Friday, April 16, 2021

Teknik Makeup Kekinian yang Baru-baru Ini Ditemukan

Seperti halnya ilmu sains, makeup juga mengalami perkembangan teknik-teknik yang kian ajaib dari waktu ke waktu. Dahulu para perias sudah cukup puas dengan membubuhkan blush on pink, bedak warna kuning pengantin, dan shading hidung 'nyambung' dengan alis. Namun kini tak lagi seperti itu, para perias/MUA banyak mengembangkan teknik baru merias wajah yang dapat menghasilkan riasan yang WOW. Kadang ikut takjub dan penasaran bagaimana sih cara menciptakan look yang ajaib itu?

Itulah mengapa penting sekali untuk update perkembangan makeup dari waktu ke waktu. Salah satu ketakutan saya (dan juga para MUA pada umumnya) adalah saat ilmu makeup kian berkembang, saya masih betah dengan teknik yang itu-itu saja, sementara banyak MUA-MUA baru yang datang dengan teknik terbaru. Intinya adalah saya nggak mau ketinggalan, karena sebaik-baik ilmu adalah yang terus menerus dipelajari seiring dengan perkembangannya.



Selama tahun kemarin, saya beberapa kali menemui adaptasi teknik-teknik baru dalam rias wajah. Apa saja? Ini di antaranya:


1. Makeup TANPA cukur alis.

Untuk alasan agama, sebagian dari kita menghindari proses cukur alis saat dirias. Perias zaman dahulu agaknya cukur alis merupakan hal 'wajib' dilakukan setiap merias pengantin. Perkara alis pitak, biarlah jadi urusan si pengantin itu sendiri. Tidak jarang saya menemui Mbak-mbak yang mengeluh alisnya dicukur separo bahkan sampai habis saat dirias. Udah begitu, si perias nggak pake izin dulu langsung main cukur aja gitu. Ini secara etika juga kurang bagus kan? Bayangkan pas malam pertama, wajah si pengantin langsung berubah jadi 'seram' akibat alis dibabat habis.

Alhamdulillah, sekarang sudah ditemukan teknik membentuk alis tanpa cukur. Setebal apapun alis, bisa diakali dengan teknik ini. Caranya adalah dengan disisir dengan sejenis krim khusus bahkan ada pula yang menggunakan lem alis.

Nah, sekarang para MUA nggak bisa beralasan lagi saat klien meminta no cukur alis.


2. Obras bulu mata.

Sebelumnya, kita sudah mengenal teknik jahit bulu mata, yaitu sebuah cara supaya menghasilkan bentuk mata yang lebih terbuka. Ingat, mata besar = wajah terlihat lebih cantik. Ini saya bukan sedang eye shaming ya, tetapi memang begitu. Di setiap bentuk ketidaksempurnaan pada mata, para MUA akan menggunakan segala cara dan upaya supaya bagian mata tampak lebih besar dan vibrant.

Kini telah ditemukan cara untuk membuat mata lebih lebar & besar tanpa operasi, namanya OBRAS bulu mata. Caranya adalah dengan menempelkan/menumpuk bulu mata tambahan di bagian bawah bulu mata asli dengan teknik tertentu. Terdengar sulit? Sebetulnya kalau sudah tahu caranya, niscaya lebih mudah kok.


3. Foundation bakar.

Langkah makeup zaman ibu-ibu kita dahulu adalah susu pembersih - toner - foundation - bedak kuning. Sekarang beda lagi dong. Ada sebuah teknik bernama foundation BAKAR. Bukan foundation-nya yang beneran dibakar, tetapi dipanaskan sampai suhunya cukup untuk menghangatkan foundation agar lebih mudah menempel dengan kulit. Teknik ini bertujuan untuk menyamakan suhu foundation dengan suhu kulit. Saat foundation yang sudah hangat ditempelkan ke kulit, harapannya akan lebih menyatu dan membuat makeup awet seharian.


4. Lifting effect.

Sekarang, mari resapi baik-baik kecantikan Bella Hadid.



Penampilan Bella Hadid yang tekesan fiercy tidak terlepas dari bentuk matanya yang indah dan 'menukik' ke atas. Inilah yang dinamakan efek lifting. Bella mungkin melakukan semacam prosedur operasi plastik, tetapi kami para MUA bisa menerapkan efek ini dengan sedikit bubuhan shading dan counturing di bagian sudut mata terluar. 

Dipadu dengan pewarnaan blush on, bronzer, dan foundation, efek Bella Hadid look bisa kita dapatkan.



- Ingin mempraktekkan sendiri teknik-teknik di atas sambil dipandu dari 0?

- Ingin mengerti dan mempelajari istilah dunia per-makeupan?

- Ingin menambah khazanah ilmu rias?


Jenganten membuka kelas private makeup exclusive. Nanti kamu bisa mempelajari teknik terbaru agar skill makeupmu semakin kekinian. Info 085227555610


Andhikalady

0 komentar:

Post a Comment