Tentang Blog dan F.A.Q.

Hai, Jenganten.

Selamat datang di Negeri Para Jenganten, jenganten.com. Blog ini adalah tempat menaruh ide-ide saya dalam hal beauty, kecantikan, make up, look, dan beberapa sripilan random lain yang tidak jauh-jauh dari dunia beauty.

Sebutlah ini sebagai taman bermain saya yang menyediakan tempat (yang semoga) nyaman untuk Jenganten-Jenganten di luar sana yang kebetulan nyasar di sini.

Jenganten itu apa?

Jenganten adalah sebutan untuk putri bangsawan atau istri bangsawan di tanah Jawa pada zaman dahulu. Sebutan ini juga dipakai untuk nama panggilan bagi wanita yang memiliki kelebihan atau derajat di masyarakat. Misalnya saja di film yang mendapatkan piala FFI tahun ini, "Sang Penari" dan novel "Ronggeng Dukuh Paruk" karya Ahmad Tohari, istilah "Jenganten" dipakai untuk menyebut tokoh penari ronggengnya, Srinthil.

So, Jenganten adalah sebutan untuk wanita terhormat. Kalian semua yang berkunjung ke sini adalah para wanita terhormat. #sungkem.

~kalau kebetulan ada laki-laki yang berkunjung ke sini, saya sebut dia sebagai Mas Nganten. Hehehee~

Kalau mereview itu jujur tidak sih?

Saya berusaha untuk selalu jujur terhadap semua yang saya tulis di sini. Kecuali kalau saya bilang saya cantik, itu tidak jujur, tapi jujur banget. #wekekek
Artinya meski saya terjalin kontrak dengan pihak tertentu, itu tidak mempengaruhi orisinalitas dan kejujuran tulisan saya.

Itu produk yang direview asalnya dari mana?

Kebanyakan saya membeli sendiri. Ada pula yang hasil preloved. Ada yang dikasih. Ada yang hasil menang kuis. Ada pula yang pinjem makeup teman untuk saya swatch warnanya. Macem-macem.

Fotonya pakai apa?

Tergantung. Saat ini saya memakai ponsel Samsung Galaxy Ace 5 MP untuk keperluan fotografi. Tapi kadang saya mendapat pinjaman kamera saku, DSLR, dan lain-lain. Jadi tidak pasti. Tapi saya selalu berusaha untuk memajang foto terbaik yang tidak blur, jelas, dan cahayanya memadai.

Ada foto yang diretouch?

Saya meretouch foto menggunakan edit digital jika sesuatu yang saya sampaikan tidak berhubungan dengan ketidaksempurnaan kulit saya. Misal saya swatch blush on di pipi saya ketika sedang berjerawat. nah, daripada perhatian Jenganten teralihkan ke jerawat ketimbang ke warna blushonnya? Lebih baik saya ilangin jerawatnya kan? Toh, tidak mengurangi pesan yang saya sampaikan. Kecuali ketika kulit saya sedang dalam flawless-flawlessnya, saya pasti jauh-jauh dari edit-editan. :D

Pun ketika saya OOTD dengan look tertentu. Saya (dan semua orang tentunya) pasti ingin terlihat sempurna ketika berdandan dengan tema tertentu. Selain saya ber-makeup, saya mengubah kecerahan dan blurring sedikit pada bagian yang perlu saya blur. Misal bekas jerawat yang tidak tertutup concealer. Well, saya ingin Jenganten melihat saya sebagai manusia tengkorak daripada melihat manusia tengkorak yang sedang jerawatan. ~eh, misal saya dandan jadi tengkorak, gicuuh~

Saya tidak melakukan retouch untuk : Review Foundation, concealer, bedak, skin care, dan semua hal yang berhubungan dengan kualitas kulit.

Menerima kerja sama?

Of course. Saya membuka kerjasama dengan pihak-pihak yang relevan dengan dunia beauty. Jika Anda ingin bekerjasama untuk mempromosikan produk, mereview produk atau mengudang saya ke acara tertentu, dapat menguhubungu saya melalui email andhika.lady@gmail.com atau aku.suka.warna.ungu@gmail.com . ~eh, tapi kalau ada perusahaan yang menawari saya untuk mereview iPad, dan ngasih saya gratis, boleh banget kok. Muihihihihi~

Berapa lama butuh untuk review?

Untuk review makeup, saya cukup memerlukan waktu sebentar saja. Misal satu atau dua minggu. Tapi untuk skin care, lebih lama lagi, bisa lebih dari tiga minggu atau satu bulan. Nunggu ada efeknya kali Jeeeng.

Khusus untuk review skin care, ini agak tricky. Karena skin care itu adalah kebutuhan masing-masing kulit dan sangat variatif. Cocok di saya, belum tentu cocok di Jenganten. Begitu pula sebaliknya. Jadi, saya tekankan, khusus untuk produk skin care yang saya review, adalah murni hasil pengalaman saya sendiri memakainya. Bukan hasil penelitian kecocokan sama kulit (karena saya bukan dokter), bukan pula hasil tanya sana-sini yang mereview secara samar.

So, jika ada yang bertanya, "Jeng, kulit saya kering, bla, bla, bla, cocoknya pakai produk apa ya, takut breakout, dsb", saya tegaskan kalau saya bukan orang yang tepat untuk ditanyai hal semacam itu.

Saya juga hanya akan mereview produk-produk yang sudah resmi memiliki label Badan Pengawas Obat dan Makanan (jika produk tersebut adalah produk Indonesia). Kalaupun saya mereview produk luar negeri, saya juga akan memastikan produk tersebut sudah resmi berlabel kosmetik yang aman sesuai kebijakan negara produsennya.

Kalau yang direview bukan produk resmi, misal bahan tradisional, gimana, itu kan tidak ada BPOMnya?

Oke, saya kadang memasukkan bahan tradisional ke postingan saya. Misalnya madu, tomat, lidah buaya. Tapi, hey, siapa sih yang ngeributin madu ada label aman dan tidaknya? Baiklah. Saya bercanda. Sebelum saya mereview bahan-bahan alami tersebut, tentu saya browsing dulu apa kegunaannya, khasiat dan efek sampingnya kalau ada. Dan saya akan selalu menampilkan link tersebut ke postingan yang saya buat. Well, adil kan?

Tulisannya asli kan?

Asli. Semua tulisan dan postingan yang ada di sini original tulisan saya. Dilarang untuk menyalin tulisan atau gambar tanpa ijin. Saya juga akan menghargai jika ingin menaruh link saya ke tempat lain, tapi saya diberi tahu.
Hei, kalian naruh sebuah link blog di manapun, si pemilik blog itu bisa tahu lho. :D
Kadang di dalam tulisan saya juga mengikuti giveway, terkadang pula mengikuti lomba penulisan. Jika ada postingan seperti ini, saya pasti menyampaikannya di tulisan tersebut.

Itu desain headernya bagus, bikin sendiri?

Ya. Header tersebut saya buat sendiri memakai Photoshop atau gabungan Illustrator, Coreldraw, Photoscape, Instagram dan bermacam software edit digital lainnya. Saya juga membuatkan header untuk blog ini itu. Saya juga memiliki beberapa portopolio desain digital yang dapat dilihat di sini. Bagi yang ingin dibuatkan header atau desain dengan tema tertentu, bisa hubungi saya via email di aku.suka.warna.ungu@gmail.com :D

Akhir kata, tentang dan FAQ Land of Jenganten sudah selesai. Semoga para Jenganten nyaman dan senang berkunjung ke sini.

@andhikalady

0 comments:

Post a Comment

Ads