Follow Us @andhikalady

Friday, March 28, 2014

Dandan Sendiri Buat Wisuda, Why Not?

Alhamdulillah, bulan ini saya berhasil diwisuda. Horeee. Ehm, kayaknya saya sedikit lebih telat bercerita di blog ini, mengingat wisudanya sudah sebulan yang lalu. Hehe. Akhirnya saya bisa selesai kuliah di bangku S1, meskipun pas kuliah saya nggak pernah duduk di bangku betulan. Pokoknya wisuda itu, rasanya ya kayak wisuda. Bayangin aja saat di mana kamu merasa kuilminasi ilmu yang kamu pelajari sekian tahun di perkuliahan akhirnya menuai hasil juga. :p

Lalala.
Dulu selagi saya baru pertama-tama mulai menulis blog Jenganten, saya pernah berangan-angan suatu hari nanti akan bikin posting 'cara dandan sendiri buat wisuda'. Tapi nasib membikin saya wisudanya agak molor dari waktu ideal, sehingga baru bisa menulis sekarang. Memang sih beberapa kali dandanin wisuda temen, tapi kan, akan lebih afdol lagi kalo yang ngasih tips juga sudah wisuda. Wkwk.

Jadi saya mulai saja ya. Sebenarnya dandan wisuda sendiri itu mudah, temen-temen saya juga banyak yang dandan sendiri untuk wisuda. Lagipula dandan sendiri punya banyak nilai positif dibanding dandan di salon atau didandanin orang lain. Syarat dasarnya cuman tiga aja kok: kamu cewek, kamu niat, dan kamu pede.



1. Kamu cewek.

Sebelum dilanjutkan, saya mau meluruskan bahwa tips dandan buat wisuda itu ditujukan untuk cewek. Ya elah, masa saya ngasih tips hijab sama pake maskara buat cowok (yakalo suka sih silahkan saja. Hehe). Buat cowok mah, pake toga rapi sama sepatu kinclong aja udah ganteng. Well, dengan asumsi kamu adalah cewek, saya menyimpulkan bahwa secara default, mayoritas cewek pasti kepingin tampil menarik. Iya kan? Iya dong.

Sebagai cewek, kamu pasti punya bayangan mau seperti apa penampilan kamu ketika wisuda nanti. Ada yang pengen sanggul, pengen hijab glamor, pengen hijab sederhana dan sebagainya. Nah, mulai dari ini, silahkan tentukan visimu apa.

Yuk lanjut ke poin dua.

2. Kamu niat.

Yes, ini poin kedua nggak kalah pentingnya dari poin pertama. Untuk bisa dandan wisuda sendiri, kamu harus niat! Niat yang paling minimal adalah niat menyelesaikan skripsi/thesis/TAmu supaya bisa ikut prosesi wisuda. Duh, jleb banget memang, apalagi kalau saya denger kalimat ini enam bulan lalu, fyuhhh. #eh #mengenangMasaBerjuang.

Niat yang berikutnya adalah: 1) niat rawat muka, 2) niat belajar makeup, 3) niat mencari referensi dandan dari manapun, dan 4) niat menabung untuk membeli alat makeup. Saya paham banget ketika saya masih jaman mahasiswa dan masih minta duit orang tua, harga makeup itu rasanya mahaaal banget. Pokoknya buat beli lipstik aja musti mikir sepuluh kali supaya -meskipun bibir saya berwarna- mulut saya nggak berhenti mengunyah cokelat favorit. #eh

Jika terkendala dengan niat nomor 4, bisa juga diakali dengan meminjam alat makeup dari Ibu/Kakak/temen dsb. Namun tidak ada salahnya memiliki eyeliner, lipstik, foundation, eyebrow, mascara, blush on dan bedak untuk menunjang dandanan kamu ketika wisuda. Toh barang-barang itu kelak nggak cuma dipakai untuk wisuda saja, melainkan bisa juga dipakai untuk interview kerja, kondangan, hangout atau acara formal yang membutuhkan berdandan.

Tapi perlu dicatat juga, saya di sini nggak serta merta mengajari untuk boros membeli makeup. Jangan sampai kamu gila-gilaan belanja makeup, tapi uang kos belum dibayar, atau spp belum lunas, atau bela-belain makan mi instan tiap hari sampe sakit. Duh, jangan ya. Tapi saya yakin Jenganten-jenganten mahasiswi cantik yang membaca post ini sudah sangat bijak mengelola finansial masing-masing. Bukan begitu?

Niat merawat muka itu penting sebab untuk menghasilkan makeup yang sempurna, kondisi kanvas alias kulitknya harus terawat. Jangan males untuk rutin membersihkan muka tiap hari dan pakai pelembap yang cocok untuk kulit. Atau kalau kamu lebih niat lagi, coba rutin pakai masker yang bikin kulit lebih terhidrasi.

Lalu niat belajar makeup. Perlu diketahui, makeup wisuda itu nggak seperti makeup sehari-hari yang cuman butuh pelembap sama bedak doang. Kamu harus mengira-ngira: Jenis kulitmu apa, foundation apa yang cocok di warna kulit kamu dan bisa tahan lama seharian, cara memasang bulu mata, cara memakai eyeliner, cara pakai blush on supaya pipi merona, cara memakai hijab/hair do yang cantik, cara blending eyeshadow, dan cara membentuk alis.

Sudah niat belajar, lalu dari mana kita belajarnya? Sekarang ada internet dan para suhu beauty blogger baik dari dalam maupun luar negeri yang rajin mereview produk makeup. Manfaatkan pula hijab tutorial/hair do tutorial dari Youtube atau mbak-mbak Hiijaber yang kini sedang naik daun. Atau dapat juga datang ke salon dan minta les singkat cara bermakeup. Intinya kalau semua sudah diawali dengan niat, mau pakai cara apapun untuk belajar, pasti ada jalan.

Sesuaikan juga dengan visi-misi kamu ketika hendak dandan sendiri untuk wisuda. Kamu yang ingin wisuda dengan hijab dan makeup minimalis, carilah tutorial yang menampilkan tips hijab tutorial. Kamu yang ingin hair do sanggul cantik carilah tutorial menyasak rambut. Intinya semuanya terserah kamu. :)

Btw, beberapa tutorial hijab dan makeup wisuda cantik yang ditulis beauty blogger kondang Jeng Vindy Yang Ajaib bisa dicek lho di sini, di sini, dan di sini.

3. Kamu Pede

Kamu sudah mengakui kalau kamu cewek. Kamu sudah memiliki gambaran mau tampil bagaimana ketika wisuda. Kamu sudah niat belajar makeup. Lalu apa lagi? Yups, kamu harus pede dengan dandanan kamu. Lakukan try out jauh-jauh hari sebelum hari H. Cobalah beberapa macam dandanan dan teknik yang berbeda-beda. Foto wajahmu before-after dan simpan di direktori PC/Laptop kamu. Lihat hasilnya, kamu suka nggak? Atau ada yang kurang sreg? Nah, di sinilah kamu mulai belajar dan mengenal kontur wajahmu sendiri. Makin sering kamu coba, makin PD dan makin terampil menggunakan alat-alat makeup.

Keuntungan dandan wisuda sendiri:

1. Tidak perlu bayar jasa makeup ke salon.
2. Bisa bangun lebih siang karena nggak perlu ngantri di salon. LOL
3. Bisa berdandan sendiri merupakan nilai tambah buat kamu untuk step-step selanjutnya setelah lulus, misalnya untuk interview bekerja atau bekerja juga.
4. Kamu bisa ikut dandanin anggota keluarga lain yang cewek, misal Ibu kamu. Rasanya seneng banget lho, kalo bisa dandanin Ibu sendiri ketika hari spesial.
5. ,,, dan lain-lain sebutkan sendiri.

Lalu ketika hari H, kamu udah cantik hasil dandanan sendiri, lakukanlah hal yang sama: pede. Kamu sudah bangun pagi, dandan sendiri, banggalah dengan karyamu sendiri meskipun kamu merasa belum sempurna dan perlu banyak belajar (kayak saya). Kalau sudah begitu, tinggal duduk manis, nyanyi Indonesia Raya dan siap-siap maju mengambil ijazah.. :D

 




33 comments:

  1. huft kamu mematikan jasa makeup artist ses. hihihihihi
    tapi sesungguhnya kelebihan kalo makeup wisuda sendiri adalah kamu bisa ngatur jam berapa kamu mau bangun. nggak usah ngantri dan bakalan ada rasa kepuasan tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, duh, ketahuan MUA Solo nih....

      Iya, ada kepuasan banget kalo bisa tampil dengan dandanan sendiri. *yang paling penting sih bisa bangun siangnya ituloh*... Apalagi pas dibilang "dandanan km bagus",, hihihi.

      Delete
  2. waaahhh... congratzzzz!!!! =) tipsnya oke banget niihhh... jadinya baguuusss lagi...
    emang yg plg enak bag yg kaga pake antri ma kaga pake lama.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu keuntungan banget Jeng. Nggak repot2 bangun siang, nggak ngantri, dll.. Makasih ya, akhirnya bisa wisuda juga. Wkwk

      Delete
  3. Kalo aja aku jaman kuliah udah jago dandan, ga bakalan aku pagi2 ke salon, ngetok pintu, tukang riasnya belom bangun pdhl udah janjian. Dan hasil makeup nya juga ancurrrr banget. Nyesel napa ga bisa dandan dulu.
    Loh kok jadi curhat?

    Esybabsy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak papa kok Jeng curhat. Lha wong blog ini juga sebagian isinya curhat-curhat doang. Wkwk... Salam,

      Delete
  4. keren :D alus banget hasilnyaaa
    btw, aku juga molor banget s1nya wkwkwkwk :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih jeng. Itu alus juga pengaruh kamera studio juga kayaknya. :D.. Makasih-makasih. Akhirnya kamu lulus tapi kan... :D

      Delete
  5. slamaaat yaa mba :D aku jg ntar ps wisuda pengen dandan sndiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Anne, ditunggu postingan wisudanya.. Muachh

      Delete
  6. hvft :)) wisudaan kemarin daku jg dandan sendiri, dengan alasan males antre di salon, daku akhirnya menemukan blog-blog yang ngebahas produk lokalan yg kece2. thanks to you mbak, aku sekarang ngerti cara merawat wajah dan make up yg cocok untuk diri sendiri. ^o^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, selamat ya udah wisuda, juga selamat udah dandan sendiri.. :)...

      Delete
  7. Wah selamaatt sudah wisudaaa!! makeupnya cantik, flawless banget jeungg X)

    ReplyDelete
  8. Main poin : Ga keluarin uang untuk ke salon. hari gini yahhh. mendingan buat beli foundie atau pallet. hihihihi. Selamat ya jeung. Makin sakses dan berjaya dalam kehidupan di tahap selanjutnya. :)

    Main-main ke blog aku yah. Baru posting soal makeup dan travelling tips.
    http://plumblush.blogspot.com/2014/04/look-travelling-makeup-routine-and-tips.html

    *kisskiss*
    -MissPlum-

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's the point!...
      Betul sekali uang yang dipake buat dandan ke salon bisa buat beli foundie premium atau palet sekalian. Hehe.

      Makasih ya Jeng..

      Wuihh, sekarang Miss Plum ngeblog lagi. Assiiiiikkk... :D

      Delete
  9. selamat ya mba dhika atas kelulusannya, kapan2 ajarin dandan dong biar cantik kaya situ :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Jeng Aisyah.. :D...
      Boleh2.. Nanti tipsnya yah.. Tapi yang sederhana baru bisanya.. :p

      Delete
  10. selamaat mbak buat wisudanya :) sebentar lagi aku nyusul ah hahahaha
    ada saran produk2 yg long-wearing nggak mbak? aslinya males ke salon buat dandan, tapi mama paksain. lagian di salon jg pake produk yg ternyata aku ga cocok, so jadi jerawatan *nangis darah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Jeng Andini... Ayo cepet nyusul...
      Produk long wearing itu macem2 kok, sesuaikan sama kulitmu. Kalau foundie memang sebaiknya yang premium, untuk yg long wearing. Hehe..

      Semangat, ayo dandan sendiri.. :D

      Delete
  11. mbak Lady foundation & setting powdernya pakai apa?
    kepingin dandan sendiri besok wisuda, tapi bingung ntar masang sanggulnya gimana ya..

    http://randomandquick.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk foundie aku pake Ultima II yang longlast. Setting powder cukup pake Pixy aja yang udah jadi favorit. Hehe...

      Sanggul memang agak tricky sih Jeng. Tapi bisa kok dilatih. Ayo semangatt.. :D

      Delete
  12. Met kenal...
    Congrats ya udah di wisuda...make upnya keren,flawless dan ga berlebihan
    Bener bgt,kl bisa dandan sendiri lumayan bisa irit yaaakk...
    Aku udah follow blognya...main2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met kenal juga Jeeng..

      Makasih ucapannya... Iya aku juga nggak begitu suka yang heboh2 kalo buat wisuda. Hehe..

      Iya, mainlah.. :D

      Delete
  13. congratulation for your graduation :p
    cantik bangeet, makeupnya simpel tapi tetep cantik.

    kebetulan aku akhir maret kemaren juga abis wisudaan & nekat makeup sendiri haha
    selain irit yang jelas ga perlu bete kalo dandanan ga sesuai sama ekspektasi. Soalnya mukaku salah didandanin dikit jatohnya jadi menor banget :( *curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Jeng Risma,,

      Wah selamat juga ya udah wisuda. Selamat lagi karena berani makeup sendiri.. :D..

      Delete
  14. Hyaa ampunnn.. baru sadar ada namaku gegara referal dr jenganten inii.. aduhh kalau canting kaya jeng lady ini mah ga perlu nyalon.. udah ayuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah. Makasih Jeng, kau menginspirasiku. Wkwkwkwk...

      Delete
  15. selamat ya mbak atas wisudanya,,,,, cantik banget mbak dan sangat menginspirasi,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih ya Jeng Enisa. :D

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. mbak, boleh tau list produknya apa aja yang dipake? mulai face, lip dan eye make upnya. soalnya aq lagi nyari make up yg bagus dan keliatan cerah dan tahan lama kalo dipake. makacii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan ya aku posting. Saat ini aku belum wisuda lagi. Hehehe..

      Delete