Wednesday, September 7, 2022

Review Skintific 5x Ceramide Moisturizer. Rawat Skin Barrier Kita Yuk!

Sering mendengar istilah skin barrier?

Kalau iya, selamat. Artinya kamu selangkah lebih baik dalam memahami kondisi kulit kamu. Ingat, dengan paham kondisi kulit sendiri, kamu akan lebih bisa memilih dan memilah skincare sesuai kebutuhan kulit kamu. 

Sebetulnya, apa sih skin barrier itu? Dan mengapa istilah skin barrier itu baru trending dalam dua tahun terakhir ini.

Kita awali dengan membahas tubuh kita secara umum. Pada dasarnya, setiap inci tubuh kita itu mempunyai mekanisme yang disebut pertahanan diri dari segala kuman penyakit dan juga benda asing. Ini yang orang namai sebagai sistem imun. Nah, kulit kita juga sama. Mereka punya sistem pertahanan dari terpaan dunia luar yang terdiri dari: radikal bebas, kuman penyebab jerawat, debu, sinar matahari dan sejenisnya. 

Sistem pertahanan itulah yang dinamakan skin barrier.

Skintific 5x Ceramide Moisturizer

Skin barrier inilah yang menjaga tubuh kita, khususnya kulit, dari efek yang ditimbulkan dari terpaan dunia luar tersebut. Semakin sehat skin barrier kita, maka semakin kulit kita tahan terhadap penyakit. Misal jerawat, komedo, minyak berlebih, dan sebagainya.

Contoh yang punya skin barrier bagus adalah kulit bayi. Kulit mereka punya kemampuan menyembuhkan diri dengan cepat sekali. Mau panas gimana pun, mau kena apapun, kok kulitnya mulus terus ya? Cepat sembuhnya ya?

Salah satu komponen skin barrier adalah ceramide, yaitu sejenis molekul lemak yang bertugas menjaga kelembapan kulit. Ada banyak faktor yang membuat ceramide berkurang. Beberapa di antaranya adalah usia, paparan radikal bebas seperti sinar UV, dan kurangnya perawatan kulit.

Kebalikannya, kalau skin barrier kita rusak, kulit kita juga akan mudah terkena penyakit. Misalnya, mudah jerawatan, kusam, kering, dan akibat-akibat negatif yang ditimbulkan.

Ini menjawab mengapa semakin bertambahnya usia, kulit kita semakin kering, kehilangan elastisitas, kerap timbul flek hitam, dan masalah lainnya.

Untuk itulah penting sekali untuk merawat skin barrier kita. Pengen kan, kulit kita kembali lagi seperti bayi? Kenyal, halus, mudah menyembuhkan diri, dan senantiasa lembap. Caranya bagaimana?

Penting sekali menjaga skin barrier agar imun kulit juga kuat.

Caranya adalah dengan mempertahankan kelembapan sebaik mungkin. Lupakan sejenak keinginan untuk mencerahkan/memutihkan kulit. Kalau kamu merasa kulitmu mudah bermasalah, sebaiknya pilih skincare yang mengembalikan kelembapan/skin barrier itu tadi.

Salah satu kunci ingredients skincare dengan karakter memperbaiki kulit adalah ceramide. Meskipun pada dasarnya kulit kita sudah memiliki ceramide, tetapi dengan bantuan ceramide dari luar akan sangat membantu memperbaiki skin barrier yang telah rusak.

Yang paling aku sarankan untuk ceramide ini adalah Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel. Ini adalah moisturizer yang amat sangat membantu mengembalikan skin barrier kulit dengan cepat dan efektif.


Manfaat kandungan dalam Skintific 5x Ceramide.



Ingredients.


Skintific 5x Ceramide mengandung bahan-bahan yang memang ditujukan untuk memperbaiki kulit.

- Ceramide, yang bermanfaat menggantikan ceramide alami kulit sekaligus mengunci kelembapan kulit.
- Hyaluronic Acid, berguna untuk memberi kelembapan ekstra pada kulit. Oh iya, HA ini molekulnya sangaaat kecil dan mudah masuk ke dalam sel kulit lho.
- Centella, sebagai agen soothing kulit/penyejuk kulit sekaligus anti inflamasi.
- Marine-Collagen, untuk menjaga elastisitas kulit.

Kandungan aktif dalam Skintific 5x Ceramide.


Keren sekali bukan, hero ingredients-nya? Seperti semua bahan terbaik dimasukkan dalam satu pot, demi untuk memperbaiki skin barrier kulit.


Packaging.


Skintific 5x Ceramide datang dengan kemasan pot yang dilengkapi dengan spatula. Ini sangat memudahkan pengaplikasian ke kulit. Aku suka dan cocok sekali dengan desain ini, pasalnya aku kurang suka mencolek-colek tangan sendiri ke dalam pot. Takut terkontaminasi kuman. 


Dilengkapi spatula agar mudah mengambil cream.


Cara pakai versi aku:


Setelah membersihkan wajah, gunakan toner dan serum Skintific. Kalau yang sedang aku pakai adalah Serum Skintific Anti Acne Serum. Setelah itu barulah pakai Skintific 5x Ceramide Moisturizer secukupnya. Kalau pagi hari, aku tambahkan lagi dengan sunblock. Kalau malam hari, bisa tanpa tambahan apa-apa lagi atau tambahkan sleeping mask.


Kulit jadi happy setiap kali usai memakai Skintific 5x Ceramide.


Tekstur.


Tekstur Skintific 5x Ceramide adalah creamy, tidak ada kesan minyak sama sekali, tapi cukup kuat untuk tidak mbleber saat diambil dengan spatula. Creamnya juga mudah meresap dalam sekali usap. Meski begitu, tidak ada kandungan alkohol sama sekali di dalam cream ini.

Untuk menjaga agar cream selalu higienis, aku mencoba untuk tidak menyentuh cream langsung dengan tangan. Melainkan menggunakan spatula, untuk kemudian dioleskan ke kulit wajah. Satu sendokan spatula sudah cukup satu wajah lho. Meski di beberapa video review, ada juga yang memakainya dengan jumlah yang cukup bar-bar.


Ini kalau dibalik tidak akan jatuh ke lantai, kok.


Kesan pemakaian.


Sejauh ini, Skintific 5x Ceramide sangat mampu memberikan hasil yang memuaskan untuk kulitku. Apalagi di saat kulitku sedang bermasalah dan butuh skincare SOS. Misal kalau sedang berjerawat, opsi pertamaku adalah memperbaiki skin barrier, baru setelah itu mengobati jerawat. Kenapa? Timbulnya jerawat atau kusamnya kulit bisa jadi akibat skin barrier yang rusak.

Ingat, memakai skincare adalah investasi jangka panjang. Bayangkan apabila kita rajin merawatnya sejak sekarang, menjaga kelembapannya, perhatian dengan setiap inci kulit, mampu 'mendengar' apa yang kulit inginkan, dan memberikan perawatan yang terbaik, maka 20 atau 30 tahun ke depan, niscaya kulitmu akan baik-baik saja.

Menjadi moisturizer favoritku.


Andhika Lady.

0 komentar:

Post a Comment