Follow Us @andhikalady

Thursday, November 21, 2013

Toner-Toner Hore


Buat saya, toner itu nama lain dari cairan-ajaib-yang-bisa-dipake-ngapa-aja. Dari membersihkan, menyegarkan kulit, pemberi nutrisi kulit sebelum memakai makeup, termasuk menghilangkan muka ngantuk pun bisa. Hehehe. 
Gimana caranya kok toner bisa ngilangin muka ngantuk? Jadii, kalau bangun tidur, muka sudah acak-acakan berminyak tapi masih enggan beranjak, tinggal ambil kapas sama toner, usapin ke seluruh muka. Maka muka segar instan nggak ngantuk sudah didapatkan. *ini tips apah?*

Karena multifungsi, saya hampir bisa dikatakan nggak bisa hidup tanpa toner. Meski muka sudah dibersihkan pakai remover, milk cleanser, facial foam, dll, kalau belum pakai toner, rasanya ada yang kurang pokoknya. Kali ini, saya mau bahas enam macam toner yang mudah dibeli di toko-toko dekat rumah.


1. Ponds White Beauty Lightening Toner


Toner ini sudah pernah saya bahas di sini.  Kesimpulannya, saya suka dengan wangi dan daya bersihnya. Tetapi kurang cocok untuk kulit berminyak seperti saya. Dan lagi, toner ini memiliki kandungan pencerah. untuk yang ingin mencerahkan kulit wajah (dan tidak berminyak) bisa pakai toner ini.

2. Clean and Clear Essential Oil-Control Toner

Clean and Clear pernah menjadi toner favorit saya dahulu. Wanginya enak dan segar. Toner ini nampol banget dipakai untuk membersihkan makeup tipis (pelembap + bedak) meski tanpa penggunaan milk cleanser sebelumnya. Tinggal ambil kapas, tetesi dengan toner ini, lalu usapkan ke muka. Cuma begitu saja sudah lumayan bersih kok. Hanya saja, toner ini kurang mampu untuk membersihkan makeup yang tebal seperti memakai foundation. Berhubung sekarang sudah banci dandan, saya merasa kurang dengan toner ini saja. Alhasil, supaya toner Clean and Clear ini tetap bisa saya pakai, biasanya saya dahului dengan milk cleanser agar muka dapat dibersihkan dengan maksimal.
Oh iya, ada satu hal yang cukup mengganggu saya di toner ini, yaitu kandungan alkoholnya yang kentara banget. Bagi yang nggak tahan, ketika membersihkan daerah dekat mata dan hidung, bisa terasa perih akibat aroma alkohol yang jelas banget.

3. Mustika Ratu Penyegar Sari Ketimun

Bagi yang suka dengan bahan alami, toner dari Mustika Ratu ini bisa dicoba. Sebenernya ini punya teman kost saya yang kulitnya agak kering. Aroma segar ketimunnya bikin tenang dan segar. Toner ini mengklaim dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Tetapi sayangnya, toner ini 'rasa' alkoholnya lumayan masih ada.

4. Mustika Ratu Air Sari Mawar Putih

Saya agak ragu-ragu mengkategorikan Air Mawar sebagai toner. Soalnya lebih sering saya pakai sebagai pelarut masker daripada sebagai toner. Lagipula saya kurang menyukai aroma mawar. Tetapi air mawar boleh-boleh saja digunakan sebagai toner. Kandungannya lebih alami, tidak memakai alkohol dan aromanya asli.

5. Viva Face Tonic Green Tea


Ini termasuk toner favorit yang selalu saya stock. Selain harganya murah, toner ini aromanya enak. Campuran antara wangi teh dan aroma menyengat Tea Tree. Toner ini mengklaim dapat meringkas pori karena mengandung ekstrak Witch Hazel. Dari kesemua toner yang saya bahas di sini, Viva green tea yang memiliki kandungan yang bersahabat dengan kulit paling banyak. Di antaranya Green Tea, Tea Tree Oil, Allantoin dan Witch Hazel. Green Tea dan Tea Tree membantu penyembuhan jerawat, Allantoin membantu regenerasi kulit dan Witch Hazel membantu meringkas pori.

6. Wardah Pore Tightening Toner


Toner Wardah yang satu ini merupakan toner yang paling 'ramah' dilihat dari segi bahan pembuatnya. Dia tidak mengandung alkohol dan paraben. Toner ini mengandung Witch Hazel dan Aloe Vera (meski tidak disebutkan untuk promosi) yang diklaim mampu meringkas pori dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Teruss, yang bikin saya juga suka dengan toner ini adalah aromanya yang enak, mirip parfum cowok. Hihihi.

Sejauh ini, toner yang paling hore buat saya adalah Viva Green Tea dan Wardah Pore Tightening. Mereka berdua cukup mampu mengatasi minyak berlebih dan pori-pori melebar di kulit saya. Dengan catatan, sebenarnya jangan terlalu berharap sama produk yang bilang bisa meringkas pori secara menyeluruh. Saya pernah baca bahwa pori-pori yang sudah melebar itu sudah tidak dapat diperbaiki lagi. :((. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga supaya pori-pori itu tetap bersih sehingga tidak menimbulkan masalah kulit.

Di bawah ini tabel informasi untuk semua toner-toner yang sudah dibahas.



Ada yang tanya, cara memakai toner yang benar itu seperti apa sih? Bermacam-macam tips banyak terdapat di Google. Ada yang mengatakan sebaiknya setelah cuci muka. Ada yang menyarankan memakai step milk cleanser-facial foam-toner. Ada pula tips-tips lain. Kalau untuk saya, semua tips itu tidak ada yang salah.Tergantung seberapa tebal makeup kita. Kalau cuma pakai makeup tipis seperti pelembap dan bedak tabur, memakai facial foam + toner saja untuk membersihkan muka juga sudah cukup.

Beda ceritanya kalau memakai sunblock, foundation, eyeshadow, maskara, lipstik, dan berton-ton alat makeup. Jika cuma pakai facial foam + toner untuk membersihkan makeup setebal itu, artinya kamu baru saja teken kontrak untuk buka peternakan jerawat di muka. Sebaiknya gunakan remover, cleansing oil, minyak zaitun(EVOO), baby oil dan sejenisnya supaya wajah lebih bersih dan jauh dari jerawat. Sementara, untuk toner, gunakan sebagai step pembersihan paling akhir ketika wajah sudah bersih dari makeup.

Jadi, toner apa yang paling hore buat kamu?

@andhikalady

20 comments:

  1. wardah harganya berapaan jeng? mau beli juga ah.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20-30 --> mahal bener..

      di pwt cuma 18 + diskon 10%

      Delete
    2. Wah, murah banget di PWT.. Itu harganya juga belum pasti Jeng. Agak lupa soalnya.. :D

      Delete
  2. Horeee Wonder Pore. Udah jadi HG ^^

    ReplyDelete
  3. Waaaaaa info keren :D ditabelin gitu
    Aku juga lagi pake air sari mawar itu buat campuran masker :3 adem nyess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Sama aku juga suka air Mawar.. Hore banget buat bikin masker..

      Delete
  4. sudah pernah coba nivea belum mba?? itu bagus juga lhoo.. hehehe..

    ReplyDelete
  5. aku suka banget viva green tea toner, tapi aku masukkin botol semprot jadi klo bnagun tidur atau siang2 gitu tinggal semprot. efeknya muka kerasa seger & aromanya juga bikin seger, cuma hati2 klo kena mata karena perih hihihihi.....

    ~ luluzahra ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus merem dong ya berati? Baiklah, nice tips tuh, boleh2 dicoba. Hahahaha... :D

      Delete