Follow Us @andhikalady

Sunday, March 15, 2015

Etude House Magic Any Cushion Mint Primer

Saya sudah lama mempertimbangkan untuk memiliki primer makeup yang cocok untuk problematika kulit saya: mudah kemerahan, berjerawat, dan warnanya kurang rata. Beberapa pilihan sempat masuk di list beli. Tapi ujungnya saya mengadopsi primer produk Etude yang berjudul Magic Any Cushion Primer, hasil nitip sama Jeng +terry perdanawati yang waktu itu abis dari Korea sama suaminya. Hihi.


Well, sebenarnya apa sih pengertian dan kegunaan primer makeup? Primer makeup adalah produk kosmetik yang dipakai untuk mendasari kulit wajah sebelum pemakaian foundation. Fungsinya antara lain untuk meratakan warna kulit, membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, dan membantu mempertahankan stay power makeup. Harapannya, dengan memakai primer, kulit kita jadi makin halus teksturnya, makin rata warna kulitnya, dan makin ketutupin kekurangannya. Nah, menggiurkan kan, primer itu? Primer makeup sudah kian menjadi kebutuhan primer.

Teknologi yang ada saat ini membuat kita mengenal bermacam-macam primer. Ada yang berbentuk krim, gel, cushion, sampai primer warna-warni. Lho, ada ya, primer warna-warni? Yaps, primer yang berwarna-warni digunakan untuk mengoreksi warna kulit. Contohnya produk Any Cushion punya 3 varian warna dengan fungsi yang berbeda:

Sumber

- Pink: untuk mengoreksi warna kulit yang terlalu pucat.
- Mint: untuk mengoreksi warna kulit yang kemerahan.
- Oranye: untuk mengoreksi warna kulit yang kusam.

Karena mempertimbangkan bahwa kulit saya cenderung kemerahan, saya pilih yang warna mint. Ngomong-ngomong warna kulit, saya kerap dikira bukan orang Jawa, malahan ada yang bilang saya mirip keturunan Tionghoa. Percayalah sayapun nggak percaya. Mereka bilang kulit saya merah-merah seperti kulit mbabik (ini spesial  +monica agustami dan +sekararumw . yang bilang). Pernah juga waktu itu saya spa di salon dekat rumah, mbak-mbak kapsternya sampai bilang "Mbak, pijatnya nggak usah keras-keras saja ya Mbak, soalnya punggungnya jadi merah-merah". Belum lagi kalau pas facial, mbak-mbaknya malah kasihan sama kulit wajah yang bentol-bentol merah-merah. Dikiranya saya pakai produk berbahaya. Padahal memang bawaan dari kecil kalau kulit saya begitu. Tapi tentu saja, rasa kasihan mbak-mbak facial kebanyakan cuma di mulut saja. Abis itu, yaa, mereka tetep terus nyangkulin wajah saya. Wajah saya juga mudah bersemu merah kalau saya sedang tersipu-sipu. Orang-orang yang deket sama saya biasanya sudah hafal. Hahahaha. Saya memang nggak denial kalau kulit saya warnanya memang agak pink plus mata saya juga kecil. Hohoho.

Keterangan produk:

Judul: Etude House Magic Any Cushion Mint.
SPF 34/PA++
15 gram
PAO 12 M/1 tahun. Informasi tentang apa itu PAO bisa disimak di post Jeng +Blog Cantiknya Qonita di sini.
Warna: Mint. Tekstur: cair.
Harga: $18. Kalau beli di Korea sekitar 220ribu. Kalau di counter Etude di mal-mal sekitar 280ribu.
Made in Korea.

Kemasan:

 

Kemasan Any Cushion mirip seperti kemasan bedak pada umumnya. Dilengkapi dengan spons untuk mengambil produk cushion di dalamnya. Sponsnya berwarna pink. Kamu-kamu yang suka warna pink, pasti makin jatuh cinta dengan produk ini. Memang, kebanyakan produk Korea desainnya bagus-bagus dan sangat girly. Bahkan saat ini sudah banyak produk Indonesia yang meniru cara packaging produk kosmetik Korea yang lucu-lucu.

Namun agaknya kemasannya termasuk cukup besar untuk menyimpan produk dengan isi yang sedikit. Tapi err, kembali lagi ke poin pertama bahwa selama kemasan itu lucu dan ai kecing, ukuran tidak perlu dimasalahkan. Wkwkwkwk.

 

Tekstur

Di bawah tempat spons, adalah isi produk Any Cushion. Cushion kalau diterjemahkan artinya adalah bantal. Ya, memang bentuknya semacam bantal empuk atau busa yang berpori-pori. Busa inilah yang dijadikan sebagai rumah bersemayam produk Any Cushion yang bertekstur cair supaya nggak kemana-mana.

Karena teksturnya cair dan warnanya mint, saya jadi ingat sama obat maag cair yang biasa saya minum. Haha. Abaikan.

Ketika dipakai

Cara pakainya mudah, tinggal ambil sedikit produk menggunakan spons, lalu ratakan di wajah yang sudah berpelembap. Primer memang dipakai setelah menggunakan pelembap atau sunblock. Karena Any Cushion (dan beberapa produk pelembap saya), sudah punya kandungan SPF dan PA++, saya nggak pakai sunblock lagi.

Lalu setelah pakai Any Cushion, boleh dilanjutkan memakai foundation atau BBCream, atau langsung bedak juga nggakpapa. Di sini bisa dilihat gimana kemampuan Any Cushion menyamarkan kemerahan dan kekusaman kulit saya. Saya cuma pakai bedak setelah memakai Any Cushion.


Versi full facenya... Taraaa...
Bare face. Hahahaha.
Pakai Pelembap + Etude Any Cushion + Bedak Pixy + eyeliner Ranee + SMLC Nyx Milan.
Hijab by @arwa_scarf

Kesimpulannya, produk ini bagus untuk mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit saya. Saya nggak jadi penasaran dengan produk ini. Kamu-kamu yang punya tipe kulit mirip dengan saya, bisa dicoba nih. Cuman, buat saya pribadi kayaknya nggak pengen repurchase lagi, karena beberapa alasan:

- Harganya pricey untuk isi yang relatif sedikit.
- Susah didapat dengan versi harga murcee.
- Pengen nyoba produk lain, yang isinya lebih banyak. Saya agak tertarik dengan  Make Over Primer greenish yang sama dipakai untuk kulit-kulit kemerahan.
- Pengen nyoba Etude Cushion yang versi BB Cream.
- Biarlah wajah saya mudah tersipu-sipu kemerahan. Hahahaha...

Ohya, di post ini saya memakai hijab pashmina satin dari @arwa_scarf. Arwa Scarf adalah online shop yang menyediakan hijab satin berkualitas premium. Bahannya tebal dan bisa diulurkan panjang menjadi hijab syari. Terimakasih, endorse-nya, Arwa Scarf. :D

+Andhika Lady Maharsi

1 comment: