Follow Us @jenganten

Thursday, November 8, 2018

Treatment IPL di NMW Skincare untuk Mencerahkan Kulit dan Mengecilkan Pori-pori

Masalah pori besar agaknya sudah menjadi problematika sejuta umat, terutama di negara tropis ini. Makin diperparah dengan kondisi kulit yang berminyak dan berkomedo tiada hentinya. Ternyata, jika komedo terlalu lama betah berada di kulit, maka pori-pori akan dengan sendirinya melebar tanpa permisi. Ada berbagai cara untuk setidaknya mengecilkan ukuran pori-pori agar wajah kembali tampak mulus. Salah satunya adalah melalui teknik IPL (Intense Pulse Light) di klinik NMW Skincare yang akan saya bahas lebih lanjut di sini.

Tentang NMW Skincare


NMW Skincare adalah klinik kecantikan yang melayani prosedur-prosedur medis yang bertujuan untuk memperindah/estetika tubuh. Ada banyak perawatan yang ditawarkan di sini, mulai dari facial, thread lifting, PRP, IPL dan sederet perawatan lain. Bahkan yang saya baca, NMW Skincare juga melayani prosedur pembuatan lesung pipi dan penghilangan tahi lalat juga lo. Pokoknya apa yang kamu mau, ada di sana. Awalnya NMW Skincare berbasis di Jakarta, kemudian melebarkan ekspansi bisnisnya ke Yogyakarta. Untuk melihat berbagai macam treatment yang ada di NMW bisa melalui link ini.

Intense Pulse Light (IPL) Therapy

Setiap perawatan di NMW harus didahului konsultasi dokter terlebih dahulu

IPL adalah treatment estetika menggunakan sinar cahaya laser xenon yang 'disinarkan' ke bagian kulit yang membutuhkan perawatan. IPL diklaim dapat meremajakan, mencerahkan kulit dan memperkecil pori-pori -- tentunya dengan perawatan dan tindakan rutin dan kontinyu. 

Dilansir dari Hellosehat.com, IPL itu sering disamakan dengan treatment laser biasa, padahal berbeda lo. Jika laser cenderung berfokus pada bagian-bagian tertentu saja, IPL memanfaatkan gelombang cahaya yang mampu melebarkan area yang dirawat sehingga dapat menjangkau permukaan kulit secara lebih merata.

Alat yang digunakan saat IPL bentuknya seperti logam bersuhu dingin, dan saat disentuhkan ke kulit, ada nuansa sinar dan sedikit 'nyelekit'. Buat yang penasaran alatnya seperti apa, kira-kira seperti ini:

ilustrasi IPL. Gambar mengambil dari sini
Ada beberapa syarat dan indikasi bahwa kulitmu butuh perawatan IPL, salah satunya adalah fine lines atau kerutan halus, kulit dengan pori besar, dan kulit yang tampak kusam. Tapi tentu saja, sebelum melakukan IPL, kamu harus melalui konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu ya. Ini penting, sebab kebutuhan kulit setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, untungnya di NMW Skincare sudah ada dokter yang stanby untuk setiap pasien yang datang.


Prosedur perawatan IPL di NMW Skincare


Situasi ruangan perawatan. Tenang, ini nggak seram seperti rumah sakit kok
Prosedur perawatan IPL yang saya jalani di NMW Skincare:

1. Melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nanti kamu akan dimintai KTP atau bukti identitas lainnya untuk data
2. Menunggu konsultasi dokter. Di dalam ruangan, kamu dibolehkan mengeluarkan unek-unek mengenai kondisi kulitmu. Tips: saat mau konsultasi jangan pakai makeup tebal ya, ini supaya dokter bisa melihat kondisi kulitmu secara gamblang tanpa ada yang ditutupi. Bayangkan saja kalau kulitmu penuh dengan foundation, bagaimana bisa dokter akan menganalisis kondisi kulitmu?
3. Dokter akan meresepkan tindakan perawatan yang cocok dengan kondisi kulitmu. Misalnya dalam kasus saya ini: IPL
4. Menunggu giliran perawatan
5. Saat mau perawatan, kita akan diminta berbaring kemudian terapis akan membersihkan wajahmu terlebih dahulu.
6. Kemudian wajahmu akan diolesi sejenis gel penghantar panas, seperti gel yang dipakai untuk USG
7. Lalu bagian matamu akan ditutup
8. Mulailah treatment IPL. Terapis akan menempelkan sejenis alat logam (untuk gambarnya bisa dilihat di atas), kemudian akan mengaktifkan tombol on yang membuat logam tersebut mengeluarkan 'sinar ajaib'nya. Saat sebelum IPL, pasien akan diberitahukan bahwa alatnya mungkin akan terasa celekat-celekit dan ada 'sinarnya'. Awalnya saya kagetan setiap kali tombol on menyala, seakan kulitnya digigit.
9. Selesai perawatan IPL yang waktunya sebentar itu, kamu akan diberikan masker peel off yang berfungsi relaksasi kulit.
10. Setelah selesai semuanya, wajahmu akan dibersihkan kembali dan diberikan sunscreen.
11. Selesai deh


Kesan setelah melakukan treatment IPL untuk pertama kali

suasana klinik

Jadi, benar sekali, ini adalah treatment IPL pertama saya. Kalau yang instan saya rasakan setelah melakukan treatment ini adalah kulit terasa lebih kenyal dan terhidrasi. Pakai skincare apa pun jadi lebih meresap begitu lo. Lalu, produksi minyak juga bisa ditekan, namun, khusus untuk pengecilan pori-pori masih belum bisa terasa dalam satu kali treatment. Apalagi kondisi kulit saya juga punya scar yang dalam dan banyak, sehingga efek pengecilan pori-porinya belum terlihat signifikan.

So, kalau untuk treatment scar, di NMW Skincare juga ada lo. Namanya Platelet Rich Plasma (PRP). Secara harfiah, PRP adalah perawatan kulit yang menggunakan plasma darah yang kaya akan nutrisi untuk disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Tak seperti IPL, PRP memanfaatkan prosedur jarum untuk mengaplikasikannya. Pertama-tama, sampel darah akan diambil dari lengan sejumlah minimal 20cc. Kemudian sampel darah tersebut akan dimasukkan ke dalam alat yang bisa diputar dengan kecepatan tinggi untuk memisahkan plasma darah yang penuh nutrisi/growth factor.

Tahapan selanjutnya adalah menyuntikkan plasma tersebut ke kulit wajah pasien yang membutuhkan treatment. Tentu saja setelah prosedur anestesi terlebih dahulu, karena bakalan sakit Beb. 



Syarat mutlak setelah melakukan prosedur PRP adalah kamu dilarang menggunakan makeup apa pun selama seminggu. Oleh karena itu, buat yang ada jadwal kondangan, pesta, dll sebaiknya ditunda dulu perawatan PRP-nya.




Klinik NMW Skincare Yogyakarta:

Jl. Pakuningratan No.6, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Google map.



Info penting: di Instagram NMW sering banget ada informasi diskon. Catat!



1 comment:

  1. Aku penasaran deh mau coba treatment ini kemarin hueheheh

    Love,
    deniathly

    ReplyDelete