Monday, April 2, 2012

Wardah Sunscreen

Halo, Ladies pembaca Beauty Under 100 ribu tercinta.. J. Gimana kabar hari ini? Adakah OOTD atau FOTD yang bisa di share hari ini? Lady mau lihat donk.. :P 

Ohya, dalam posting kali ini, Lady mau share tentang satu jenis produk yang-enggak-boleh-dilewatkan dalam melakukan ritual make-up siang hari, yaitu sunscreen/sunblock. Saya sendiri masih termasuk baru menyadari pentingnya penggunaan tabir matahari sebagai –benteng- kulit dari bahaya sinar UV. Pelindungan kulit itu penting, karena ritual perawatan kulit tidak hanya tentang perkara membuat kulit bersih, putih, cerah, halus dan bening. Ada satu faktor lagi, yaitu perlindungan terhadap radikal bebas dan sinar UV. Perlindungan radikal bebas bisa ditangani dengan menggunakan produk yang mengandung antioksidan atau vitamin. Nah, perlindungan yang untuk sinar UV inilah yang disebut tabir surya/sunscreen/sunblock. Sunblock ini berfungsi sebagai tameng kulit dari efek minor sinar UV. Karena tanpa pelindung ini, sangat mungkin kulit kita menjadi kusam dan menggelap. Sia-sia banget kan, kalau sudah memoleskan produk penghalus, pemutih, pencerah, anti jerawat, dsb, tapi ga memperhatikan perlindungan dari sinar matahari?
 
Saya tahu fakta di atas mungkin baru sekitar satu bulan yang lalu. Telat banget ya? Secara baru sadar gitu J. Tapi secara enggak langsung, kebanyakan produk yang saya beli sudah mengandung SPF (Sun Protection Factor, satuan perlindungan UV).

Oke, sedikit cas cis cus cap sotoy dari Lady tentang sunscreen / sunblock udah dulu, mari ke main course review produk. Saat ini produk sunscreen yang akan saya review adalah roduk local bernama Wardah Sunscreen gel SPF 30.

Penampakan
Tampak Samping (bagian komposisi)
Produk ini dijual dengan kemasan tube yang masih diberi luaran wadah box berwarna putih yang elegan. Di luarnyapun masih dilapisi plastic pelindung. Menurut saya dengan kemasan seperti ini, produk ini jadi terkesan tidak murahan.
 
Pada box penutup bagian depan, terdapat keterangan tentang isi gel yang berbunyi Skin Protector with Aloe vera, Vitamin E & Pro Vitamin B5. Jadi, selain kandungan SPF yang gel ini punya, dia juga mengandung pelembab (aloe vera) dan bahan antioksidan (vitamin E dan B).
 Tube sunscreen.

Mengintip bagian samping produk, terdapat keterangan fungsi gel yakni melindungi kulit dari UVA dan UVB serta menghaluskan dan melembabkan kulit. Aturan penggunaan cukup dioleskan ke wajah dan leher 15 menit sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan.

Lanjut ke bagian bahan-bahan produk, dengan sangat menyesal ternyata saya menemukan kandungan alcohol di sana, ditulis benzyl alcohol. Padahal beberapa waktu lalu saya sempat membaca testimony produk ini yang katanya tidak mengandung alcohol. L . Jadi saya agak-agak ragu juga mau mengkombinasikan gel ini dengan tretinoin (saya berencana menggunakan tretinoin dalam waktu dekat ini) yang katanya bakal ada efek –berantem- jika digunakan bersamaan dengan produk mengandung alcohol. Adakah yang bisa menyarankan produk sunscreen yang minus alcohol dan akrab sama tretinoin, Ladies? Need much info.

Pengolesan di kulit.

Saya buka isinya. Taraaa, ternyata yang disebut gel disini tidak mirip gel sama sekali. Melainkan lebih berbentuk krim biasa yang berwarna putih. Pertama kali saya menyentuh krim ini, terasa sedikit aliran dingin. Krim ini terasa sejuk di jari saya. Kemudian, setelah saya oles ke kulit dan saya usapkan, sensasi sejuk itu masih terasa. Krim ini cepat diserap kulit seperti gel pada umumnya. Yeah, walaupun berbentuk krim, karakteristik gel masih bisa ditemukan di produk ini : cepat diserap, tidak lengket dan sejuk di kulit.
 


Pengolesan

Fungsi melembabkan yang disebutkan dalam kemasan produk juga berlaku. Alhasil kulit saya juga terasa lembab setelah pengaplikasian produk ini.

Perlindungan

Sesuai kandungan SPFnya, krim ini juga mampu melindungi dari terik matahari. Namun saya agak ragu dengan perlindungan UVB nya, karena dalam kemasan hanya menyebutkan perlindungan terhadap UVA dan UVB tapi tidak disebutkan adanya unsur PA++ yang biasa terdapat pada krim sunblock untuk melindungi dari UVB.

Adakah yang ragu dengan efek berminyak yang lazim terjadi pada krim pelindung matahari? Untungnya produk ini tidak berefek memberi kilang minyak ekstra pada kulit wajah saya. Saya biasa mengoles krim ini sebelum memakai BB cream pada pagi hari sebelum berangkat kuliah atau ke kantor. Tapi belum setiap hari sih, karena tujuan awal saya purchase produk ini adalah untuk menemani tretinoin yang akan saya pakai. Dan karena BB cream saya sudah mengandung SPF 25, saya merasa belum perlu memakai produk ini setiap hari.

Nanti deh, nunggu saya purchase tretinoinnya. (menyiapkan mental untuk purging)..

Positif
+ kemasannya elegan
+ lembab dipakai
+ tidak bikin kulit berminyak
+ perlindungan OK
+ sejuk dan mudah meresap
Negatif
-         Ga ada
Harga
Rp 24.000,00 40ml
Beli lagi ?
Ya.

49 comments:

  1. Aku juga suka sama sunscreen wardah ini, bikin muka glowy kalo langsung di timpa bedak..hehe
    adakalanya aku male pake BB cream atopun foundie..:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dhian.. salam kenal.. *salaman :)

      Iya nih, aku juga suka sm produknya. Walaupun mukaku berminyak, tp pake ini ga bikin makin berminyak kok. Kadang kalo pengen mantep dikit abis itu aku timpa pake BB crem :)..

      Yang penting kulit dilindungi kali yaa..

      Daan, harganya terjangkau bangettt.. :)

      Delete
  2. hiii.. klo aku baca di kemasannya acnes uv tint, klo sunblock mengandung alkohol yg ada malah makin bikin kulit kita gosong.. bener ga sih sbnrnya.. CMIWW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ajeng, salam kenal ya. Makasih udah komen. :)

      Mengenai alkohol, itu kayaknya tergantung sensitifitas kulit masing-masing mbak. Kalau bikin kulit sampai gosong sih itu kayaknya khusus untuk kulit yang amat sensitif. :)

      Kalau dasarnya sublock/sunscreen kan emang dipakai untuk mencegah kulit pigmentasi akibat sinar matahari. Jadi kayaknya enggak sampai gosong mbak. :)

      Delete
  3. aku mau tanya,,aku kan pake wardah day cream,,nah kalo pake sunscreen ini setelah pake day creamnya gitu??ga mengubah fungsi si day cream kah??rep pls.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya, day cream/moisturizer dengan sunscreen itu dua hal yang berbeda.. Kalau di moisturizer kamu ngerasa kurang untuk perlindungan matahari, bisa ditambah sunscreen..

      enggak mengubah fungsi day cream mbak, krn fungsinya emang berbeda. ;)

      Delete
  4. Benzyl alcohol itu turunan dari true alcohol jadi bukan alkohol yg sebenarnya. Fungsinya hanya sebagai zat additive saja. Jadi, benzyl alkohol ini bukan alkohol yang biasa dijadikan antiseptik yang bisa membuat kulit teiritasi. Gapapa kok dipake bareng treti :)

    Trus... FYI, Gel sering diasumsikan berwarna bening padahal tidak selalu. Klo dikasih warna, misal titanium dioxide, gel juga bisa berwarna menjadi putih. Yang membedakan Gel, Lotion, dan Cream hanyalah persentase kandungan airnya bukan warnanya...
    Misalnya skin aqua gel utk kulit berminyak, warnanya juga putih kan?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pengetahuan baru nih. Iya sih, saya pakai ini bareng sama Treti. Maksudnya sy pake buat sunblock siang hari. :)

      Hmm, belum pernah nyoba skin aqua mbak. Ohya, mau tanya nih. di Wardah kan enggak ada tulisan PA++ nya, apa ini juga bisa melindungi UV B/UV A? Makasih. :)

      Delete
    2. PA itu indikator perlindungan thd sinar UVB aja biar ga gosong kulit kita... Jadi klo hari puanas bgt, bisa pake PA yg lebih kuat.
      Btw, wardah sunscreen mengandung Titanium dioxide atau Zinc Oxide ga? Klo ya pasti bisa nangkal UVA/UVB.
      Trus, penulisan PA itu bisa 2 maksud: Strategi bisnis atau mau memberi tahu kepada kita klo sunscreen/SB mengandung power yg lebih kuat... hehe... :p

      Delete
    3. Oooh gitu mbak? ...

      Mengandung kok, kayknya sih :). Tinanium Dioxide. Kayaknya banyak bahan make-up/skin care yang mengandung Titanium DIoxide..

      Wah bener banget mbak. Kaya aku jg pernah baca pada merk POnds, mengandung Lycopene. Bahasanya dibikin keren padahal kan aslinya Lycopen itu dari tomat dan beberapa tumbuhan lain. CMIIW..

      Delete
    4. Titanium Dioxide (TiO2) emang banyak digunakan dlm industri kosmetik. KLo di kosmetik fungsinya sebagai pewarna (putih) dan physical sun protector. Waktu itu di blog ku pernah ngepost TiO2.

      Buat suprotector, TiO2 sama zinc oxide itu tergolong bahan sunscreen/SB paling aman. Tapi klo terlalu banyak juga bisa poreclog.

      Delete
    5. Iya mbak, aku udah ngubek2 blogmu yang tentang pengetahuan skin care. Wuahh, membantu banget deh mbak buat orang kayak saya yang masih amatir soal per-skin-care-an..

      Eh mbak, kulit wajahku itu banyak scarnya. apa itu termasuk poreclog? Mksh

      Delete
    6. poreclog dan scar itu beda banget. Poreclog itu pori yg tersumbat, manifestasinya bisa berupa komedo (black/white), kulit beruntus dll. Klo scar itu bekas luka. Bisa berupa noda sampai bopeng2 yg dalam biasanya diakibatkan oleh jerawat, cacar air, luka, dll..... HTH :)

      Delete
    7. Muka aku gampang banget bruntusan mbak. Jadi misal gini : malem pas mau tidur, muka kerasa alus. Tapi besoknya bisa jadi kasar. Hal yang bisa menyebabkan poreclog itu apa aja mbak?

      Sama cara untuk mengatasi poreclog. Apa harus peelingan setiap hari? :)

      Delete
    8. bruntusan itu cirinya kulit kasar krn ada brintilan2 misalnya kaya whitehead... Beda ya bruntusan karena kulit kita yg kasar akibat pengelupasan kulit mati. Coba diperhatiin lagi deh.

      Yg bisa menyebabkan poreclog itu ada banyak. Membersihkan sisa make up yg kurang optimal, kotoran, debu, dan hormonal misalnya akibat ketidakseimbangan hormon membuat kulit kita memproduksi sebum dan minyak lebih banyak --> numpuk. Atau emang karena faktor usia. Biasanya semakin tua usia kita, pergantian sel2 kulit mati itu melambat --> sel kulit mati menumpuk di pori.

      Poreclog itu lebih baik ya dicegah. tapi klo pori kita udah kesumbat ada banyak cara. Perawatan dengan sediaan asam (misal AHA, BHA, tretinoin, Kojic acid, vit. C dll). Peeling bisanya 2x seminggu atau scrubbing bisa 3-7 hari sekali... Klo keseringan peeling atau scrubbing malah membuat kulit kita memproduksi banyak minyak dan kulit kita ga punya kesempatan untuk regenerasi secara alami. HTH :)

      Delete
    9. kalo cara mengatasi kulit kering yg mengelupas itu gimana ya?
      kulit aku kering dan kalo pake bedak aau foundation itu suka kaya ngelupas gitu, apalagi dibagian cuping idung..
      gimana caranya ya mba?? trims

      Delete
  5. kalo cara mengatasi kulit kering yg mengelupas itu gimana ya?
    kulit aku kering dan kalo pake bedak aau foundation itu suka kaya ngelupas gitu, apalagi dibagian cuping idung..
    gimana caranya ya mba?? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah begitu. Ternyata masalahnya adalah di sabun mukanya yang kurang cocok. Bikin kulit kering. Setelah aku ganti kebiasaan bersihin muka jadi pakai milk cleanser dan sabun muka yang ringan (busanya ga terlalu banyak), keluhan kering di cuping hidung sudah tidak ada lagi.

      Mungkin untuk penjelasan secara ilmiahnya bisa ke Jeng Mizha.. cc Jeng Mizhaa... :p

      Delete
  6. wajah saya belang karena pengaruh buruk sinar matahri, saya ingin memakai sunscreen wardah tapi saya binggung sunscreen itu dipakek sebelum atau sesudahnya pelembab, mohon penjelasannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen dipakai sesudah pelembap sebelum makeup Jeng. :D

      Delete
  7. aku suka sunscreen gel-nya wardah (murmer siey)...
    ga bikin oily, ga lengket, cepet meresap di kulit & ga bikin breakout^^
    kadang2 setelah pake ini kutimpa bbc, tapi malah bikin kering di daerah idung. sepertinya ga cocok dikombin sama bbc-ku T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kulit kamu kering jeng Mysha.. Coba pake pelembap yang lebih nampol. :D

      Selamat berdandan.. :D

      Delete
    2. asal-muasalnya kulitku oily & acne prone.
      tapi seiring pertambahan umur (ketauan tuwirnya deh), kulitku jadi kombinasi. ini udah sebulan pake sul ginseng ceoncentrated cream, lumayan siey jadi moist. next, lagi mupeng wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel. dikaw sudah pernah cobakah, jeunk?

      Delete
    3. Kalau udah cocok ya pake terus aja Jeng Mysha.. :D

      Wah belum pernah coba Jeng. Aku kalo skincare jarang ganti2. :D

      Delete
  8. Kalo pake Sunscreen ama pelembabnya, duluan yang mana yahh?
    Aku lagi ngejajal produk wardah,,
    Jadi pengen juga pake sunscreen nya, tp bingung, sunscreen dulu apa pelembab nya dulu? Trs langsung bedakan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai pelembap dulu baru sunblock. Abis itu baru makeup..

      Delete
  9. hi aku novi. aku sekarang kerja outdoor . caranya biyar make up gak luntur karena keringat gmna ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai produk yang memang khusus untuk berminyak, dan pakai sunblock yaa. :).. Teruuss, siapkan face paper untuk menghapus minyak berlebih. :D

      Delete
  10. ini nomer ku. tolong di info ya.. aku gak selalu online 085737364698. salam kenal ya nama ku novi dr bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Jeng, nomor hp biasanya nggak saya sebarkan. :)

      Delete
  11. aku jga pakek wardah sunsreen gel,enak dipakek tapi untuk wajahku yang udah berminyak jadi agak mengkilap gitu,,jadi harus bedakan tebel2,, padahal aku gak suka bedakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata sunscreen emang berminyak Jeng. Tapi demi kulit, gapapalah pake bedak + sedia blotting paper. :D

      Delete
  12. aku suka bau nya sunscreen wardah ini, sunscreen ini juga cepat menyerap dan murah. :D
    tapi sayang, di mukaku kok jadi kusam setelah 1 jam kemudian.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kusamnya berminyak ya Jeng? Sedia blotting paper aja biar ga minyakan. :D

      Delete
  13. Aku gitaa.. Aku udh nyoba nc/dc nya wardah.. Yg nc enak sih, muka jd kenyel gitu trus jd cerahan.. Tp koq bruntusan yaa :( itu krn emg aku ga cocok atw efek pertama pemakaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bersihin mukanya kurang Jeng. Kalau pake sunblock sebaiknya bersihin mukanya jg lebih telaten. :)

      Delete
  14. aku juga pakai wardah sunscren gel.. muka jadi kenyal tp timbul jerawat dmana mana... ngeriii... akhirnya berhenti deh soalnya makin lama makin banyak... >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga skin care, ya cocok-cocokan Jeng. :)

      Delete
  15. kak kalo pake pelembab, sunscreen & bedak dgn merk yg berbeda boleh gak sih dipake bersamaan sebenernya?
    Kan masing2 komposisi bahan tersebut berbeda tuh, jd gimana sebaiknya?
    Thx kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu cocok2an ya Jeng. Tapi sejauh kita ngerti sama kondisi kulit sendiri (akan lebih baik lagi kalau paham kandungan2 yang ada dalam kosmetik, bisa Googling) pakai pelembap, sunscreen dan bedak dengan merk berbeda tidak masalah. :D
      Kan ada merk yang sunblocknya bagus, bedaknya jelek, nah kamu bisa subtitusi pakai bedak lain yang cocok untuk kulit kamu.

      Semoga membantu. :D

      Delete
  16. kak aku sekarang pake wardah sunscreen,,tapi kenapa wajah ku menjadi gelap kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi gelapnya gimana? Apa lebih gelap dari sebelumnya atau gimana.

      Delete
  17. aku pengen nyobain wardah sunscreen gel ini deh. terus aku mau nanyak ni jeng, kalo udah pake sunscreen gel terus pelembab cocok ga pake foundation terus bedak yg ekslusif series ??? atau bedak taburnya aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama kamu merasa itu tidak terlalu tebal, nggak papa jeng. Takutnya nanti bisa cakey.. Tapi supaya makeup awet dan kalau mau pergi ke laur rumah, stepnya memang persis seperti yang dibilang Jeng Dea tadi. :)..

      Delete
  18. ngasi saran dikittt yaaa.:-)
    kalo mau pake treti pake sunblock parosoll aja itu emng jodoh nya treti
    pas di apply bikin muka rada berminyak sih tapi.kalo udh di pakein bedak ngga lagii ko
    gampang nyerap jg :-)

    ReplyDelete
  19. Kak aku mau nanya dong, kalo misalkan aku pakai pelembab ponds tapi sunblocknya wardah boleh gk? Soalnya udah cocok banget sama pelembab ponds, kalau mau ganti aku takut jadi jerawatan. (:

    ReplyDelete
  20. untuk penggunaan sunblock wardah di out door, setelah 3 jaman gitu apa perlu dihapus dulu make up awalnya, atau langsung bisa ditimpa dengan sunblock?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih kalau buat touch up mending pake bedak ber SPF aja Jeng. Agak repot kalau harus makeupan dari ulang.

      Delete
  21. Mau tanya . Kalo pake sunblock dilapisi dengan ponds white beauty dan bedak tabur itu bisa gak?

    ReplyDelete