Featured Post

Paket Wedding Makeup New Normal

Halo, Jenganten & team memberikan service sebagai MUA untuk segala acara, makeup wedding, makeup wisuda, makeup bridesmaid, makeup eng...

Trik Mixing Foundation yang Sesuai Warna Kulit. Cukup Campur 4 Warna Ini Aja!

Kalau sebelumnya saya sudah pernah bahas Tutorial Foundation Bakar dan Resep Mixing Foundation Racikan para MUA, kini saya akan bahas tentang cara mencampur warna foundation agar pas sesuai dengan warna kulit.

Menentukan warna foundation yang pas memang agak tricky, karena salah tone sedikit saja bisa membuat wajah jadi terlihat aneh bahkan abu-abu. Dulu kesalahan ini kerap saya lakukan, karena di pikiran saya waktu itu 'foundation saya kan terbatas, ini-ini saja. Ya sudah yang ada dipakai dulu nggak peduli warna kulit klien'. Padahal itu salah besar. Memang, sebagian klien menginginkan wajah dibuat lebih putih dari aslinya karena tidak pede tetapi kalau terlalu beda banget, hasilnya malah tampak seperti Ariana Grande sebelah kiri:



Bandingkan dengan makeup Ariana yang sebelah kanan, warna kulit wajah terlihat menyatu dengan warna kulit Ariana yang sudah tan. Tetapi yang sebelah kiri terlihat lebih putih di wajah daripada badan. Dugaan saya, makeup artist Ariana yang sebelah kiri lupa mengontrol warna foundation agar sama dengan warna kulit badan, plus lupa memakaikan bronzer dengan dosis yang memadai supaya wajah tidak pucat. 

Kan sayang banget, makeup dekoratifnya sudah bagus (eyeliner, eyeshadow, lipstik, bulu mata, alis on fleek) eh gagal total akibat pemilihan warna yang kurang sip. Kalau terjadi di event wedding, bisa jadi saya bela-belain hapus makeup total dan ulang dari awal demi mendapatkan look complexion yang diinginkan. 



Dulu saya mengira seorang MUA harus nyetok semua warna foundation untuk mengakomodasi warna kulit klien yang berbeda-beda. Kalau bisa sampai 50 shade dikoleksi semua. Padahal berapaan tuh harga satu botol foundation premium yang dipakai para MUA? Minimal 300-700ribu. Kalau harus mengoleksi 50 botol? Hitung sendiri. Belum tipe foundie cream, dewy, matte, dan semuanya harus dipunya. Belum menghitung berat koper makeup yang dipakai untuk angkut-angkut. Haduhh, kalkulator di kepala saya sudah jatuh misqueen bahkan sebelum dipakai menghitung.

Padahal ada cara yang lebih mudah dan juga hemat. Kamu cukup sedia minimal 4 warna foundation saja. Tidak harus dari merek yang sama, tetapi pastikan bisa mengakomodasi dua jenis tipe kulit: kering & berminyak. Daaan, warna yang dibutuhkan adalah......

1. Warna neutral warm kekuning-kuningan (WAJIB PUNYA)



Warna warm atau semi kekuning-kuningan adalah warna WAJIB yang dimiliki pertama kali dan HARUS ada dalam koper makeup. Sebab, dominan warna kulit indonesia adalah warm. Terutama untuk kamu yang tinggal di pulau Jawa, di mana warna kulit sawo matang hingga kuning langsat ada di mana-mana. Berdasarkan pengalaman, warna kekuningan ini sangat terpakai saat mengaduk-aduk foundation untuk merias wajah klien.

2. Warna neutral cool (semu pink)


Warna cool ini biasanya dimiliki oleh mereka ras Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, Jepang dan keturunannya. Ada juga kulit Indonesia asli bertipe cool, namun agak jarang. Akhir-akhir ini kerap saya temui kulit Indonesia asli yang lebih ke arah cool, yang kemungkinan berawal dari rutinitas skincare yang mereka terapkan. Warna cool netral ini sangat masyuk jikalau dipoleskan pada kulit demikian, karena kalau salah warna (misal dipoles warna warm), justru bisa membuat kulit terlihat kusam. Kamu tidak perlu banyak-banyak mengoleksi warna cool, karena foundation cool sifatnya lebih dominan saat di-mix dengan foundation warm. Misal kamu campur cool+warm, hasilnya akan cenderung ke cool.

2. Warna bright warm


Warna ini akan sangat terpakai saat membuat highlight di beberapa bagian wajah, misal batang hidung, dahi, atas bibir dan dagu. Selain itu, warna terang semacam ini juga akan menolongmu saat akan meningkatkan brightness ramuan mixing foundation. Misal kamu sudah mengaduk foundation, setelah diujikan ke kulit klien eh kurang terang, maka foundation bright ini bisa dicampur untuk mendapatkan warna yang sesuai.

4. Warna dark warm


Foundation warna dark berguna banget untuk berbagai macam: shading, counturing, dan base eyeshadow. Dijamin terpakai. Selain itu bisa dijadikan mixing jika warna foundation kurang gelap. Selama ini saya sangat terbantu sekali dengan tipe warna gelap ini. Menurut saya pribadi, daripada membeli produk shading-counturing, mendingan invest ke foundation dengan warna tergelap merek favorit. Niscaya akan lebih bermanfaat dan multi fungsi.




Pada dasarnya tidak mengapa mau punya foundation aneka merek dan aneka warna sekaligus. Namun buat saya sendiri lebih menyukai punya empat warna di atas untuk kemudian saya mix agar sesuai dengan warna yang diinginkan. Tahu sendiri kan, bahwa kulit klien itu sangat beraneka jenis. Untuk itu kita sebagai MUA wajib menyesuaikan dan mengutamakan tampilan yang membuat semakin cantik. Nah untuk nge-mixingnya pakai apa? Saya menggunakan Paletapia Skin Color Guide, bentuknya seperti ini:



Ciamik banget kan? Dalam Paletapia terdapat beberapa lingkaran warna yang dapat menjadi panduan kamu untuk menyesuaikan warna foundation agar sama dengan warna kulit. Di masing-masing lingkaran warna dibuat transparan di tengah agar bisa ditempelkan ke kulit client untuk kemudian dilakukan mixing foundation yang paling pas. Saya kebantu banget dengan palet ini, kesalahan mixing warna dapat diminimalisir, bye-bye wajah abu-abu ataupun kusam yang tidak perlu. Untuk membelinya bisa melalui link ini.

Jadi kesimpulannya adalah, untuk mencampur warna foundation supaya sama dengan warna kulit client maka miliki empat warna wajib foundation, mix dengan Paletapia Skin Color Guide.

Salam,
@jenganten MUA

0 Response to "Trik Mixing Foundation yang Sesuai Warna Kulit. Cukup Campur 4 Warna Ini Aja!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel