Thursday, May 16, 2013

Hak Cipta

Jeng, apakah kamu aktif di dunia internet? Punya blog? Punya seabrek akun media sosial yang rutin kamu update? Punya jaringan sosial yang luas di dunia maya? Dan kebetulan kamu memang ‘eksis’ alias banyak dikenal orang di dunia netizen? Jika memenuhi minimal tiga kriteria dari pertanyaan di atas, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal yang dinamakan hak cipta. Apapun karyamu, baik tulisan, gambar, foto, quotes, itu bagusnya dikasih hak milik. Contoh saja gambar, sebaiknya ditaruh semacam watermark yang menunjukkan identitas kamu. Kemudian tulisan, berikanlah style unik yang menunjukkan gaya tulisan kamu. Yeahh, kecuali kalau kamu itu orangnya ikhlasan ya, mau ada yang copas atau pakai hak ciptamu nggak masalah buat kamu.

Baru-baru ini saya jadi sadar kalau saya ternyata orangnya kurang ikhlasan. Yaitu ketika ada yang pakai karya saya tanpa ijin dan tanpa sumber. Awalnya saya dapat mention dari reader seperti ini :

   

Kemudian saya cek ke TKP. Voilla, memang benar ada satu orang yang pakai header blog lamaku sebagai cover profil FB, tanpa ijin dan tanpa menyebutkan sumber! Saya sih nggak masalah selama orang yang bersangkutan menuliskan sumber dari mana dia mendapat gambar itu. Kan bisa jadi dia Googling, kemudian nggak sengaja menemukan gambar ini dan "Horeee, saya dapet gambar oke buat cover FB!" tapi sayangnya, belum semua orang sadar akan adanya hak milik sebuah karya.




Bagi yang belum tau, sebelum memiliki domain, dulu blog ini bernama Beauty Under 100k dengan alamat beautyunder100ribu.blogspot.com . Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, meningkatnya trafik, dan keinginan saya untuk ekspansi ke produk yang lebih luas (masa selamanya mau pake yang under 100 terus siiih)  , saya memutuskan untuk membeli domain, mengganti identitas, dan mencopot header yang lama dengan yang baru seperti yang kalian lihat sekarang ini.

Termasuk juga tulisan, header yang terdapat dalam blog-blog saya baik dulu maupun sekarang adalah bikinan saya. Jadi boleh dong, saya nggak ikhlas kalau ada yang pakai karya saya tanpa ijin (udah ga ijin, ga pake sumber lagi. LOL)?

Daaan, mbak-mbak yang pakai header tersebut sudah saya PM (sampai sekarang belum dibales. :( ), tapi alhamdulillah dia sudah mengganti cover FBnya. Walaupun gambar saya itu masih bertengger manis di folder foto cover FB mbak-mbak itu. :(

Baiklahh, saya ikhlas sampai di sini. 

Mungkin karena desain saya cute dan eye catching, sehingga ada orang yang tertarik dan memajangnya sebagai cover profil FB.

Mungkin karena blog ini sebegitu terkenal sehingga sampai header yang sudah lawas itu muncul di jaringan pencarian mbak-mbak itu. #GeeR

Tapi tentu saja, ini semacam warning buat saya dan buat kita semua para netizen. Ada beberapa teman yang juga mengalami kejadian serupa. Kasusnya mirip, hanya saja gambar punya teman saya malah disalahgunakan untuk promosi komersial. Nah lo, nah lo. Lebih parah kan? Kalau saya sih cuman dipakai cover FB saja, bukan untuk tujuan komersial. Ada pula yang postingannya yang berisi review masker tertentu (sebut saja merk Mawar), ehh, malah dimanfaatkan si penjual masker Mawar sebagai media promosi. Tanpa ijin pula. :|

Dan untuk siapapun kamu, kalau mau memakai tulisan, gambar, foto, atau apapun yang ada di dalam blog ini (dan blog siapapun harusnya), jawabannya adalah boleh banget. Tapiiii, pastikan kalau kamu mencantumkan sumbernya. Lebih baik lagi kalau minta ijin sama empunya blog. Kan nggak susah ngemail atau mention saya di Twitter dan bilang "Mbak Lady yang cantik, boleh ya, pakai tulisanmu buat nggombalin pacar saya", atau "Mbak Andhika, ijin ngeprint fotonya ya untuk ditaruh di dompet yaa". 

Paling-paling saya jawab "Maaf, situ ganteng?" XD. "Boleeeeeh,, silahkaaaann..." XD

Oke, cukup sekian postingan yang random ini. Saya baru pulang kantor dan badan masih pegal-pegal. Anyone mau pijitin?

Nb, gambar ini boleh dijadikan header/cover FB kok.
Wanna see more? Just follow my Instagram @andhikalady

21 comments:

  1. Emang si orang2 kita belum sadar ttg hal begituan jeng, aku kl terinspirasi karya org jg mati2an jgn sampe aku jd ke bawa style dia dan 100% niru karya. Sabar ya jeng, ngeteh2 atau ngopi2 dl kl gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miappah, blogku dikomen Mbak Tyass seniman grafis yang tersohor ituu? Hihihihi. Seandainya semua orang berpikir seperti dirimu Jeng...

      Betul banget. Yukk ngeteh or ngopii... >.<

      Delete
    2. Ah mbak Lady jd kepengin malu :')

      Delete
    3. Etapi aku kalo buat srapbook suka comot2 gambar ga ijin, yeee sama aja dong ya , woooo soraakkiinnn, biasanya dari web2 clipart itu mbak jeung
      Yah, yasudah semoga seiring berkembangnya waktu aku bs buat sendiri. Ah bisa jd pelajaran jg jadi makin ngaca.

      Delete
    4. Wah, kalo 'dosa' begituan jujurnya sih aku jg masih ngelakuin. Tapi sebisa mungkin sih gawe dewe (Kemampuan Corel masih payah. ehh, Corelnya juga pakai crack. #fail #fail #fail)

      Iya sih, makin berjalan waktu, makin banyak belajar.. *sediakan kaca*

      Delete
  2. kekekekekek... aku... aku... *ngaku* suka ambil gambar g dkasih sumber. khilaf bu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih sumber dong Jeng Beib Say Rikii. Wahihihinini...

      Delete
  3. Dulu-dulu reaksiku adalah aku hubungi personal, soalnya pernah aku tulis di blog, ternyata orangnya begitu karena nggak tau.

    Cuma belakangan ini tiap mau menegur aku jadi suka mikir sendiri, beneran gitu aku sama sekali bebas dosa dari masalah beginian? Karena aku masih suka mengambil gambar di google tanpa minta izin yang punya, ya aku kasih credit sih pastinya, tapi sah nggak ya? AKu nggak tau.

    Ibaratnya, aku ngambil motor Lady, aku bawa pulang, terus aku bilang ke semua orang itu motor Lady sih, tapi aku taro di rumahku. :D

    Yang jelas lagi berusaha keras untuk mengurangi pemakaian gambar-gambar.

    Oh. Ada kasus khusus di mana aku memilih untuk ga negur sama sekali, yaitu kalau orangnya kenal. Aku malas friksi soalnya. Tapi pernah tuh beberapa kali, foto hasil jepretanku dipakai tanpa izin, untuk ilustrasi web, atau untuk profile picture FB, atau... ini kejadian sekitar Agustus September tahun lalu, dipakai untuk avatar Twitter--- oleh orang yang aku kenal. Kesel iya, cuma... ya sudahlah, daripada hubungan buruk. Salah ga sih? Atau seharusnya aku bilang aja :P

    Yang aku pasti akan ribut seribut-ributnya adalah kalau ada orang yang pakai foto2ku dan membuat seolah-olah itu foto dia di media sosial. Itu sih masalahnya nama baik; kalau akun tersebut bikin hal yang aneh-aneh, fotonya penuh fotoku, aku serem aja kalau dianggap aku yang ngelakuin itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi personal tetep kemungkinan pertama mbak. Yew, bener juga, kalau melihat diriku sendiri sih jelas aja nggak mungkin bersih dari segala dosa masalah begini. Dari yang sederhana mengambil gambar dari Google (meski pakai credit), download lagu (sekarang sudah jarang download lagu, lebih suka ke Youtube / Soundcloud dan 'rela' melihat sekian detik iklan komersil di awal), sampai sofware yang aku butuh banget tapi nggak ada versi full version yang gratis (kalau ini 'dosa'ku lumayan banyak sih. Hehehe)

      Yeahh, kalau yang pakai teman, dan lumayan dekat sih kadang harus memilih jaga hubungan baik, misal bagi tugas pas masih kuliah. #eh..

      Wah, kasus 'ribut-seribut-ributnya' yang dirimu sebut terakhir, kayaknya juga bakal jadi 'ribut-seribut-ributnya' juga kalau aku yang ngalamin. Hihihihi..

      Delete
  4. Ya ampun, foto yg pake jilbab ijo keren banget hahahhahaha xD

    Ngomong-ngomong, aku sering ketemu foto-foto "before after" milik beauty blogger dijadiin foto promo produk atau testimoni palsu skincare dan kosmetik abal-abal oleh sellernya :( hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ntis... blogger2 luar bisanya...

      Delete
    2. @Hanitis

      Itu jilbab ijo ada pengaruh edit foto juga lho Jengg. Hihihi..

      Iya bener banget. Sering aku liat foto before-after dari iklan komersil ternyata udah duluan tersebar di blog seseorang. Malah jahatnya, ada pula yang ngambil foto artis, terus seolah-olah si artis itu pakai produknya. (contoh : krim Syahrini. Hahahaha)

      Delete
  5. Klo ada yg pake quoteku tanpa izin gapapa, ga masalah... lagian siapa tahu dia punya ide yg sama kaya aku....

    Tapi klo gambar... duh kelewatan deh maen comot gt aja, aplg smp dimanfaatin buat bisnis sama header fb haha... :p

    Klo aku alhamdulillah belum nemu copycat, tapi pernah dianggap copycat. Ini annoyin bgt..... kesannya yg punya ide menulis macam itu cuma doi doang kali haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai quotepun sebaiknya pakai credit (ngambil dari mana, siapa yang bilang).

      Iya, gambar mah kelewatan banget. Masih mending buat header FB, lha kalau dipakai untuk header2 lain yang tujuannya komersial? Kan wew banget nggak sihh.

      Haha, itu aku juga pernah sih mbak. Tapi abis itu aku taruh link ide ybs di postinganku. :)

      Delete
  6. apak apak an itu mss universe.. udah ijin miss universe nya belom LOLOLOLOL

    iya tuh kadang sebel ama yg comot2 tanpa ijin <<< kayyak yg pernah2 o dicomot
    tp iya,, barang dagangan jilbabku juga kdng diambil, pdhl aku foto sendiri.. sebel bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Universe kan punya Tuhan, #ngeles. Itu lagi narsis aja Jeng.

      Waoww,, bacok Jeng. Bacoook... #ngomporin.

      Delete
  7. Hooo baru tau kalo ternyata foto2 blogger sering disalahgunain sama seller buat jadi foto media komersil *getok satu2..
    Thanks..jd semakin aware deh ;)

    btw itu cover fesbuknya walopun dia pake gambar headernya mbak lady tapi masih ada tulisan jenganten.com tuh... jadi yang ngeliat pasti tau kalo dia nyomot dari sini hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering Jeng, aku pernah nemuin kejadian lebih dari sekali. Be aware aja.. :D

      Itu nggak ada Jeng. Tulisan Jenganten.com aku tambahkan pas ngedit capturenya sebelum aku pajang di sini..

      Delete
  8. Itu kasihan banget foto facebooknya sampai dikasih coretan hitam di matanya, kayak foto tersangka di koran-koran. LOL. Kenapa nggak sekalian diblur aja mukanya?

    ReplyDelete
  9. makanya robot googlenya di set biar gak ngeshare content.... gtu aja kok repot... :3
    kalo sbgai blogger tak bisa protect kontent blognya shg byk orang bisa ambil bebas, yang salah bukan yang make..... :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Jeng, kok analoginya mirip kalau ada kasus perkosaan terus yang disalahkan ceweknya karena nggak bisa melindungi diri. Bukankah yang harus dipertanyakan adalah moral si pemerkosa, kenapa dia melakukan hal yang menyakiti orang lain? :)..

      Nice tips btw untuk yang robot Google. Tapi saya kurang setuju kalau pelanggar hak cipta itu tidak salah. :)

      Delete

Ads