Follow Us @andhikalady

Saturday, December 20, 2014

Vintage atau Retro OOTD

Pada suatu hari, saya terlibat dalam sebuah perdebatan sengit tentang perbedaan pengertian vintage dan retro. Kemudian saya Googling. Halaman demi halaman saya buka satu per satu. Halaman pertama yang saya buka mengatakan, perbedaan vintage dan retro ada pada kurun waktunya. Vintage menggambarkan budaya dan hal-hal yang berbau jaman tahun 20-60an. Sedangkan retro agak lebih muda sedikit, yaitu tahun 70an. Baiklah, saya paham pada pendapat pertama.

Pendapat kedua lain lagi. Menurut golongan ini, letak perbedaan vintage dan retro ada pada nilai sejarah sebuah barang. Vintage, artinya barangnya memang dibuat dari jaman dulu, dengan gaya jaman dulu. Misalnya kamu memakai rok A-line milik nenekmu yang lahir tahun 50an, maka rok yang kamu pakai adalah jenis vintage. Sedangkan retro artinya adalah barang bergaya jadul, namun dibuat pada jaman sekarang. Contoh kasusnya, semisal kami memakai topi cloche gaya 20-an, tapi made in China tahun 2013, topi yang kamu pakai adalah jenis retro. Kamu nggak bisa melabeli sebuah barang sebagai vintage, kecuali memang dibuat pada jamannya. Barang vintage sudah pasti antik, tetapi barang retro belum tentu. Pendapat kedua, saya juga paham.

Buat saya, perbedaan itu nggak begitu penting. Saya mengacu pada istilah yang lazim digunakan masyarakat saja. Yaitu kebanyakan dari kita menyebut pakaian old style sebagai vintage. Karena di kuping saya cukup aneh juga, kalau kita menyebut 'Eh bajumu retro banget', kebanyakan bilangnya pasti 'Suka sama model vintage baju kamu'.

Ini contoh model dan gambar vintage-vintage yang saya ambil dari Google:

Baju vintage. Sumber 
Bikini vintage. Sumber
Model rambut vintage. Sumber
Kerah vintage. Sumber
Bentuk gaya-gaya vintage itu bisa juga diterapkan ke kamu-kamu yang berhijab. Misalnya mengambil contoh kerah vintage untuk dibuat blus.





Hmm, ada yang kurang sih sebenernya, yaitu motif bunga-bunga kecil khas vintage. Tapi yaudah lah. Yang penting kerahnya sudah agak mirip. :p..

Selamat sore, selamat berhujan-hujan.

+Andhika Lady Maharsi

10 comments:

  1. imuuuutttt bgttt ciiii <3 udah udah masuk kok vintage nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa? Berasa noni-noni dipanggil Ciii. Wkwkwkw...
      Vintage ngambil kerahnya doang. Haha

      Delete
  2. model bajunya bagus mba, itu bikin kah? *kepo*

    ReplyDelete
  3. Hi mbak Dhika, aku mau undang mbak buat ikutan giveway pertamaku nih :)
    untuk syarat-syarat dan gimana cara ikutannya bisa langsung dilihat di blog aku yah...
    http://dhe-ujha.blogspot.com/2014/12/giveaway-first-anniversary-giveaway.html


    Cheers,
    Nuzha ^^,

    ReplyDelete
  4. vintage selalu aseekk.... salam @angkisland

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asiik, apalagi kalau udah di mix n match... Aku lagi ngoleksi barang2 vintage nihh

      Delete