. (sebelum maskeran, peelingan dulu)
  4. Menghilangkan kekusaman setelah = olahraga, naik motor jarak jauh, abis bersih-bersih sesuatu yang banyak debunya.
  5. Jika kulit saya sedang mengering, mengelupas dan kusam, saya pakai peeling.
  6. Lagi kepingin peelingan aja. :)
Contoh peeling banyak macamnya. Ada yang disebut scrub, soap scrub, krim peeling, peeling gel, dsb. Yang penting gunanya sama : mengikis sel kulit mati. Kali ini saya berikan dua contoh peeling merk lokal yang cukup berkualitas dan bagus menurut saya. Yaitu :
  •  Mustika Ratu Peeling Mundisari
Peeling Mundisari Mustika Ratu
Deskripsi :
Bagi yang mendamba kehigienisan, wadah tube seperti Peeling Mundisari ini sangat cocok. Mulut tube yang cukup kecil juga membuat isinya tidak mudah berceceran. Wadahnya berwarna putih dengan label kemasan berwarna hijau. Tekstur peeling ini agak cair dengan butiran scrub yang kentara. Jika dioles ke kulit, aroma jejamuan tradisional langsung mengena. Buat saya, aroma ini lumayan enak, tidak terlalu menganggu. Setelah di pakai, kulit jadi terasa lembut dan halus.  Daki-daki, kotoran, komedo dan semuanya mampu terangkat dengan baik dan bersih.

Namun untuk beberapa kali pemakaian, yang mana ketika kulit saya pas sedang sensitif (misal habis sinar matahari), produk ini menyisakan rasa perih dan kurang nyaman untuk kulit. Mungkin karena butirannya yang cukup besar ya? Alhasil, saya menggunakan peeling ini jika kondisi kulit saya tidak sensitif.

Tertulis dalam kemasannya seperti ini :  
Kegunaan:
Membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Mengandung Ekstrak Daun Kemuning untuk membantu melembutkan kulit serta diperkaya dengan Ekstrak Klabet dan Serbuk Temugiring yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit.

Saya belum begitu mengenal ekstrak Klabet sebagai produk kecantikan. Tapi saya pernah mendengar Daun Kemuning dan Temugiring adalah bahan perawat kulit yang sudah ada sejak dulu. Kabarnya bahan ini dapat membantu mengkuningkan kulit. Dulu, sebelum iklan pemutih marak di media, kulit yang cantik dideskripsikan sebagai kulit yang kuning langsat, bukan kulit yang berwarna putih macam yang iklan produk pemutih kampanyekan.

Tekstur Peeling Mundisari
Well, selain bentuk tube seperti ini, Mustika Ratu juga mengeluarkan varian peeling Mundisari yang berbentuk sachet. Untuk membuatnya, cukup dicampur dengan air mawar atau air putih matang yang bersih dengan takaran tertentu.
Sumber
Sebetulnya tidak ada perbedaan kualitas antara peeling jadi ataupun peeling sachet. Tapi buat beberapa orang, peeling sachet lebih 'mantep' dan lebih baik membersihkan sel kulit mati dibanding peeling jadi. Lagi-lagi, itu kembali ke masing-masing orang. Tapi buat saya sendiri, tidak masalah mau memakai peeling sachet ataupun yang jadi. Dua-duanya sama-sama bersih dan sama-sama mampu mengangkat kulit mati dengan sangat baik.

Harga : Rp 9.000,00 (botol 60ml), Rp 6.000,00 (sachet 5 gram)

Positif :
- Bersih dan halus di kulit
- Aroma jamu yang menyegarkan
- In my opinion, peeling ini mampu mengangkat komedo kecil-kecil
- Cocok untuk kulit yang sangat kusam

Negatif :
- Scrubnya geday-geday, jika dipakai untuk kulit yang sedang sensitif dapat menyebabkan kesan perih sebentar.
  • Viva Peeling Cream

Viva Peeling Cream
Ternyata brand Viva juga mengeluarkan varian peeling lho. Namanya Viva Peeling Cream.

Deskripsi :

Kemasan berbentuk pot yang mudah di ambil. Pot ini tidak ada sekat dengan tutupnya. Jadi begitu dibuka tutupnya, kita langsung berhadapan dengan isi peelingnya. Hmm, buat saya ini kurang higienis. Mungkin lebih baik jika Viva menyertakan sekat berbentuk kertas alumunium / plastik penutup tambahan.
Baik, kita skip dulu bentuk kemasannya yes?
Isinya berbentuk krim yang sedikit lebih kental dibanding Peeling Mundisari. Butiran scrubnya sangat halus tapi tetap ada. Butiran halus ini sangat menolong saya untuk tetap melakukan peeling tanpa merasa perih. Kesimpulannya, saya suka dengan butirannya. Lebih alus. :)
Aromanya tidak seperti aroma jamu. Lebih ke aroma kosmetik biasa khas Viva.
Tidak ada keterangan khusus mengenai kegunaan, cara pakai, dan sebagainya. Mungkin Viva sudah merasa pengguna sudah tahu duluan kali ya?
Kesan di kulit setelah memakai ini, adalah adanya sel kulit mati saya berguguran. Bersih. Serupa bersihnya dengan Peeling Mundisari. Hanya lebih minim rasa perih. Saya memakai peeling Viva jika kulit saya sedang butuh pengikisan tapi tidak kusam-kusam banget. Karena bentuknya cream, saya berkesimpulan, produk ini lebih cocok digunakan untuk kulit kering.

Tekstur Viva. Pengaplikasian ke tangan. Bisa Jenganten lihat daki-daki saya berguguran? Hihi
Harga : Rp 5.000,00

Positif :
- Butiran halus
- Bersih dan lembut di kulit
- Efek daki kering berguguran
- Cocok untuk kulit kering

Negatif :
- Wadahnya kurang higienis
- Tidak ada keterangan bahan produk (saya hanya mengandalkan label BPOM dan merk Viva jadi masih percaya kalau produk ini aman)

Tulisan ini bukan bermaksud untuk melakukan compare dua produk peeling. Karena dua produk di atas adalah produk yang sangat berbeda. Yang satu berbentuk cair dan sachet. Dan yang satu berbentuk krim. Jika kulit Jenganten berminyak, baiknya pilih Peeling Mundisari, dan kalau kulit kering, pilihlah Viva Peeling. 
  • Tips
  1. Setelah melakukan peeling wajah dan dibersihkan, sangat baik melanjutkan perawatan dengan masker. Kulit memang menjadi halus setelah peeling. Tapi kulit juga membutuhkan penambahan nutrisi dalam bentuk masker atau pelembab.
  2. Jangan lupa, sebelum peeling, pastikan wajah dalam kondisi sudah dibersihkan dengan cleanser atau facial foam.
  3. Hindari melakukan peeling ketika kulit berjerawat. Atau jerawat jadi makin parah. Cara peeling yang benar adalah dipijat-pijat perlahan sampai sel kulit berjatuhan. Bisa dibayangkan jika jerawat yang sedang meradang kita paksa pijat-pijat?
  4. Jika tangan atau kaki terasa kasar, bisa tuh, peeling wajah dipakai di kaki. (my "hehehe" tips).

@andhikalady  << perempuan yang merasa wajahnya sangat mudah kusam sehingga perlu peeling. >.<* 


Semacam quote : "waktu terus berjalan. Suatu hari nanti, semua pemilik jiwa akan purna tugas karena kehendak alam. Hanya mereka yang sungguhan berkarya dengan hatilah yang akan dikenang selamanya"

Termasuk kulit kita. Kita. Orang tua kita. Dan siapapun manusia yang pernah hidup dalam sejarah yang selalu berkarya.

24 comments:

  1. Itumah peelan ladyyy... ^^

    Eh ternyata saset sama botol ga jauh beda ya harganya si mundisari?? Aku lebih suka peeling kulit kerang, butirannya kecil2 tapi lebih tajemm... klo mundisari kurang greget *lol *kulitbadak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kain pel. Bhihihiik..

      Iya mbak, emang gak beda jauh. Wew, pernah denger sih peeling kulit kerang. Tapi masih belum kebayang bentuknya kaya apa (gaptek skin care). Tapi kulitku tuh gampang banget kemerahan Jeng Misha. Apa kerasnya kerang ga malah bikin kulit makin kemerahan? :)

      Delete
    2. Kulit kerang Mustika Ratu jeung lady.... Tapi kayaknya cuma ada bentuk saset deh CMIIW soalnya belom pernah liat yg tube, paling mundisari aja...

      Klo gampang merah2 mah mending mundisari, kulit kerang menurutku tajem... Tapi bagus lho buat scrubbing keti... bwahaha...

      Delete
    3. Oooh, jebul merknya MR juga. Hihi. Gaptek masker nih. Maklum yang baru dicoba baru masker bengkoang, peeling mundisari sm masker jerawatnya.

      Hmm, kalo yang lebih light lagi aku pakenya peeling Viva itu. Ohya mbak, ada yang tanya di bawah, apa bedanya peeling sama scrub yang ada di sabun muka? Kalo buat aku sih efeknya jauh beda sm peeling. :)


      *brb siap2 peelingan keti*. Bhihihihik

      Delete
    4. aq biasanya pke yg mundisari ini tp kmrn pas peelingan drmh trnyt eh trnyt diganti yg kerang ama mami, bru nyadar dan curiga setelah apply peeling nya muka ceklit gatel semua, buru2 dbasuh dan ternyata semuka merah semua ky kepiting hiks setelah ruam merahnya ilang ttp gatel plus bruntusan kecil2 di pipi kapok deh pke yg kerang :( terlalu nampol malahan di kulit q :D

      Delete
    5. Belum pernah pake kerang. Hihi. Pake Mundisari aja udah ckup kemerah2an..

      Delete
    6. bgus mendingan jgn ntr jd merona2 semuka :D

      Delete
  2. Eh kalo peeling itu bisa diganti cuci muka pake scrub facial foam ga untuk sebelum maskeran?

    Kan sabun muka uda ber-scrub nih, ntr peelingan lg itu masih perlu ga? Kulitku sensitif (+ gampang jerawatan) nih :)

    Makasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kulitnya nggak kusem2 banget kayaknya bisa cukup pake scrub facial foam. Tapi berhubung kulitku tingkat kekusamannya tingkat dewa, jadinya mesti peelingan. Buat kulitku sih, efeknya masih mending peeling daripada scrub.. :)

      Sama-sama makasih yes, Jenganteen. :)

      Delete
    2. Ohhh.. Ok-ok dicoba.. Ntar mau nyoba peelingan juga deh :) makasihhhhhh ^^

      Delete
  3. weew muurce ya boo' yang viva...

    btw uda aku follow yah jeng

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihai. Iyes dicoba. Tapi buat kulit sensitif ky aku bagusan pake Vivanya sih

      Ye yes. Udah follow kok. :)

      Delete
  4. wih jadi pingin coba yang peeling mundisari,,,
    klo pake peeling itu biasanya berapa kali dalam seminggu/ berapa kali dalam sebulan? thx

    hi visit my blog regilkenta.blogspot.com thx^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai :)

      Yuk dicoba Jeng. Kulit jd alus. :)//

      Aku peelingan diusahakan 2 kali seminggu. Kalo lebih kusem, bisa diseringin. :)

      Okay aku kunjung yes. :)

      Delete
  5. hay sis aku juga pernah pake peeling mustika ratu, tp kok mukaku jd merah2 dan jerawatan gitu ya. apa aku ga cocok ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga sist. Kemungkinan ada dua. Satu, butirannya terlalu kasar buat kulit km yang sensitif, atau kamu nggosok2 kulit pake peelingnya terlalu niat. Hehe.

      Kalau jerawatan, mungkin ada bahan yang kurang cocok. Selalu dibersihin ya, wajahnya. :D

      Delete
  6. Halo sistaa.... tetap cantik yaaa
    Peeling Viva cream ada kok sis keterangan bahan dan produknya.
    Coba di balik pot peeling creamnya.
    Disitu ada label keterangan cara pakai dan bahan2nya juga
    Regards

    ReplyDelete
  7. Kak itu beneran peeling mundisari harganya 9 ribu? murah banget yaa *___*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika tulisan ini ditulis (1 tahun yang lalu) sih segitu Jeng. Kurang tau kalau sekarang.

      Delete
  8. Mbak yg bikin wajah lebih cerah itu yg mundisari or viva? Makasih ya mbak. Mau tanya juha beli kedua produk peeling diatas itu dimana mbak? Supermarket ada? Hehe makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian peeling bukan digunakan untuk bikin kulit tambah cerah, tapi untuk membersihkan dan mengikis sel kulit mati di kulit. Jadi saya nggak bisa menyebutkan mana yang bisa bikin kulit jadi cerah.. Kalau untuk belinya, di supermarket banyak. Kan ini produk dalam negeri. :)

      Delete
  9. kalau untuk body saya scrub nya pakai wardah body scrub sis :)
    butirannya kasar jadi lebih cepat dan efektif untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan juga :)

    salam kenal
    http://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya? Aku dari dulu2 pengen beli Wardah tapi belum kesampaian. Salam kenal juga ya. :)

      Delete