Monday, April 2, 2012

Wardah Sunscreen

Halo, Ladies pembaca Beauty Under 100 ribu tercinta.. J. Gimana kabar hari ini? Adakah OOTD atau FOTD yang bisa di share hari ini? Lady mau lihat donk.. :P 

Ohya, dalam posting kali ini, Lady mau share tentang satu jenis produk yang-enggak-boleh-dilewatkan dalam melakukan ritual make-up siang hari, yaitu sunscreen/sunblock. Saya sendiri masih termasuk baru menyadari pentingnya penggunaan tabir matahari sebagai –benteng- kulit dari bahaya sinar UV. Pelindungan kulit itu penting, karena ritual perawatan kulit tidak hanya tentang perkara membuat kulit bersih, putih, cerah, halus dan bening. Ada satu faktor lagi, yaitu perlindungan terhadap radikal bebas dan sinar UV. Perlindungan radikal bebas bisa ditangani dengan menggunakan produk yang mengandung antioksidan atau vitamin. Nah, perlindungan yang untuk sinar UV inilah yang disebut tabir surya/sunscreen/sunblock. Sunblock ini berfungsi sebagai tameng kulit dari efek minor sinar UV. Karena tanpa pelindung ini, sangat mungkin kulit kita menjadi kusam dan menggelap. Sia-sia banget kan, kalau sudah memoleskan produk penghalus, pemutih, pencerah, anti jerawat, dsb, tapi ga memperhatikan perlindungan dari sinar matahari?
 
Saya tahu fakta di atas mungkin baru sekitar satu bulan yang lalu. Telat banget ya? Secara baru sadar gitu J. Tapi secara enggak langsung, kebanyakan produk yang saya beli sudah mengandung SPF (Sun Protection Factor, satuan perlindungan UV).

Oke, sedikit cas cis cus cap sotoy dari Lady tentang sunscreen / sunblock udah dulu, mari ke main course review produk. Saat ini produk sunscreen yang akan saya review adalah roduk local bernama Wardah Sunscreen gel SPF 30.

Penampakan
Tampak Samping (bagian komposisi)
Produk ini dijual dengan kemasan tube yang masih diberi luaran wadah box berwarna putih yang elegan. Di luarnyapun masih dilapisi plastic pelindung. Menurut saya dengan kemasan seperti ini, produk ini jadi terkesan tidak murahan.
 
Pada box penutup bagian depan, terdapat keterangan tentang isi gel yang berbunyi Skin Protector with Aloe vera, Vitamin E & Pro Vitamin B5. Jadi, selain kandungan SPF yang gel ini punya, dia juga mengandung pelembab (aloe vera) dan bahan antioksidan (vitamin E dan B).
 Tube sunscreen.

Mengintip bagian samping produk, terdapat keterangan fungsi gel yakni melindungi kulit dari UVA dan UVB serta menghaluskan dan melembabkan kulit. Aturan penggunaan cukup dioleskan ke wajah dan leher 15 menit sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan.

Lanjut ke bagian bahan-bahan produk, dengan sangat menyesal ternyata saya menemukan kandungan alcohol di sana, ditulis benzyl alcohol. Padahal beberapa waktu lalu saya sempat membaca testimony produk ini yang katanya tidak mengandung alcohol. L . Jadi saya agak-agak ragu juga mau mengkombinasikan gel ini dengan tretinoin (saya berencana menggunakan tretinoin dalam waktu dekat ini) yang katanya bakal ada efek –berantem- jika digunakan bersamaan dengan produk mengandung alcohol. Adakah yang bisa menyarankan produk sunscreen yang minus alcohol dan akrab sama tretinoin, Ladies? Need much info.

Pengolesan di kulit.

Saya buka isinya. Taraaa, ternyata yang disebut gel disini tidak mirip gel sama sekali. Melainkan lebih berbentuk krim biasa yang berwarna putih. Pertama kali saya menyentuh krim ini, terasa sedikit aliran dingin. Krim ini terasa sejuk di jari saya. Kemudian, setelah saya oles ke kulit dan saya usapkan, sensasi sejuk itu masih terasa. Krim ini cepat diserap kulit seperti gel pada umumnya. Yeah, walaupun berbentuk krim, karakteristik gel masih bisa ditemukan di produk ini : cepat diserap, tidak lengket dan sejuk di kulit.
 


Pengolesan

Fungsi melembabkan yang disebutkan dalam kemasan produk juga berlaku. Alhasil kulit saya juga terasa lembab setelah pengaplikasian produk ini.

Perlindungan

Sesuai kandungan SPFnya, krim ini juga mampu melindungi dari terik matahari. Namun saya agak ragu dengan perlindungan UVB nya, karena dalam kemasan hanya menyebutkan perlindungan terhadap UVA dan UVB tapi tidak disebutkan adanya unsur PA++ yang biasa terdapat pada krim sunblock untuk melindungi dari UVB.

Adakah yang ragu dengan efek berminyak yang lazim terjadi pada krim pelindung matahari? Untungnya produk ini tidak berefek memberi kilang minyak ekstra pada kulit wajah saya. Saya biasa mengoles krim ini sebelum memakai BB cream pada pagi hari sebelum berangkat kuliah atau ke kantor. Tapi belum setiap hari sih, karena tujuan awal saya purchase produk ini adalah untuk menemani tretinoin yang akan saya pakai. Dan karena BB cream saya sudah mengandung SPF 25, saya merasa belum perlu memakai produk ini setiap hari.

Nanti deh, nunggu saya purchase tretinoinnya. (menyiapkan mental untuk purging)..

Positif
+ kemasannya elegan
+ lembab dipakai
+ tidak bikin kulit berminyak
+ perlindungan OK
+ sejuk dan mudah meresap
Negatif
-         Ga ada
Harga
Rp 24.000,00 40ml
Beli lagi ?
Ya.