Follow Us @andhikalady

Wednesday, March 12, 2014

Cara nge-hack Kontur Wajah memakai Light Eyeshadow dan Blusher

Eh, sebentar, kayaknya pas saya baca kembali judulnya, kok kayak geek komputer banget ya? How to hack? Server mana yang dihack, akun siapa, password apa, Facebook mantan yang mana. Hehe. Lupakan. Tenang, saya nggak akan ngajarin berbuat kriminal di blog ini kok. Yang mau saya share adalah tips gimana caranya bisa hack wajah untuk menghasilkan tampilan yang berkontur dan terlihat bagus.

Apa sih kontur wajah? Kalau di pelajaran Geografi, kita diajari gimana mengenali kontur daratan, pegunungan, lautan dan semua-muanya tentang lekukan permukaan bumi. Nah, kalau kontur wajah itu ya membahas tentang bagian wajah yang berlekuk-lekuk. Kayak hidung mancung, mata tajam, pipi merona, bibir penuh, dan dahi berisi. Permainan kontur wajah ini biasanya dilakukan oleh MUA professional menggunakan shading dan highlight foundation atau benda kosmetik lain yang memiliki karakter gelap dan terang. Ketrampilan kontur wajah ini juga mengenalkan bagaimana caranya memakai shading yang tepat, memakai blush on dengan benar di tulang pipi dan sebagainya. Salah satu MUA yang kemampuan shading-highlight nya sangat saya kagumi adalah Samerkhouzami. Saya suka kepo Instagram dia. Semua orang yang didandani olehnya bisa memiliki kontur wajah sempurna yang wow banget.

Minggu kemarin saya coba-coba meng-kontur wajah saya sendiri. Tapi bukan pakai shading (karena belum punya shading-highlight foundation) melainkan memakai eyeshadow dan blush on. Nah kan, siapa bilang eyeshadow cuma bisa dipakai di mata, blush cuma bisa dipakai di pipi?



Eyeshadow dan blush on apa yang dipakai? 


Untuk eyeshadow, pakai yang warna terang. Boleh putih, peach, beige, atau apapun. Dan usahakan yang memiliki shimmer supaya bisa tertangkap baik oleh cahaya.


Kemudian untuk blush on, bisa pakai warna apa saja. Merk apa saja. Suka-suka kamu pokoknya. Kalau saya pakai Face on Face pink dan Daiso (pink juga).  :)


Nanti, eyeshadow dan blush on ini akan ditimpakan ke bagian-bagian wajah untuk menonjolkan kontur wajah. Namun sebelumnya, semua makeup harus sudah ready di muka. Artinya, proses memberi kontur ini sebaiknya dilakukan ketika sudah selesai pakai makeup. Lalu agian mana saja yang perlu dikasih kontur?
  • Untuk Light Eyeshadow

Pakaikan eyeshadow untuk bagian-bagian wajah ini:
- Sepanjang ujung hidung
- Bawah mata
- Tulang alis
- Sudut dalam mata
- Cupid bow
  • Untuk Blush On

Pakaikan blush on di bagian batang hidung dan dagu. Pastikan pemakaian kontur dilakukan dengan rapi. Pakai jari tangan pun bisa-bisa saja, asal tangannya bersih dan bisa membaurkan dengan rapi.

Hasil before - after kontur wajah pakai eyeshadow dan blush on:

Sebelum pakai kontur, setelah pakai, ketika difoto dengan cahaya dari depan.
Kemarin di FB ada yang menanyakan gimana caranya mendapat foto dengan hasil yang terang begini. Caranya simpel saja, ambil gambar dengan cahaya dari depan. Cahaya itu bisa dari depan atau dari atas. Efek berfoto dengan cahaya dari depan adalah:

- Akan tercipta bayangan cahaya di mata yang membuat mata makin bersinar seperti pakai softlens
- Kantung mata juga menghilang karena cahaya yang tegak lurus tidak akan menghasilkan bayangan.
- Wajah terlihat lebih cerah.
- Mau pose kayak apa, mau monyong, duck face, sampai melet-melet pun jadi terlihat cantik. Hehe.




6 comments:

  1. Cantik jeeng ^^ eh itu buat kontur pake blush on pink, koq difoto jadi terlihat coklat ya? mau coba juga aaah..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Jengg... Mungkin karena pengaruh cahaya. *lampu di kamarku putih agak kuning dikit*... Coba aja Jeng. Masih bisa pake gituan kok meski ga pake shading betulan.. :D

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih Jeng Sheryl... Mumumu...

      Delete
  3. you're so cool! ^.^
    warna blush-nya cocok sekali kakaak :D sekali-kali coba ah nge-contour pake blush, bukan eyeshadow..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Jeng Katherine. Iya, kan lumayan tak perlu pakai shading2 macem-macem. Kalau pake eyeshadow, juga harus hati-hati supaya nggak menggumpal. Secara eyeshadow itu lebih pigmen daripada blush on.

      Delete