Follow Us @andhikalady

Saturday, February 14, 2015

Blogging Tips: Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di Blogspot

Hai Jeng,

Kamu yang kebetulan seorang blogger di platform Blogspot, silahkan masuk di mari. Saya mau kasih tips (yang mungkin sudah banyak orang tau sih), tentang cara memasang kolom komentar Facebook di Blogspot.

 
 
Kamu pasti pernah kan menemukan sebuah situs website atau blog yang menggunakan fitur komentar Facebook di postingannya? Nah itu fungsinya apa sih? Bedanya dengan komentar default bawaan Blogspot itu apa? Terus apa untungnya memakai komentar Facebook?

1. Fungsinya adalah untuk menautkan Facebook dengan Blog kamu. Jadi setiap ada pemilik Facebook yang menaruh komentar di post kamu, dia bisa memilih untuk menautkannya ke wall FB dia atau tidak. Semakin banyak pemilik Facebook yang menautkan post kamu, maka trafik yang menuju blog kamu semakin banyak.
2. Kegunaan lain adalah supaya kamu nggak perlu copy-paste link postingan blog ke wall kamu untuk sekadar nge-share postingan. Bahkan kamu nggak perlu membuka halaman Facebook kamu.
3. Buat keren-kerenan supaya keliatan kalo kamu pinter mainan .html. LOL


Oke, sebelumnya saya beri peringatan, bagi yang phobia dengan baris kode, silahkan minta tolong temen sebelah, pacar, kakak, adek atau siapa saja yang nggak phobia. Tapi, saya kira sih nggak ada yang phobia ya. Kan kamu blogger. Kan kamu mainan sistem internet. Kan kamu suka ngasih komentar-komentar. Kan kamu suka pake huruf miring, huruf tebal, huruf warna-warni. Masa sih, nggak pada penasaran dari mana itu dibikinnya?


Oke, kembali ke topik utama. 

Yang perlu kamu lakukan adalah: Tahap I, mendaftarkan aplikasi ke Facebook.
1. Login Facebook kamu.


3. Klik Add a New App di pojok kanan atas di bawah foto syantik atau ganteng kamu.


4. Isikan Creata a New App ID. Display Name: isikan dengan nama aplikasi yang akan kamu buat. Gampangnya, tuliskan saja judul blog kamu. Namespace kosongkan. Pilih kategori: Aplikasi untuk Halaman. Klik Create App ID.


5. Kamu akan mengisikan kalimat embuh dari tulisan yang embuh tapi kamu harus bisa membacanya. Dunia memang kejam tapi demi keamanan apalah artinya tulisan berduri.

Aplikasi sudah saya hapus, jadi nomor yang ada di gambar ini sudah nggak valid.
6. Kamu akan mendapatkan aplikasi ID. Tapi belum selesai, kamu masih harus mencantumkan alamat blog kamu di dashboard aplikasi.

See? Isikan dengan alamat blog yang kamu punya.
Part 2: menambahkannya di template blog.
1. Kamu masuk ke dashboard Blogspot, pilih blog kamu, klik tombol Template.


2. Klik tombol Edit HTML. Kamu akan menemukan sederet kode .html sebagai berikut:


3. Backup dulu kode template tersebut untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. Copy-paste saja ke Notepad, lalu disimpan.


4. Kembali ke template awal, kamu cari tulisan <head>. Caranya pakai Ctrl + F, ketikkan <head>. Lalu salin kode di bawah ini di bawah tulisan <head>. Your Application ID diganti dengan App ID yang sudah kamu buat di Facebook.

<meta property="fb:app_id" content="YOUR_APPLICATION_ID"/>

5. Cari lagi tulisan <div class='post-footer-line post-footer-line-2'>
lalu salin kode di bawah ini di bawahnya.

<b:if cond='data:post.isFirstPost'> <script>(function(d){ var js, id = &#39;facebook-jssdk&#39;; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(&#39;script&#39;); js.id = id; js.async = true; js.src = &quot;//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&quot;; d.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0].appendChild(js); }(document));</script> </b:if> <a expr:href='data:post.url + &quot;#fb-root&quot;'><fb:comments-count expr:href='data:post.canonicalUrl'/> comments</a>


6. Cari lagi tulisan <div class='post-footer-line post-footer-line-3'>
lalu salin kode di bawah ini di bawahnya.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <div id='fb-root'/> <script>(function(d){ var js, id = &#39;facebook-jssdk&#39;; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(&#39;script&#39;); js.id = id; js.async = true; js.src = &quot;//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&quot;; d.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0].appendChild(js); }(document));</script> <div style='margin: 20px 0 0 0;'><fb:comments colorscheme='light' expr:href='data:post.canonicalUrl' expr:title='data:post.title' expr:xid='data:post.id' width='600'/></div> </b:if> 



Keterangan: angka 600 adalah width atau lebar halaman blog. Disesuaikan dengan lebar halaman kamu ya. Kalau nggak tau, dikira-kira saja yang paling pas. Pakai cara trial-error sampai kamu nemu posisi yang pas.

7. Save.
8. Cek di blog kamu, apakah komentar sudah muncul? Kalau ada kegagalan, tinggal kembalikan template awal yang sudah kamu backup, lalu ulangi dari awal.
9. Lalala, komentar Facebook sudah ada.
10. Kalau ingin mengubah aturan komentar, kamu bisa klik tombol Setting di bagian komentar. Kamu akan menemukan pengaturan seperti ini:


Tips: Pemasangan kolom komentar Facebook ini memang dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kamu. Tapi, yang paling utama teteup yahh, menulislah dengan sepenuh hati dan didasari rasa senang. :)

Sumber:
http://contohblognih.blogspot.com/2014/02/cara-pasang-kotak-komentar-facebook-di.html

+Andhika Lady Maharsi

3 comments:

  1. nice tips kakaknya :)

    btw, sering bikin manual user yang tebalnya beratus-ratus halaman ya?hahhaa... *jadi inget masa lalu :D

    ReplyDelete
  2. Hehe ya kan inspirasinya dari situ Jeng. Wkwkwk...
    >,<

    ReplyDelete
  3. Bisa dicoba untuk variaso koment website yach...
    Bermanfaat sekali...
    Lipstik Matte
    pure skin oriflame
    Harga Sunblock
    skinpro
    ....
    Terima kasih artikelnya,,,,

    ReplyDelete