Follow Us @andhikalady

Tuesday, April 7, 2015

Istilah Baru di Glossary Jenganten

Di laman blog ini, ada bagian Glossary, yang mana di situ berisi macem-macem istilah yang sering kita temui di tulisan-tulisan para blog kecantikan. Bagi kalangan tertentu, istilah-istilah di sana nggak asing. Tapi bagi sebagian orang yang baru kenalan sama makeup, sama produk kosmetik, atau baru belajar dandan, barangkali ada kata yang relatif baru diketahui. Karena nggak mau pembaca blog jenganten.com kebingungan sama istilah-istilah itu, akhirnya saya bikin laman Glossary itu deh.

Hari ini saya baru nambahin 9 istilah baru di kamus kecil-kecilan Jenganten punya. Tapi pengertian yang tertulis di situ saya himpun berdasar kata-kata saya sendiri. Jadii, nggak menutup kemungkinan pengertiannya akan berbeda antara aku dan kamu (eaaaa). So, nggak usah ragu kalau ingin merevisi, toh saya juga pengen nambah wawasan dari kamu-kamu.

Gambar holy grail dari sini.
PAO: singkatan dari Product After Opening. Menandakan batas waktu kualitas produk setelah kemasan produk dibuka. Misal tertulis PAO 6M. Artinya produk tersebut masih dalam kondisi baik 6 bulan setelah kemasan dibuka.
Primer eyeshadow: semacam dasar makeup yang dipakai sebelum memakai eyeshadow. Tujuannya adalah untuk membuat warna eyeshadow lebih vibrant dan tahan lama.
Primer makeup: semacam dasar makeup yang dipakai sebelum memakai foundation atau BBcream. Tujuannya adalah untuk memperhalus tekstur kulit, meratakan warna kulit, dan memperbaiki kekurangan warna kulit.

Holy Grail: istilah untuk menggambarkan produk ini cocok, enak dipakai, nggak ada tandingannya banget buat saya = produk ini holy grail buat saya.
Glitter/Shimmer: kandungan butiran-butiran yang berkilau yang ada di produk makeup, biasanya di bedak, eyeshadow, blush on. Bahkan foundation juga ada yang punya kandungan glitter dan shimmer.
Pigmented: keadaan untuk menjelaskan warna makeup (biasanya eyeshadow) yang warnanya terlihat vibrant dan jelas ketika dipakai.
Crease: bermakna lipatan alami pada kulit. Misalnya lipatan mata, lipatan garis senyum. Adakalanya sebuah produk semisal foundation, ketika dipakai agak lama bisa menimbulkan crease. Artinya menimbulkan kesan lipatan-lipatan pada bagian kulit tertentu.
Cushion: bantal yang diipakai untuk 'bersemayam' produk yang sifatnya cair. Saat ini banyak produk yang berjudul cushion-cushion. Artinya produk cair tetapi disimpan dalam bantalan busa.
Oxy/oxide: kamu memakai foundation/bedak/BB cream, dan selang beberapa waktu warnanya berubah lebih menggelap. Itu namanya oxy, maksudnya produk tersebut teroksidasi sehingga berubah warna. Produk yang mudah teroksidasi artinya kualitasnya kurang bagus.    

Demikianlah, untuk lebih lengkapnya, klik di lamannya langsung yah.
Sampai jumpa kembali di post-post berikutnyah.. Mwahh!



+Andhika Lady Maharsi  

No comments:

Post a Comment