Featured Post

Paket Wedding Makeup New Normal

Halo, Jenganten & team memberikan service sebagai MUA untuk segala acara, makeup wedding, makeup wisuda, makeup bridesmaid, makeup eng...

Foundation Bakar Tahan Lama ala MUA Jenganten

Banyak yang penasaran bagaimana cara MUA meracik atau meramu makeup dasar (complexion) agar tampilannya lebih tahan lama. Bahkan pada MUA yang sudah berpengalaman, makeup mereka masih stay meskipun dipakai nangis atau bahkan siraman. Tahu sendiri kan, keringat minyak dan air itu 'musuh' terbesar makeup?

Inilah mengapa keberhasilan para MUA salah satunya dinilai dari ketahanan makeup (terutama wedding) yang masih ON meski dipakai berdiri dan cipika-cipiki berjam-jam. Apa sih rahasia racikan yang bisa bikin tampilannya bagus, halus, dan tahan lama?

Complexion

Pada dasarnya setiap MUA punya teknik yang berbeda-beda tergantung pada jam terbang dan pengalaman. Umumnya kami melakukan beberapa kali trial pada jenis kulit yang berbeda-beda untuk mencari tahu mana racikan yang paling berhasil untuk klien. Bisa jadi, racikan MUA A beda dengan MUA B, termasuk racikan untuk kulit cenderung kering pun akan berbeda dengan kulit berminyak.

Di sini saya coba ngeshare racikan apa saja yang sering saya pakai dan terbukti tahan lama untuk kulit kering maupun kulit berminyak. Perlu diketahui ini adalah racikan saya sendiri, no trademark (silakan dicoba sendiri atau disebarkan), juga bisa punya efek berbeda-beda pada tiap MUA. So, anggap saja ini untuk menambah pengetahuan.

Aturan 1: Foundation bakar lebih cocok diaplikasikan pada kulit berminyak

Tujuan melakukan pembakaran foundation adalah menciptakan ramuan yang bercampur dan diharapkan dapat menyatu dengan kulit. Kenaikan suhu saat pembakaran akan cocok dan pas saat diusapkan ke kulit sehingga dapat menyatu. Berdasarkan pengalaman beberapa MUA, kulit berminyak lebih berjodoh dengan foundie bakar daripada kulit kering.

Aturan 2: Sendok lebih bagus sebagai media bakar daripada palet stainless

Proses pembakaran foundation akan membuat teksturnya semakin cair. Pada palet yang berbentuk rata, dikhawatirkan akan meleleh dan jatuh ke tepian palet. Maka dari itu, gunakan sendok biasa atau palet dengan permukaan cekung untuk menampung foundaton. Oh iya, gunakan palet stainless yaa, karena pembakaran hanya akan membuat palet bahan akrilik menjadi ikut meleleh

Aturan 3: Jangan membakar foundation bertipe matte

Meskipun sama-sama 'meleleh' saat dibakar, foundie krim lebih efektif dibakar daripada foundie matte setelah dipakai di wajah. Pernah kejadian di saya saat mencoba melelehkan foundation Maybelline Matte, malah crack di kulit. Untung nyobanya pas bikin portfolio, bukan saat ngejob. Duh.

Aturan 4: Bisa diterapkan untuk produk shading yang keburu kering

Misal kamu punya produk shading cream yang sudah kering, lelehkan saja dengan cara dibakar. Kemudian ditap-tap ke bagian yang memerlukan shading. Saya punya shading cream merek Focallure, sudah dicoba diteteskan Inglot Duraline, tetapi tidak ngefek. Akhirnya saya coba dengan cara dibakar. Alhamdulillah berhasil baik tetapi harus ditap-tap dengan cepat, karena gampang ngeset.

Aturan 5: Jangan dibakar terlalu lama, cukup sampai melt saja

Karena jika dibakar terlalu lama, dikhawatirkan ada beberapa kandungan foundation yang menguap sehingga mengurangi khasiatnya. Cukup dibakar dengan memanasi sendoknya saja, kemudian ambil spatula untuk mengaduk-aduk sampai merata. Siap digunakan.

Bagaimana dengan pengalaman membakar foundation ala kamu?

0 Response to "Foundation Bakar Tahan Lama ala MUA Jenganten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel