Follow Us @andhikalady

Wednesday, June 11, 2014

Rafting Sungai Elo dan Kulit Belang

Yuk ikut jalan-jalan saya ke sini:


Sungai Elo (tanpa Gue), Magelang, Jawa Tengah.

Bulan Mei akhir kemarin, kita yang punya rutinitas kerja kantoran telah mendapatkan fasilitas harpitnas sebanyak tiga kali. Dengan kata lain kita punya hari libur dua hari dalam seminggu, yeayyy! Hari-hari libur itu saya habiskan dengan jalan-jalan ke sekitar kota Jogja. Saya pergi ke museum Merapi, ke Ullen Sentalu, sama ke Sungai Elo Magelang. Jadiii, sudah tahulah kenapa saya sedang jarang update soal makeup kali ini. Hihi.

Citra Elo Rafting.

Yes, kali ini saya mau secara khuseus cerita soal Rafting, atau bahasa kecenya Arung Jeram. Haha. Teman-teman di sini, pasti suka kan main ke alam? Gegulingan di pasir, tersesat di hutan, mencari foto sunset, atau nyebur ke air? Iya kan, pasti suka kan? Hehe, saya cuman sedang menghitung, ada berapa sih pembaca blog ini yang kegiatannya lebih seru dari sekedar mantengin smartphone, ngecek Path, Twitter, sambil Googling tentang Concealer Wardah, Jenganten, Cream Kelly, atau hijab tutorial (ketiga hal tersebut adalah keyword terbanyak yang masuk ke blog ini. Haha).


Nah, kamu, yang selama ini lebih sering ngabisin waktu di kamar, coba deh sekali-kali cobain hal seru semacam rafting. Sebenarnya sebelum ini saya sudah pernah rafting di sungai Serayu (Banjarnegara - Wonosobo, Jawa Tengah) yang medan jeramnya jauh lebih tinggi levelnya dibanding sungai Elo Magelang. Namun kali ini karena diajak temen-temen, ya akhirnya ikut juga. Toh, lokasinya cukup dekat sama tempat tinggal saya. Tinggal meluncur ke utara, ke arah Candi Borobudur, sudah langsung ketemu sama Citra Elo Rafting. Hehehe.

Biayanya cukup terjangkau yaitu Rp 750.000,00 per boat. Kalau dibagi lima orang, satunya jadi 150.000. Itu sudah mendapat makan siang, snack di tengah rafting, foto, sertifikat, kolam renang, dipinjami alat, pemandu rafting (lebih tepat disebut penyelamat sih), dan pengalaman tak terlupakan nyebur sungai tanpa perlu diteriaki "Mbaaak, sing uwes yo uwess, ojo putus asa ngono kok arep mlumpat" | "iya Mas, akurapopo".

Ketika pertama masuk ke air.
Tips rafting yang paling umum adalah: kumpulkan minimal 4 orang kawan, makin banyak makin baik. Kemudian buat reservasi ke tempat rafting. Lalu siapkan hari yang free, lalu di hari yang dimaksud, go enjoy the water!

Sebelum rafting, jangan lupa siapkan jiwa dan raga yang sehat. Tidak perlu bisa berenang (meskipun sangat disarankan kalau sudah bisa berenang) karena ketika sudah nyebur ke air, secara otomatis kita akan bisa renang dengan sendirinya kok. Dulu saya takut air, sejak negara api menyerang dan saya berguru dengan Katara acara rafting ini ketakutan saya mulai hilang. Yeeey!

Kemudian tips berikutnya adalah pakai sunblock, as much as you can. Lebih baik lagi kalau sunblock-nya bertipe waterproof. Karena kalau nggak begini, efeknya bakal seperti foto terakhir di post ini. Memang pas lagi seru-seruan di air, rasanya masa bodo sama panas dan basah, tapi begitu selesai rafting baru deh kelihatan belangnya.

Pake sendal atau enggak? Kalau sandal yang dipakai adalah sandal gunung yang terikat kuat dengan kaki, dipakai saja nggakpapa. Tapi kalau pakai sendal crocs atau wakai, urungkan niatmu pliis. Lebih baik nyeker saja.


Nggak perlu norak begini juga keleuuus. >.<

Kalau ketemu air tenang macam begini, kalau nggak menurunkan aksi norak ya mendorong temen supaya nyebur sungai. Ah, kapan lagi bisa ndorong temen buat masuk ke air kalo bukan pas rafting? Hahaha.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Mas Pemandu, ijinkan kami bertingkah, yeahhh, begitulah.


Kiri ke kanan: Yudan, Faex, Bonita, Papenk, Januaripin, Nobita, Adhiwie, Dhika Lady, Vivi, Mas Rahmad. Dua yang paling kanan sudah sold out, jika berminat dengan selain itu silahkan PM untuk mendapatkan info curiculum vitae masing-masing. #prett.


Seru kaan, seru kaaan...

Sekilas tentang Citra Elo.

Citra Elo adalah salah satu penyedia jasa rafting di Sungai Elo Magelang. Tempatnya cukup ditempuh selama 1,5jam dari kota Jogja via kendaraan pribadi. Jeram di sungai Elo relatif kecil dan tidak berbahaya. Jadi untuk kamu yang masih takut air, sungai Elo bisa jadi pijakan pertama untuk mencicipi pengalaman rafting. Pemandu-pemandu di sini juga nggak pelit kalau ditanya-tanya tentang pemandangan di sekitar sungai Elo.

Rute tempuh rafting yang biasanya ditawarkan untuk pelancong adalah sepanjang 12 km sungai yang ditempuh selama kurang lebih 3-4 jam. Ada kendaraan yang disiapkan oleh penyelenggara yang akan mengantar para pelancong ke bagian hulu rafting. Lalu setelah itu, kita akan menikmati kegiatan rafting, mengarung jeram, membalik perahu, melihat pemandangan di pinggiran sungai yang kece untuk kemudian berakhir di posko Citra Elo.

Di venue tersebut, juga terdapat fasilitas kolam renang sedalam 4 meter, bungee jumping 40 meter dan gazebo-gazebo cantik untuk tempat beristirahat makan siang. Tapi, ada yang perlu saya kritisi, yaitu Musholanya kecil banget (lupa saya foto), dibandingkan dengan luas seluruh area. Dengan rata-rata kunjungan lebih dari 100 orang sehari, rasanya Mushola yang cuma muat untuk empat orang itu sangat kurang luas.

Bungee jumping tampak bawah.


Mana yang lebih bikin semangat? Lihat makanan apa lihat kamera?

Pose setelah selesai mandi. Ihiyy, segerrr.
Oleh-oleh belang yang selama dua minggu nggak ilang-ilang.
Jalan Raya Mendut – Sendangsono km 0,2
Borobudur, Magelang, Indonesia
Phone: (0293) 788 435
Email: email

7 comments:

  1. ketahuan kagak bisa renang nih ..

    ReplyDelete
  2. Ooommmmm, akurapapaaaaaa hahahahhaaaanjir :))

    ReplyDelete
  3. wah seru banget kayaknya mbak.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu bangettt... Kamu harus coba pokoknyaa... :D

      Delete
  4. Terima kasih kunjungannya Kak, sampai jumpa di trip berikutnya, salam hangat dari basecamp CitraElo Rafting | Arung Jeram Sungai Elo Magelang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Admin Citra Elo. Boleh loh undang kami kembali. Hehe

      Delete