Follow Us @andhikalady

Friday, March 9, 2018

Zaman Sudah Berganti, Namun Hijab Segi Empat Tetap di Hati

Menjadi seorang perempuan berhijab yang terseret arus kekinian memang nggak bisa dilepaskan dari tren-tren pemakaian hijab. Contoh, beberapa dekade lalu saat perempuan Indonesia mula-mula berani berhijab, jenis kain segi empat yang dilipat jadi segitiga menjadi satu-satunya model hijab di kala itu. Kemudian di era hijaber ketika beberapa tahun lalu saat nama Dian Pelangi mengemuka, tren hijab warna-warni tumpuk-tumpuk beredar di mana-mana. Dari jalanan, mal, sekolah, hingga ke tempat-tempat kerja. Sementara kini, pemakaian hijab seakan kembali ke model simple = segi empat.

Betul bahwa tujuan hijab adalah untuk menutup aurat dan menaati perintah agama. Namun tetap tidak menampik bahwa kita -- para perempuan ini, gemar berekspresi dan mencoba-coba banyak model asalkan masih berada di dalam koridor Islami.

Berhijab segi empat saat ke The Body Shop

Bicara soal hijab segi empat, saya setuju banget kalau hijab jenis inilah satu-satunya hijab yang dapat dipakai secara cepat tanpa mengeluarkan ekses tembemnya pipi secara berlebihan. Berbeda dengan kawannya, pashmina, yang bagi saya cukup sulit untuk menyembunyikan pipi yang tumpeh-tumpeh.

Sementara dengan hijab segi empat, tinggal lipat, pilih bagian yang rapi, sampirkan di kepala lalu dipeniti setelahnya. Langsung jadi, rapi dan tidak perlu banyak tetek bengek. Bahkan saat wisudapun saya memakai hijab segi empat lho. Begini bentuknya.....

Wisuda mengenakan hijab segiempat

Hal lain yang membuat saya tetap jatuh cinta dengan hijab segiempat adalah sekarang motifnya lucu-lucu dan kalem. Jika beberapa tahun lalu hijab segiempat masih berkutat di motif polos dan turunannya, sekarang sudah beralih ke motif-motif yang lucu dan unik. Coba diingat-ingat pernah ada berapa helai hijab paris yang berada di lemarimu? Lalu bandingkan dengan keanekaragaman hijab yang kamu miliki sekarang.

Motif kalem dan bahan yang nyaman dikenakan

Sumber
Bentuknya memang sederhana, cara pakainya juga sederhana. Namun dengan penambahan motif hijab yang menarik dan eye-catching, pemaikaian hijab segiempat ini bisa membuat pemakainya kelihatan stand-out tanpa perlu banyak aksesori. Seperti pada contoh yang saya ambil dari website hijup.com di atas ini, tanpa perlu dimodel macam-macam, bisa memberikan hasil tampilan yang elegan.

Tips: jika bajumu polos, pilih hijab segiempat yang bermotif untuk mengimbangi baju yang monoton. Untuk tampilan yang lain dari yang lain, pilih hijab dengan aksen pompom seperti pada contoh.

Cepat dipakai. Tanpa ribet dan tidak menggunakan jarum secara berlebihan

Sumber

Berbeda halnya dengan hijab lapis-lapis yang membuatmu cukup sesak dan memerlukan banyak jarum, hijab segiempat sehelai ini sangat praktis dan nyaman. Cukup memakai 1 hingga 3 jarum atau peniti, hijab sudah terpasang dengan sempurna. Yang penting kerapihan dan bentuk moncong hijab di atas dahi dibuat sebaik-baiknya.

Tips: Selalu setrika hijab segiempatmu sebelum dipakai. Nggak lucu rasanya kalau hijabmu masih kusut dan dipaksa pakai. Motif putih dan biru jeans seperti pada contoh dapat membuatmu terlihat fresh dan terkesan 'bersih'.

Kamu bisa gunakan hijab segiempatmu sebagai fashion statement, atau pelengkap busana. Tergantung motif yang kamu pakai

Sumber
Baju yang polos dan diimbangi dengan hijab warna senada dengan motif yang cukup ramai akan membuat hijabmu dipandang sebagai statement tersendiri. Sementara jika kamu mengenakan motif hijab yang simpel dan tidak banyak variasi, maka akan menonjolkan karaktermu sebagai muslimah yang memperhatikan value. Apapun pilihanmu, hijab segiempat tetap bisa menjawab kebutuhanmu.

Tips: Untuk pemilik dahi yang lebar ataupun rambut yang tumbuh sampai ke dahi, gunakan ciput renda atau rajut kekinian dengan warna senada dengan hijabmu. Ini akan membantumu melebarkan lingkaran hijab yang membuka wajah supaya ujung alismu tetap terlihat.

Tips memakai hijab segiempat ala Jenganten

Sebagai pemakai hijab pemula, memilih hijab segiempat sebagai awal-awal koleksi merupakan pilihan terbaik. Selain cara memakainya yang sangat mudah, kamupun tidak perlu menggunakan banyak jarum yang berpotensi mencederai.

Untuk yang sudah bertahun-tahun berhijab, mengoleksi hijab segiempat juga sangat penting, apalagi sangat fleksibel dan nyaman dipakai. Sebagai ilustrasi, saya sudah memakai hijab +- 11 tahun dan tidak pernah kecewa dengan bentuk hijab segiempat. 

Untuk yang tengah beranjang ke hijab syar'i, hijab segiempat juga memenuhi kebutuhanmu dalam menciptakan helai kain yang menutup dada dan pundak. Jika hijabmu terlalu tipis, kamu bisa melapisinya dengan hijab yang lain agar memiliki ketebalan yang optimal. Sementara jika hijab yang kamu miliki terlalu sempit, kamu bisa melipatnya agar memiliki area yang cukup lebar untuk disampirkan secara menutup dada. 

Sumber
Sedangkan tempat untuk mendapatkan hijab segiempat dengan motif kekinian bisa kamu sontek di toko online HIJUP (seriusan ini hampir semua motifnya bikin ngiler!). Produk-produk yang dijual di hijup merupakan produk eksklusif yang motif-motifnya jarang banget ditemukan di selain hijup. Meski bentuknya sama, kalau motif hijab segiempat yang kita pilih sudah keren dan mewakili, maka tidak ada hal lain yang membuatmu terlihat kurang elegan bukan?

No comments:

Post a Comment