Tuesday, September 12, 2017

[Jenganten X Tosave] Pelesir ke Pantai Menganti

Setidaknya ada 4 hal yang membuat saya suka sama pantai:

1. Bau udaranya amis-amis segar gimanaa gitu
2. Satu-satunya tempat di mana kita bisa memandang sejauh mata melihat
3. Tidak ada angin yang berhembusnya kayak di pantai
4. Dan A-Z alasan yang membuat saya sampai nggak percaya ada orang yang nggak suka dengan pantai

Selama sebulan terakhir ini, saya ke pantai Menganti, Kebumen sebanyak 2 kali. Kali pertama karena kebetulan lewat area sini pas melalui jalan jalur selatan Jogja-Cilacap. Kali kedua karena berhasil meracuni Bapak untuk pelesir ke sana dengan membawa segenap keluarga, pokoke udah kayak tulisan di bawah "turut mengundang" deh.

Sekilas soal pantai ini, Menganti berada di bagian selatan-barat kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sementara rumah ortu saya di Cilacap bagian timur, sehingga untuk menuju ke pantai Menganti lumayan dekat meski harus pindah kabupaten. 

Menganti dari atas

Banyak orang yang bilang, bahwa untuk menuju tempat yang indah membutuhkan jalan yang tidak mudah. Hal ini menggambarkan pantai Menganti dengan presisi. Sebab, jalan untuk menuju ke sana harus dilalui dengan terjal, naik turun, sempit dan berpotensi membuat driver mobil keteteran jikalau kurang lihai mengoperasikan rem tangan.

Kamu bisa menuju pantai Menganti dengan menelusuri jalur Pantai Ayah kalau dari arah barat, atau dari jalur pantai Karangbolong jika dari arah timur. Jalur naik dari arah barat lebih pendek daripada jalur dari timur. Jalanannya cukup menantang naik turun dan berkelok-kelok, sehingga perlu dipastikan dulu stamina kendaraan dan drivernya. Saya pernah mencoba pakai motor bebek, karena nggak terbiasa di jalanan naik turun, beberapa kali saya perlu menggerung motor lebih keras. Kalau naik mobil, pastikan sudah ahli mengoperasikan rem tangan yaa.

Kalau nggak tau ancer-ancernya, paling gampang sih ngecek Google Map Pantai Menganti.

Menganti dari bawah

Sampai di lokasi, kamu akan menemukan pantai dan bukit seolah-olah menjadi satu bagian yang terpisah. Di bagian bawah yang landai, wisatawan bisa melakukan selancar (ada instrukturnya), kedai sea-food, atau sekadar berjemuran di atas pasir. Namun kegiatan favorit saya adalah: keceh-keceh air yang berbatu sambil foto-foto.

Pantai berbatu

Untuk makanan, tidak perlu ditanya ya Ges, karena di sini adalah tempat belabuhnya kapal nelayan. Oleh karena itu jumlah ikan dan aneka sea-food melimpah ruah di sini. Kamu bisa pilih, mau minta asam manis patin atau cumi sotong crispi semuanya ada. Tinggal pilih warung mana yang menurutmu paling nyaman dan enak dipakai duduk-duduk isirahat.

Atau kalau kamu menghindari seafood atau nggak doyan atau lagi ngirit, bisa juga pesan indomi hangat. Tapi rugi banget sih, jauh-jauh ke Menganti masak pesannya indomi?

Kalau ada yang tanya apakah ada akomodasi semisal ingin merasakan suasana malam di Menganti, jawabannya ada banget. Sejauh saya lihat, kurang lebih ada 4 atau 5 cottage yang bisa diinapi. Ingin suasana yang lebih 'ngalam', kamu juga bisa pasang tenda dan kemping di areal sana kok. Asalkan harus izin dulu dengan pengelola setempat.

Special by Tosave
Untuk ke pantai, tentunya kita akan perlu pakaian yang representable. Harus nyaman dari segi ergonomis, serta punya nilai estetik yang baik saat dilihat. Membahas soal outfit, di sini saya memakai summer polkadot dress dari Tosave. Bahannya loose banget, sehingga kalau sedang tertiup angin, jadi kelihatan bagus. Namun teksturnya cukup menerawang sehingga untuk yang berhijab, perlu menambahkan manset/celana legging sebagai dalaman.


Harganya juga cukup terjangkau, sekitar 80ribuan sudah dapat dress panjang. Kamu bisa mendapatkannya di Tosave dengan aneka pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan dan keinginan kamu.

So, sepertinya kesenangan saya dengan pantai bertambah saat memakai baju yang nyaman dan sesuai apa yang saya mau. Kalau dengan demikian bisa menambah kesenangan dan kesehatan jiwa, kenapa tidak dilakukan?



SheInHair

@andhikalady

2 comments:

  1. Ketika aku rindu pantai dan membaca tulisanmu, aduh mbaaaa jadi makin makin rindu :(

    btw mba, aku baru follow dirimu huehehe
    followback yaah , makasih :*

    Mampir yuk,
    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke pantailah Ses. Kita semua butuh vitamin Sea.. :*

      Delete

Ads