Thursday, March 3, 2022

Cerita 10 Tahun Blogging Sejak 2012 - 2022

 


 

Sepuluh tahun ngeblog dapat apa?

Tidak terasa sudah sepuluh tahun aku berkecimpung di dunia beauty blogging. Awalnya memang hanya iseng untuk mengisi waktu luang sembari mengulas produk-produk makeup yang aku punyai. Aku masih ingat, produk pertama yang aku ulas adalah Kelly Pearl Cream. Itu adalah cream sejuta umat di tahun ibu-ibu kamu saat remaja. Namun sampai sekarang aku masih menemukan orang yang memakainya.

Waktu itu bisa dibilang tulisanku cukup viral di masanya. Nyatanya banyak olshop yang mengambil fotoku (tanpa izin tentunya) untuk menjual produk mereka. Kalau dikenang, cukup bikin ketawa juga. Berasa jadi artis meski cuma sekadar terpampang di blog.

Setelah ulasan pertamaku tersebut, aku merambah ke aneka produk-produk kosmetik lainnya. Lipstik, hair care, toiletries, makeup, skincare, dan aneka perawatan kecantikan lainnya. Ada sebuah masa, aku sangat produktif sekali. Bisa setiap hari ada postingan. Pokoknya kalau punya makeup baru harus direview meski dengan foto seadanya. Tidak sekali dua, blog ini mengundang perhatian brand kosmetik yang bersedia bekerjasama dengan blog Jenganten.com.

Jangan ragu untuk bergabung dengan aneka komunitas blogger

Waktu itu keberadaan komunitas blogger sangatlah penting. Kita bisa bertukar backlink, saling komentar, mengadakan gathering, dan saling mendukung dan blogwalking satu sama lain. Aku pun bergabung dengan beberapa komunitas, Indonesia Beauty Blogger, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, dan yang sekarang masih aktif, Jogja Bloggirls.





Tahun demi tahun berlalu. Aku masih setia ngeblog, meski kadang ada on off. Semakin lama aku menyadari, penghasilan dari blog tidak selalu berupa kontrak-kontrak kerjasama, tetapi terbukanya banyak networking baru yang mengenalku karena membaca blog. Untuk itulah aku bisa bertahan sejauh ini.

Salah satunya pernah ditawari pekerjaan di media hanya karena mereka mengetahui profilku dari blog ini. Padahal basic pendidikanku adalah IT, bukan sastra, jurnalistik atau komunikasi. Namun, mereka tetap memberikan kepercayaan padaku dengan memberikan posisi sebagai editor.

Tulisan-tulisanmu di blog akan membuat orang lebih punya trust dan memperkuat portfolio.

Menulis blog juga membuat indeks kita tercatat di Google. Sejauh ini meski banyak gempuran aneka sosial media seperti Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, dll – blog masih menjadi primadona kalau untuk urusan indeks SEO. Coba aja, kamu posting soal – review mascara misal, kalau dipost di IG lama-lama postingan akan tenggelam kecuali ada orang selo yang scroll sampai ke bawah-bawah. Namun dengan blog, kamu tetap bisa menemukannya meski itu artikel yang sudah ditulis bertahun-tahun yang lalu.

Saingan utama blog menurutku bukanlah sosial media. Tetapi banyaknya media mainstream yang mengambil ceruk tulisan opini khas blogger. Misalnya ada website yang membahas topik mengenai review makeup. Ini tentunya menjadi tantangan para beauty blogger untuk dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Kita perlu dan musti menjaga kesan autentik yang tidak dimiliki oleh blogger ataupun media manapun. Hanya kita, yang punya nilai spesifik yang tidak dapat ditiru oleh siapa pun.
Autentik itu dapat berupa konsistensi menjaga kualitas tulisan, writer persona, kualitas review, meningkatkan standar foto, dan melakukan langkah-langkah yang membuat blog kita semakin mudah dan cepat diakses.

Menjadi blogger yang autentik, layak untuk dijaga dan dipertahankan. 


Tentu kita sebal sekali apabila ketemu blog yang bagus tetapi lambat diakses. Atau bahkan kebanyakan iklan. Yang tadinya mau baca, eh ternyata disambut iklan berlapis-lapis, nggak jadi baca deh.
Salah satu keinginanku adalah mengubah platform blog ini menjadi Wordpress. Selain lebih banyak fitur, customisasinya juga lebih banyak. Dulu aku jiper sama Wordpress. Aku pikir, karena toolsnya sangat banyak, takutnya malah bikin aku bingung dan malah melalaikan kualitas konten. Pasalnya akan lebih banyak waktu terbuang untuk mengurus domain, hosting, endesbrey, endesbrey ketimbang mikirin ide tulisan.

Bukannya blogger itu utamanya adalah menciptakan konten? Bukannya mengurusi pritilan teknis yang bisa diserahkan ke ahlinya?

Kegalauanku ini cukup tercerahkan setelah membaca-baca tentang simple Wordpress di Niagahoster. Gampangnya, ini adalah layanan sederhana tapi powerfull yang mampu mendukung kinerja blog maupun website skala kecil-menengah. Bahkan ada juga fitur untuk online shop, khusus untuk UKM yang ogah bersaing perang harga di marketplace mainstream. Aku punya beberapa toko, dan kayaknya cocok juga kalau dipasangi Simple Wordpress.

 



Tahu nggak sih, sekarang ada promo diskon 70% dan tambahan 10% dengan kode ANDHIKALADY. Yuk segera cobain promo menariknya.

Kapan ya enaknya pindahnya?

@andhikalady

0 komentar:

Post a Comment